Goa Gong
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp15.000 Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Salam, Bomo,Punung,Pacitan,Jawa Timur,Indonesia,63553.

Bagi pecinta wisata alam dan tantangan menelusuri gua bisa menjadi pilihan menghabiskan liburan. Salah satu gua yang bisa dikunjungi ketika di Jawa Timur yaitu Goa Gong tepatnya di kabupaten Pacitan.

Gua yang cukup tersohor ini konon kabarnya merupakan gua terindah se-Asia Tenggara. Tidak diragukan lagi jika keindahan gua ini menjadikannya salah satu obyek wisata di Pacitan.

Harga Tiket Goa Gong

Wisatawan yang datang untuk melihat keindahan gua ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk bisa dikatakan cukup terjangkau dan untuk anak-anak berlaku harga khusus. Pengunjung cukup membayar belasan ribu sudah bisa berkeliling tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Goa Gong
UmumRp15.000
Anak-anakRp5.000

Baca: Goa Pinus Malang Tiket & Wahana

Jam Buka Goa Gong Pacitan

Kawasan wisata gua ini bisa didatangi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari07.00 – 16.00

Pesona Wisata Goa Gong Pacitan

Pintu masuk kawasan gua
Goa Gong Pacitan diklaim memiliki keindahan salah satu yang terbaik di asia. Foto: Google Maps/ivan fn

Lumrah jika gua ini mendapat predikat sebagai wisata gua terindah se-Asia Tenggara. Karena memang Pacitan sendiri memiliki banyak wisata gua. Saking banyaknya, Kota kelahiran Bapak Susilo Bambang Yudhoyono ini dijuluki kota 1001 gua.

Daya tarik dari wisata gua adalah stalaktit dan stalakmit di dalam gua tersebut. Keduanya merupakan bebatuan yang terbentuk dari berbagai mineral di gua. Bedanya, stalaktit menggantung di dinding gua, sedangkan stalakmit pada lantai gua.

Baca: Golaga Goa Lawa Purbalingga Tiket & Aktivitas

Asal Usul Nama Goa Gong

Nama gua ini terbilang cukup unik. Karena sejatinya nama “Gong” adalah salah satu alat musik dalam gamelan jawa. Begitu pula dengan pemberian nama pada gua ini.

Ada filosofi tersendiri yang mendasari penamaan gua ini. Tour guide Goa Gong menjelaskannya secara jelas tentang hal ini. Menurutnya, salah satu stalaktit-stalakmit di sini jika dipukul akan berbunyi seperti gong.

Stalaktit Dan Stalakmit Berusia Ratusan Tahun

lorong gua dengan ornamen stalaktit dan stalakmit
Lorong-lorong gua yang dipenuhi ornamen stalakmit dan stalaktit akan menemani pengunjung selama penelusuran. Foto: Google Maps/Fahmi Kafabih

Stalaktit serta stalakmit yang berada di sini sudah berusia ratusan tahun. Sehingga membentuk sebuah perpaduan keindahan alami yang mengagumkan. gua ini sendiri memiliki kedalaman kurang lebih sekitar 250 meter.

Di sepanjang lorong gua wisatawan akan ditemani bebatuan lancip yang tegak maupun menggantung di atap gua. Keunikan bebatuan inilah yang menjadi daya tarik wisata gua. Begitu juga Stalakmit dan Stalaktit di Goa Gong kabarnya merupakan salah satu yang terindah.

Baca: Goa Jatijajar Kebumen Tiket & Pesona

Warna Warni Lampu Neon Dalam Gua

warna-warni cahaya lampu neon dalam goa gong
Warna-warni cahaya lampu neon yang menghempas dinding dan ornamen gua membentuk keindahan tersendiri. Foto: Google Maps/ Lim Fong Fong

Pengunjung dapat menyewa senter untuk menelusuri hingga ke dalam gua. Karena memang ketika awal masuk, gua ini cukup gelap. Untuk menyewa senter, pengunjung dikenai biaya sewa sebesar Rp5.000.

Dengan harga sewa tersebut, pengunjung juga akan diberi baterai cadangan. Sehingga sewaktu-waktu senter mati di dalam gua, pengunjung tetap bisa menyalakan senternya. Namun sebenarnya, sesampainya di dalam gua, pengunjung tidak akan terlalu merasa gelap.

Sebab terdapat lampu neon warna-warni yang menerangi gua. Neon tersebut memang dibuat untuk mempercantik gua. Adanya warna putih, merah, hijau, biru, ungu, membuat suasana gua jadi lebih hidup.

Baca: Goa Pindul Yogyakarta Tiket & Aktivitas

Karena neon ini, stalaktit serta stalakmit di dalam gua jadi lebih terpancar keindahannya. Untuk mempermudah pengunjung menelusuri gua, pengelola juga menyediakan tangga di dalam gua. Namun begitu, pengunjung tetap harus berhati-hati karena di dalam gua cukup licin.

Keindahan Pemandangan Dalam Gua

Stalaktit di Goa Gong
Keindahan stalaktit di Goa Gong dengan cahaya lampu neon warna-warni

Tak hanya stalaktit dan stalakmit saja yang menghiasi keindahan gua. Variasi bebatuan dengan air gua semakin menambah keelokan pemandangan. Ada bebatuan yang meneteskan air, hingga membentuk kolam kecil di sekitar bebatuan.

Untuk menelusuri gua, dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Berbagai pemandangan indah tersebut membuat penelusuran gua tak begitu terasa. Namun tetap saja, tetesan peluh akan membasahi tubuh pengunjung.

Untungnya pengelola cukup memikirkan keadaan pengunjung Goa Gong. Hal tersebut diwujudkannya dengan memasang pendingin udara di dalam gua. Dengan begitu, pengunjung akan tetap merasa nyaman selama menelusuri gua.

Wisata Edukasi Tentang Gua

prasasti informasi tentang goa gong
Prasasti Informasi tentang Situs Goa Gong Pacitan. Foto: Google Maps/Ignatius Widiyanto

Selain sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini juga bisa dijadikan wisata edukasi. Pengunjung bisa berwisata sekeluarga sambil mendapatkan pelajaran langsung dari alam tentang bebatuan. Pun begitu dengan para guru yang bisa mengenalkan langsung jenis bebatuan gua.

Oleh-Oleh Khas Goa Gong

Setelah puas menelusuri gua, pengunjung akan menuju pintu keluar. Di dekat pintu keluar sudah berjejer rapi penjual oleh-oleh khas objek wisata ini. Para penjual tersebut berada pada tokonya sendiri-sendiri, sehingga tidak mengganggu jalan.

Ada beberapa oleh-oleh yang menjadi khas dari Goa Gong ini. Yang pertama adalah sale pisang dan gula jawa. Ada pula suvenir bebatuan gua yang dijual dengan harga Rp100.000 hingga Rp150.000.

Fasilitas Goa Gong Pacitan

Dengan segala keindahan yang ditawarkan kawasan wisata gua ini, pengelola juga menyediakan fasilitas memadai. Dimulai dengan tempat perkirannya yang luas, baik untuk sepeda motor ataupun mobil. Terdapat pulat toilet, warung makan hingga jasa pemandu untuk spot-spot keren.

Lokasi Goa Gong Pacitan

Kawasan wisata gua ini cukup mudah dijangkau, terletak sekitar 28 km dari pusat Kota Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan, ambil arah ke barat melewati Pringkuku menuju Punung. Alamat lengkapnya berada di Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,75 | 4 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini