Pulau Bawean Harga Tiket: Gratis - Rp162.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pulau Bawean,Sangkapura,Gresik,Jawa Timur,Indonesia,61181.

Pulau Bawean berlokasi di sebelah utara Gresik dengan jarak sekitar 120 km. Walau terletak jauh dari Gresik, secara administratif pulau ini masih bagian dari kabupaten Gresik. Kata Bawean berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ada sinar matahari.

Selain itu, Pulau Bawean juga sering disebut sebagai Pulau Putri. Dinamakan Pulau Putri karena menurut legendanya sebagai penghormatan untuk Putri Kerajaan Campa yang telah meninggal dan dimakamkan di pulau ini.

Harga Tiket Masuk dan Penyebrangan Pulau Bawean Gresik

Pulau Bawean tidak memiliki harga tiket masuk. Tiket masuk hanya dikenakan di tempat-tempat wisata yang ada di pulau ini. Yang pasti pengunjung harus menyediakan budget untuk menyebrang ke pulau Bawean.

Harga Tiket Masuk Pulau Bawean
Tiket MasukGratis
Tiket Kapal PenyebranganRp75.000 – Rp150.000

Baca: Hutan Mangrove Surabaya Tiket & Aktivitas

Jadwal dan Harga Tiket Kapal Gresik – Bawean – Gresik

Jam buka Pulau Bawean juga bebas. Hanya saja untuk jadwal kapal yang digunakan menyeberang harus diperhatikan. Karena kapal tersebut tidak selalu tersedia di pelabuhan.

Jadwal Kapal Gresik Bawean
Nama KapalAsal – TujuanHariJamLama PerjalananHarga Tiket
Bahari Ekspress 8EGresik – BaweanSelasa, Kamis, Minggu09.003-4 JamEksekutif: Rp146.000
VIP: Rp162.000
Bawean – GresikSabtu, Senin, Rabu09.00
Gili IyangGresik – BaweanJumat21.008-10 JamDewasa: Rp76.000
Anak-anak: Rp59.000
1 Penumpang + Motor: Rp95.000
Paciran – BaweanRabu dan Minggu21.00
Bawean – GresikJumat09.00
Bawean – PaciranSabtu dan Senin21.00
Natuna EkspresGresik – BaweanSenin, Rabu, Sabtu09.003-4 JamEksekutif: Rp146.000
VIP: Rp162.000
Bawean – GresikSelasa, Kamis, Minggu09.00

Sumber: Jadwal Dan Harga Tiket Penyebrangan Kapal Gresik-Bawean gresikkab.go.id

Ragam Aktivitas Wisata di Pulau Bawean Gresik

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di area wisata Pulau Bawean :

1. Berenang di Danau Kastoba Pulau Bawean

Berenang di danau Kastoba Bawean
Berenang di danau Kastoba yang berada di tengah-tengah pulau. Foto: Google Maps/Ian Muhamad

Danau Kastoba terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak. Danau yang terletak di tengah Pulau Bawean ini memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, perjalanan dari Pelabuhan Sangkapura menuju Danau Katsoba dihiasi oleh pemandangan bukit dan sawah.

Perjalanan ke Danau Katsoba dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jalur yang ditempuh berupa jalan setapak dan berada di hutan. Pengunjung harus berhati-hati karena jalan setapak ini licin dan curam.

Setelah mencapai danau, pengunjung dapat mandi dan berenang di tepian danau. Danau Kastoba juga dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil yang dapat memanjakan mata.

Baca: Atlantis Land Kenjeran Tiket & 5 Wahana

Bagi pengunjung yang pergi ke Danau Kastoba diharapkan membawa bekal sendiri, karena di danau ini tidak tersedia warung makan. Walau tak memiliki warung, di Danau Kastoba terdapat musholla untuk beribadah.

2. Menyelam di tepi pantai Pulau Noko Selayar

Pantai pulau noko di gugusan pulau bawean
Wisatawan yang sedang bermain dan bersantai di Pulau Noko Selayar yang berada di sekitar pulau bawean. Foto: Google Maps/Yosephin Lis Darna Silalahi

Pulau Noko Selayar merupakan pulau kecil yang berjarak 4,5 km dari Pulau Bawean. Pulau ini masih bagian dari Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura. Pulau Noko Selayar memiliki keindahan pemandangan alam bawah laut. Pengunjung dapat melihat banyak bunga karang dan ikan laut yang beraneka warna.

Taman karang laut yang terletak di tepi pantai memudahkan pengunjung untuk snorkeling. Untuk menikmati pemandangan laut ini, pengunjung wajib mempersiapkan peralatan snorkeling dan kamera underwater. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan indah matahari yang terbenam.

3. Memberi Makan Rusa Bawean

Rusa Bawean
Rusa Bawean merupakan spesies asli dan hanya ditemukan di pulau ini -Instagram/bawean_mbois

Penangkaran Rusa Bawean awalnya merupakan milik pribadi masyarakat Bawean yang kemudian dibeli oleh pemerintah. Rusa yang ada di penangkaran ini adalah rusa asli Bawean. Tak hanya rusa, ada juga satwa Babi Kutil, Babi Bagong dan Babi Jawa. Menurut UCN, Babi Kutil termasuk spesies babi terlangka di dunia.

Awal nya Rusa bawean hanya ada dua ekor, kemudian terus berkembang menjadi 30 ekor. Penangkaran rusa ini sudah memperbolehkan pengunjung untuk mendekati rusa. Bahkan di jam-jam tertentu, pengunjung dapat memberi makan rusa.

4. Berenang dan Menyelam Pantai Pulau Gili Noko

Wisatawan yang sedang snorkeling di pulau noko
Bagi wisatawan yang suka berenang di pulau ini juga terdapat spot snorkeling yang sayang dilewatkan. Instagram/bayu_alfahmii

Dari Pulau Bawean menuju Pulau Gili Noko pengunjung harus naik perahu selama 10 menit. Biaya sewa perahu sebesar Rp250.000 – Rp350.000 pulang pergi untuk 10 orang. Harga tersebut masih bisa ditawar oleh pengunjung.

Di pulau ini pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dan juga terbenam yang sangat memukau. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling. Pulau Gili Noko memiliki pasir yang putih dan juga air laut yang jernih.

Di Pulau Gili Noko terdapat penjual makanan ringan dan penjual kelapa muda. Untuk fasilitas umum nya tersedia toilet.

5. Menikmati Suasana Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar
Selain danau di pulau ini juga terdapat air terjun yang cukup cantik untuk dikunjungi. Foto: Google Maps/Yogi Arief

Berada di Desa Kebun Teluk Dalam kecamatan Sangkapura, Air Terjun Laccar memiliki ketinggian 25m. Akses menuju tempat ini cukup mudah. Bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak selama 15 menit, maka pengunjung sudah bisa menikmati air terjun ini.

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

6. Menikmati Ikan Bakar di Mangrove Hijau Daun

Wisata mangrove terletak di wilayah Desa Daun. Tiket masuk area wisata ini hanya dikenakan Rp5.000 per orang. Untuk akses menuju tempat wisata terbilang mudah meski harus melewati jalan kecil.

Terdapat hutan bakau dan hutan cemara di wisata mangrove ini. Disini pengunjung juga dapat membakar ikan di tempat-tempat yang telah disediakan. Tempat ini sangat bersih dan tertata.

Lokasi Objek Wisata

Berlokasi di kabupaten Gresik. Tepatnya 120 km sebelah utara dari Gresik. Jika pengunjung ingin menuju ke Pulau Bawean Gresik harus menggunakan perahu untuk menyebrang. Bisa juga menggunakan pesawat terbang yang tiketnya bisa dibeli secara offline.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here