Wisata Pinus Songgon / Rumah Pohon Tiket & Daya Tarik Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Wisata Pinus Songgon: Rp5.000
  • Jam Buka: 07.00 - 20.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Sumberagung, Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68463

Wisata Pinus Songgon merupakan area hutan pinus yang terletak di Kaki Gunung Raung Banyuwangi. Dalam kawasan hutan ini telah tersedia berbagai fasilitas wisata menarik. Pengunjung juga bisa datang ke area ini untuk sekedar jalan-jalan santai menikmati suasana segar pegunungan.

Area ini menjadi viral karena menawarkan suasana hutan dengan ornamen yang kekinian, sehingga banyak peminatnya terutama dari kalangan muda. Dari total 97 hektar lahan hanya tujuh hektar yang terkelola sebagai kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Pinus Songgon

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang yang cukup murah untuk masuk ke hutan wisata ini. Setelah itu pengunjung bisa sepuasnya menjelajah area wisata. Sedangkan untuk bisa menikmati wahana bermain tertentu, pengunjung perlu menyiapkan biaya tambahan

Harga Tiket Masuk Wisata Pinus Songgon
Tiket masukRp5.000
Tarif parkirseikhlasnya
PaintballRp100.000
Flying foxRp15.000
Safari kudaRp20.000
Tur jeepRp150.000
RaftingRp135.000

Baca: 14 Tempat Wisata Pilihan Di Banyuwangi

Jam Buka

Hutan wisata ini sudah buka dari pagi hingga malam hari. Di hari kerja jumlah wisatawan yang berkunjung bervariasi hingga 300 orang per hari. Bahkan di masa liburan, wisatawan yang berkunjung bisa mencapai 5000 orang per harinya.

Jam Buka
Senin – Minggu07.00-20.00

Daya Tarik Wisata Pinus Songgon

Suasana Hutan Wisata Pinus Songgon - Foto: Google Maps / Ary Wibowo
Suasana Hutan Wisata Pinus Songgon – Foto: Google Maps / Ary Wibowo

Pengelola tempat kawasan wisata ini agaknya telah berupaya penuh dalam memaksimalkan sudut-sudut potensi hutan ini. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya ragam wahana permainan yang tersedia, yang bisa menyasar wisatawan dengan beragam usia.

Baca: TN ALAS PURWO Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Kreasi Spot Foto yang Menarik

Rumah Pohon di Wisata Pinus Songgon - Foto: Google Maps / Wisata Pinus Songgon/Rumah Pohon
Rumah Pohon di Wisata Pinus Songgon – Foto: Google Maps / Wisata Pinus Songgon/Rumah Pohon

Di hutan ini pengunjung bisa mengambil foto dengan tema hutan pinus yang asri. Tak hanya itu, di beberapa sisi area hutan juga telah terdapat hiasan sedemikian rupa sehingga menjadi Instagramable. Mulai dari area dengan lampion aneka warna, payung-payung gantung berderet berwarna merah maupun kuning, hingga spot foto Gapura kayu yang dihias dengan selendang.

Salah satu spot foto yang paling menarik perhatian adalah rumah pohon. Sering muncul antrian di spot foto ini karena tingginya antusiasme pengunjung. Ada dua jenis rumah pohon di sini, yaitu rumah pohon besar berkapasitas lima orang dan yang berkapasitas dua orang. Namun pengunjung harus menyiapkan biaya ekstra untuk bisa menaiki dan berfoto di rumah pohon ini.

Baca: KAWAH IJEN Tiket & 6 Pilihan Aktivitas Wisata

Bersantai dengan Hammock

bersantai di hammock yang digantung diantara pohon pinus
Bersantai dengan Hammock di antara tanaman pinus. Foto: Google Maps / Wawan Tao

Hammock merupakan kain yang dibentangkan diantara dua pohon untuk bersantai. Tak hanya untuk duduk atau tiduran santai, hammock juga menjadi salah satu obyek foto yang menarik karena warna-warnanya yang mencolok. Biasanya hammock ini didirikan satu meter di atas permukaan tanah.

Jika bergelantungan di hammock terlalu menakutkan bagi pengunjung, maka duduk-duduk di bangku taman bisa menjadi alternatif yang pas. Kursi memanjang yang terbuat dari kayu ini terlihat menyatu dengan alam sekitarnya. Pengunjung bisa bercengkerama dan menikmati minuman ringan sambil menikmati suasana hutan wisata ini.

Baca: HUTAN DE DJAWATAN Tiket & Daya Tarik

Berbagai Wahana Outbond

berbagai wahana kegiatan outbond seperti flying fox
Pengunjung sedang melakukan kegiatan outbond – Foto: Google Maps / Wisata Pinus Songgon/Rumah Pohon

Wisata Pinus Songgon terasa lebih mantap jika dikunjungi bersama keluarga maupun rekan-rekan kerja. Hal ini karena pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam paket outbound maupun gathering yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Area yang luas ini memang sangat cocok digunakan untuk permainan berkelompok. Tentu saja pengunjung akan didampingi oleh trainer yang andal.

Tidak hanya itu, tersedia juga wahana permainan paintball, arung jeram, tur hutan menggunakan jeep, hingga flying fox. Namun pengunjung harus menyiapkan biaya ekstra untuk bisa menikmati wahana-wahana ini.

Baca: PANTAI CEMARA Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas

Berkemah di Wisata Pinus Songgon

wisatawan sedang berkemah di tenda-tenda di antara pohon pinus
Perkemahan di Wisata Pinus Songgon. Foto: Google Maps / Camping Ground Pinus

Di dalam area hutan wisata tersedia tanah lapang yang khusus dialokasikan untuk mendirikan tenda. Pengunjung pun tidak peru khawatir dengan peralatan berkemah karena peralatan tersebut bisa dipersiapkan oleh pihak pengelola. Peralatan yang tersedia diantaranya adalah tenda dome, tenda peleton, alas tidur dan sebagainya.

Tak hanya dengan berkemah, pengunjung juga bisa menikmati bermalam di sini dengan menginap di fasilitas Omah Semut. Penginapan ini berukuran cukup kecil sesuai dengan namanya. Satu bangunan Omah Semut bisa menampung hingga dua orang.

Fasilitas

Fasilitas dasar seperti toilet, musholla, tempat parkir dan tempat makan telah tersedia di hutan ini. Di masa musim liburan, area bisa parkir menjadi sangat penuh bahkan melebar sepanjang satu kilometer dari ruang parkir sebenarnya. Tempat makan yang tersedia menawarkan beberapa varian makanan dengan harga yang cukup terjangkau

Rute Menuju Wisata Pinus Songgon

Berangkat dari pusat Kota Banyuwangi, pengunjung bisa mengambil jalur ke arah Rogojampi hingga empat belas kilometer. Setelah itu ambil jalur ke arah kanan ketika bertemu simpang tiga. Kemudian ambil jalan menuju pasar Songgon dan ikuti jalur utama sejauh delapan kilometer.

Dari titik ini, silahkan ikuti penunjuk jalan ke arah perkebunan Bayu Utara. Ketika melewati Kantor Pos Songgon dan menemukan percabangan jalan, ambil ke arah kiri. Lurus terus di jalur utama, posisi Wisata Pinus Songgon bisa pengunjung temukan di sisi kiri jalan.

Lokasi Wisata Pinus Songgon

Kawasan wisata ini berlokasi di kaki gunung Raung, atau lebih tepatnya berada di Dusun Sumberagung, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dengan durasi sekitar 60 menit dari pusat Kota Banyuwangi, atau 40 menit dari Bandara Blimbingsari.

Ulasan Pembaca

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *