Air Terjun Tumpak Sewu
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: kampung siji, Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo,Pronojiwo,Lumajang,Jawa Timur,Indonesia,67374.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang terletak di antara dua kabupaten. Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Lumajang dan Malang. Oleh karena itu, pintu masuk air terjun ini bisa dari Lumajang ataupun Malang.

Indahnya Air Terjun ini sangat menawan. Pasalnya, air terjun seperti ini tidak ada duanya di Indonesia. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa air terjun ini adalah Niagaranya Indonesia, karena bentuk air terjun seperti tirai.

 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket yang cukup murah. Harga tiket berlaku sama untuk anak maupun dewasa. Tidak perbedaan antara hari biasa dan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu
Tiket masukRp10.000

 

Baca: Coban Rais Tiket & Ragam Wahana

Jam Buka

Air terjun ini dapat dikunjungi setiap hari, dengan waktu buka 24 jam. Tetapi waktu yang untuk mengunjungi air terjun ini adalah di pagi hari. Karena pengunjung dapat menikmati suasana dan pemandangan air terjun yang indah.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Ragam Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

keindahan air terjun tumpak sewu
Keindahan bentang alam bukit dan lembah hijau di sekitar kawasan wisata menjadi daya tarik utama objek wisata air terjun ini. Foto: Gmap/NANANG SOENDARIJANTO

Lokasi air terjun berada di dalam hutan, sehingga suasana masih sangat asri. Pengunjung dapat merasakan sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan. Sesekali, sayup – sayup terdengar suara burung berkicau dan hewan hutan lainnya.

Keistimewaan dari air terjun ini sehingga berbeda dari yang lain adalah bentuknya. Jika biasanya hanya ada satu aliran, Tumpak Sewu memiliki beberapa aliran seperti Niagara. Yang membuatnya tampak seperti tirai lebat dari air jernih.

Suara gemuruh air terjun begitu riuh dan tampak menyegarkan. Keindahannya begitu mempesona, apalagi pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas maupun bawah. Di sini juga disediakan gardu pandang untuk menyaksikan keelokan air terjun dari atas.

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Keindahan Air Terjun Dari Gardu Pandang

Dari lokasi parkir, pengunjung harus berjalan sejauh kurang lebih 400 meter. Di sinilah letak gardu pandang untuk menyaksikan air terjun dari atas.

Gardu pandang ini berupa bangunan permanen seluas 30 meter persegi. Dapat menampung kurang lebih 50 orang pengunjung. Di bagian pinggir gardu ini dilengkapi pengaman berupa pagar besi.

Jarak gardu pandang dengan air terjun kurang lebih 100 meter. Ketinggian air terjun dari lembah hingga atas sekitar 50 – 70 meter. Dengan kondisi seperti ini Tumpak Sewu dapat diartikan “seribu air terjun yang menumpang di dinding”.

Treking Seru Menyusur Lembah

Menuju area area terjun dapat dikatakan cukup memacu adrenalin. Betapa tidak, untuk mencapai lembahnya, pengunjung harus melakukan perjalanan yang menantang melalui medan yang sangat sulit.

Pengunjung harus turun melalui dinding – dinding air terjun. Bahkan, ada yang tidak memiliki jalan, dan pengunjung harus melewati bagian tengah air terjun kecil. Ditambah lagi, curamnya medan membuat pengunjung harus ekstra berhati – hati.

Baca: Air Terjun Jumog Tiket & Aktivitas

Bahkan terkadang, tangga dari bambu yang dibuat sudah rusak sebagian. Tapi tenang saja, karena jalan yang dilalui sudah dilengkapi dengan pengaman. Ada yang berupa pegangan besi, kayu, serta pegangan tali.

Air Terjun Kecil di Kawasan Tumpak Sewu

air terjun kecil disekitar tumpak sewu
Air Terjun Kecil di sekitar Tumpak Sewu. Foto: Gmap/Ade Nurjanah

Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sini juga terdapat banyak air terjun kecil. Tidak setinggi Tumpak Sewu, namun tak kalah menawan. Alirannya pun begitu jernih dan dingin khas air pegunungan.

Air terjun kecil ini bermuara di kolam kecil di bawahnya. Pengunjung juga dapat menceburkan diri di kolam ini. Karena air kolam yang sangat jernih, pengunjung dapat melihat dasar hingga ke dasar kolam.

Baca: Air Terjun Madakaripura Tiket & Aktivitas

Bahkan, ketika pengunjung menyelam, tingkat visibilitas masih tinggi. Pengunjung dapat melihat dengan jelas bagian bawah kolam meski tanpa kacamata selam.

Goa Dibalik Air Terjun

Tidak hanya air terjun, di sini juga terdapat sebuah goa. Goa ini bernama Goa Bidadari. Goa Bidadari ini biasanya digunakan untuk menyepi orang dengan kepercayaan tertentu. Meski begitu, pengunjung umum juga dapat memasukinya.

Lembah Air Terjun Tumpak Sewu

lembah di bawah air terjun
Air terjun ini bisa dilihat dari 2 tempat dari atas maupun dari lembah di bawah air terjun Foto: Gmap/muhammad jaelani 194

Lembah ini merupakan spot untuk menyaksikan air terjun dari bawah. Pengunjung dapat menyaksikan betapa megahnya tirai – tirai air terjun ini. Ditambah lagi, keseruan ketika mendengar gema dari suara diri sendiri ketika berteriak.

Berbeda dengan menyaksikan air terjun dari gardu pandang, dari sini pengunjung dapat merasakan sensasi percikan air langsung air terjun.

Baca: Taman Langit Malang Tiket & Spot Foto.

Berbagai Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di area wisata ini antara lain seperti parkir, toilet, mushola, serta warung makan.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun ini berlokasi di Kampung Siji, Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 52 kilometer dari pusat kota lumajang, bisa ditempuh dalam waktu 1,5 Jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 4 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini