Beranda Destinasi Pilihan

7 Destinasi Wisata Dekat Pantai Pangandaran

0

Wilayah Pangandaran memiliki garis pantai selatan yang memanjang dari barat hingga timur. Hal ini membuat wisata kawasan tepi laut menjadi salah satu destinasi wajib ketika mengunjungi Pangandaran. Pesona bentang panorama laut selatan dapat disaksikan dari 7 destinasi wisata unggulan Pantai Pangandaran:

1. Taman Pangandaran Sunset

Kawasan asri Taman Pangandaran Sunset dengan Tugu Ikan Blue Marlin.
Kawasan asri Taman Pangandaran Sunset dengan Tugu Ikan Blue Marlin. Foto: GMap/Jajang Jaelat

Taman Pangandaran Sunset menjadi salah satu spot terbaik untuk berburu sunset di Pangandaran. Keindahan momen terbenamnya matahari yang menawan terlihat makin sempurna dari lokasi taman ini.

Kawasan taman yang tertata cantik ini berlokasi tepat di gerbang masuk Pangandaran. Dengan sebuah tugu Ikan Blue Marlin tegak di tengah taman rumput. Ditambah dengan area sekitar yang teduh dengan pepohonan dan aneka tanaman ikut mempercantik tampilannya.

Lokasinya berada di sisi barat daya kota, posisi Taman Pangandaran Sunset menghadap tepat ke cakrawala senja. Inilah alasan taman tersebut tak pernah sepi terutama ketika sore hari. Pesona langit pantai Pangandaran dengan semburat jingga yang tercermin di hamparan lautnya begitu memukau.

Baca: 7 DESTINASI WISATA PRIMADONA DI CIANJUR

2. Pantai Karapyak Pasir Putih Pangandaran

"Di

Pantai Karapyak Pasir Putih menyajikan pesona kawasan pantai berpasir putih dengan terumbu karang melimpah. Salah satu spot uniknya yang cukup populer yaitu anjungan Teras Kaca Karapyak Valley. Menjorok ke pantai sepanjang 6 meter dengan tinggi ratusan meter tersebut cukup menguji nyali. Terutama ketika berdiri di atasnya. Dari sini wisatawan dapat melihat lokasi pantai di bawahnya karena terbuat dari kaca transparan.

Pantai Karapyak Pasir Putih menyajikan panorama luasnya lautan serta area pesisir yang menyejukkan. Hijaunya perbukitan serta bentang hutan rimbun yang memagari pantai membuatnya tampak semakin asri.

Suasana Pantai Karapyak begitu tenang tanpa kepadatan yang biasa terlihat di area pantai. Garis pantainya memiliki kawasan berpasir putih dengan serpihan karang alami. Hal ini membuat kelestarian ekosistem asli pantai masih sangat terjaga. Kemudian di sekitar areanya sudah tersedia berbagai fasilitas. Misalnya jalur pedestrian sepanjang 325 meter.

Sedangkan area perairannya memiliki gelombang ombak yang cukup tinggi. Sehingga tidak cocok sebagai lokasi untuk berenang. Kebanyakan wisatawan yang datang hanya bermain di area terumbu karang yang dangkal. Biota laut seperti Kelomang serta ikan-ikan kecil bisa terlihat di sela-sela karangnya.

Baca: 8 Tempat Wisata Bogor Unggulan

3. Pantai Timur Pangandaran

"<yoastmark

Pantai Timur Pangandaran menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dari laut Pangandaran. Berlatar area Cagar alam Pangandaran dan siluet Gunung Slamet di kejauhan membuatnya semakin memukau.

Pantai Timur Pangandaran menjadi destinasi favorit bagi yang menyukai tantangan water sport. Lokasi ini menawarkan wahana banana boat, uvo, paralayang, perahu karet, hingga jetski. Maka untuk mendukung kegiatan tersebut terdapat sebuah dermaga dengan jembatan panjang demi kenyamanan wisatawan.

Baca: 7 Destinasi Wisata Bekasi Bagus Untuk Keluarga

4. Pantai Pasir Putih Pangandaran

"Cantiknya

Mendengar namanya, tak perlu ragu lagi lagi bahwa garis Pantai Pasir Putih Pangandaran begitu memesona. Hamparan pasir putihnya yang terbentang pada kontur landai ini menjadi magnet utama wisatanya. Ditambah dengan perpaduan dengan hijaunya pepohonan dan birunya laut, area pasir putih terlihat sangat memukau. Tak mengherankan bila destinasi yang satu ini selalu ramai oleh wisatawan.

Adanya kapal MV Viking Lagos yang karam dekat pesisirnya menjadi pusat perhatian. Kapal dari Nigeria ini ditenggelamkan Menteri Susi tahun 2016 karena ilegal fishing. Saat air laut surut, banyak wisatawan berjalan mendekati untuk berfoto dengan latar kapal tersebut.

Selama menikmati panorama Pasir Putih Pangandaran cobalah mencicipi kuliner khas yang dijajakan. Selain itu tersedia juga wahana bersepeda, ATV, maupun berselancar di perairan dangkalnya.

Baca: 7 DESTINASI WISATA TERBAIK DI CIAMIS

5. Pantai Barat Pangandaran

"<yoastmark

Sesuai namanya, lokasi berada di sisi barat kawasan wisata pantai Pangandaran. Dibandingkan dengan sisi timur, Pantai Barat Pangandaran memiliki kawasan yang lebih luas.

Area pantainya yang landai dan berpasir akan bertambah luas ketika air laut surut. Wisatawan dapat bersantai menikmati suasana liburan di Pantai Barat Pangandaran. Panorama bentang laut biru dibingkai hijaunya Cagar Alam Pangandaran dan siluet Gunung Ceremai.

Pantai Barat Pangandaran merupakan titik yang tepat untuk menantikan momen terbenamnya matahari. Semburat jingga langit yang tercermin di perairannya begitu dramatis di cakrawala laut Pangandaran.

6. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas dengan peisir landai dan pasir berwarna kehitaman.
Pantai Batu Karas dengan peisir landai dan pasir berwarna kehitaman. Foto: GMap/heri herdiyana

Terletak di Desa Batukaras, Pantai Batu Karas berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota Pangandaran. Air laut di pantai ini cenderung tenang dengan gelombang yang bersahabat bagi wisatawan. Kontur kawasan pesisirnya landai sehingga menjadi tempat bersantai yang aman bahkan untuk anak-anak.

Menikmati panorama laut lepas, wisatawan bisa menikmati suasana berlibur yang  lebih tenang. Di Pantai Batu Karas, wisatawan juga dapat berenang di bibir pantai, naik perahu hingga berselancar. Areanya juga menyediakan pondok wisata yang dilengkapi dengan hotel, camping ground, serta kios cinderamata.

7. Objek Wisata Pantai Madasari

Area berkemah di Pantai Madasari Pangandaran.
Area berkemah di Pantai Madasari Pangandaran. Foto: Instagram:/simonrazka123

Objek Wisata Pantai Madasari biasanya merupakan rangkaian penutup wisata kawasan pantai di Pangandaran. Hal ini tak terlepas dari daya tariknya sebagai tempat istirahat sekaligus bermalam bagi wisatawan. Memiliki suasana yang lebih tenang dan jauh dari keriuhan, lokasi ini cocok untuk mendirikan tenda. Dengan berkemah, wisatawan dapat lebih leluasa menikmati matahari terbenam dilanjutkan acara api unggun.

Pantai Madasari berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kabupaten Pangandaran. Nama Madasari yang berarti makanan bercitarasa konon diberikan oleh Daeng Danto dari Bugis.

Pantai Madasari berada pada area asri dengan pepohonan kelapa dan pepohonan lain yang rimbun. Hijaunya kawasan pesisir berpadu dengan birunya laut dengan garis-garis putih deburan ombak. Pasir pantainya berwarna hitam dengan pulau karang kecil ikonik sekaligus sebagai pemecah ombak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini