Wisata Garut : 8 Destinasi Liburan Terbaik

Memiliki keindahan alam yang memukau, Garut menawarkan aneka ragam daya tarik wisata. Mulai dari pesona panorama alam pegunungan, kekayaan historis, hingga suasana tepi laut. Berikut 9 destinasi terbaik Wisata Garut yang bisa menjadi pilihan selama berlibur.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Garut menawarkan keindahan spot-spot eksotis lereng gunung dengan kawah-kawah yang dimilikinya.
Gunung Papandayan Garut menawarkan keindahan spot-spot eksotis lereng gunung dengan kawah-kawah yang dimilikinya. Foto: Instagram/laurariesta

Destinasi Gunung Papandayan merupakan wisata gunung berapi aktif di Cisurupan, Kabupaten Garut. Puncaknya memiliki ketinggian setidaknya 2.666 Mdpl dengan kolam lumpur dan empat buah kawah. Taman Wisata Alam ini memiliki berbagai spot menarik untuk dieksplorasi dari kaki gunung hingga puncaknya.

Diameter kawah bervariasi dari 10 hingga 150 meter dengan warna air yang beragam pula. Kawah Emas berada di tengah kubah berwarna keemasan dengan suhu tertinggi sekaligus yang terlebar. Kawah Baru yang terbentuk tahun 2002 memiliki air jernih hingga hijau. Sedangkan Kawah Naglak berwarna kuning dengan kandungan belerang sama seperti Kawah Pengantin.

Wisata yang merupakan lokasi favorit para pendaki memiliki pos-pos pendakian dengan daya tariknya. Misalnya Hutan Mati dengan pemandangan pohon-pohon mati akibat letusan dengan permukaan tanah putih. Kawasan Gunung Papandayan juga menyediakan beberapa tempat untuk lokasi berkemah bagi wisatawan.

2. Darajat Pass

Dataran tinggi Darajat Pass Garut menyajikan waterpark, perkebunan, dan cottage dengan suasana khas pegunungan.
Dataran tinggi Darajat Pass Garut menyajikan waterpark, perkebunan, dan cottage dengan suasana khas pegunungan. Foto: Instagram/darajatpassgarut

Darajat Pass merupakan kawasan wisata di daerah Pasirwangi, Kabupaten Garut. Area ini berada pada dataran tinggi dengan suasana berkabut tebal bagai di atas awan. Suhu udaranya dingin khas pegunungan. Namun, justru pemandangan dengan suasananya tersebut yang menjadi daya tarik kawasan wisata ini.

Wisatawan dapat menikmati sensasi naik gunung, dengan menaiki anak tangga menuju atas bukit. Pada saat cuaca cerah, wisatawan dapat menyaksikan keindahan lanskap Kota Garut dari ketinggian. Pemandangannya semakin menarik di malam hari dengan lampu-lampu terlihat di kejauhan.

Kawasan ini juga memiliki taman air Darajat Pass Waterpark, lengkap dengan wahana airnya. Bersama keluarga dan anak-anak, wisatawan bisa menikmati kolam renang yang bervariasi dengan seluncur airnya.

Wisata alam terbuka ini tak hanya ramai wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Kawasannya memang cocok sebagai tempat beristirahat, lokasi ini juga memiliki tersebar banyak penginapan.

3. Awit Darajat

Wisata terpadu alam terbuka Awit Darajat Garut.
Wisata terpadu alam terbuka Awit Darajat Garut. Foto: Instagram/awitdarajat

Awit berada pada jajaran paling awal di jalur wisata kawasan Darajat Garut. Destinasi menawarkan wisata air dengan water park hingga spot foto berlatar alam terbuka. Magnet utamanya adalah kolam air hangat dengan kandungan belerang yang berkhasiat.

Destinasi ini juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung untuk bersantai bagi wisatawan. Selain itu juga tersedia berbagai wahana, seperti pine ball, berkuda, dan wahana outbond lainnya. Area ini juga memiliki kebun stroberi dimana wisatawan dapat memasuki dan memetik buahnya.

4. Sayang Heulang Garut

Gumuk Pasir di sisi Pantai Sayang Heulang Garut.
Gumuk Pasir di sisi Pantai Sayang Heulang Garut. Foto: Instagram/pantaisayangheulang

Sayang Heulang merupakan wisata tepi laut di deretan pantai Garut Selatan. Garis pantainya terbentang sejauh lima kilometer dengan hamparan karang. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut yang indah dengan Pulau Santolo di seberang perairan. Selain pantai, kawasan ini juga memiliki area gumuk pasir di ujung timur dan area bukit.

Pada perairan dangkalnya, wisatawan dapat mendayung, snorkeling, atau memancing. Ketika air surut, hamparan karang terlihat semakin jelas dan wisatawan dapat melihat biota-biota laut. Area ini juga memungkinkan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Baik itu di penginapan atau mendirikan tenda pada area yang tersedia.

Destinasi wisata ini telah dilengkapi dengan tangga sky walk serta lintasan untuk menyusuri garis pantai. Banyak spot foto yang bisa ditemukan di sini dengan latar laut, pepasir, hingga padang rumput.

5. Candi Cangkuang

Situs budaya Candi Cangkuang Garut.
Situs budaya Candi Cangkuang Garut. Foto: Instagram/xz.hgnmyg

Candi Cangkuang merupakan situs bersejarah yang berada pada lokasi teduh dengan suasana yang tenang. Menurut sejarah, candi ini berdiri pada masa kerajaan Hindu-Buddha di abad kedelapan. Candi ini berukuran 4,5 x 4 meter persegi dengan tinggi 8,5 meter. Berfungsi sebagai tempat beribadah dan peristirahatan, Candi Cangkuang memiliki patung Dewa Siwa di dalamnya.

Berlokasi di Cangkuang, Kabupaten Garut, kawasannya dikelilingi oleh empat gunung besar Jawa Barat. Yaitu Gunung Guntur, Gunung Mandalawangi, Gunung Haruman, dan Gunung Kaledong. Cagar budaya ini berada pada dataran di tengah danau bernama Situ Cangkuang. Wisatawan akan merasakan pengalaman mengendarai rakit untuk mencapai lokasi candi.

Keunikan lainnya dari Candi Cangkuang, yaitu lokasinya bersebelahan dengan makam pemuka Islam Desa Cangkuang. Hal ini merupakan cerminan masyarakat yang hidup berdampingan sejak dahulu.

6. Situ Bagendit

Situ Bagendit Garut dengan pesona keindahan danau dibingkai panorama pegunungan.
Situ Bagendit Garut dengan pesona keindahan danau dibingkai panorama pegunungan. Foto: Instagram/mulkisalman

Sesuai namanya, Situ Bagendit menyajikan wisata alam situ yang dalam bahasa Sunda berarti danau. Destinasi ini diberi nama seperti lokasinya berada yaitu Desa Bagendit. Pemandangan perairan danau begitu memukau dengan pagar perbukitan di sekelilingnya. Kawasannya teduh dan tenang dengan udara yang segar alami serta angin pegunungan yang sejuk.

Wisata Situ Bagendit sangat cocok untuk bersantai menikmati kesegaran alam. Wisatawan dapat berkeliling perairan danaunya dengan perahu atau rakit. Area sekitar danau juga banyak digunakan wisatawan untuk bersepeda.

Situ Bagendit juga terus bersolek dengan transformasi 12 zonanya. Terdapat zona istimewa Kebun Teratai di yang memenuhi permukaan danau dengan keindahan bunganya. Tedapat pula jembatan berbentuk daun dan yang dibangun melingkar menyerupai bunga Teratai. Ditambah dengan keindahan spot taman hijau gradasi yang menghiasi kawasan danau.

7. Sabda Alam Waterpark

Menikmati aneka wahana taman air Sabda Alam Waterpark Garut.
Menikmati aneka wahana taman air Sabda Alam Waterpark Garut. Foto: Instgram/sabdaalam.grt

Sabda Alam Waterpark menyajikan wisata taman air dengan aneka wahana klasik. Wisatawan dapat menikmati keseruan bermain air di kolam ombak serta meluncur dari ketinggian. Wahana lain seperti air mancur, Ember Tumpah dan zona anak juga tersedia di sini. Salah satu keunikannya yaitu adanya kolam air panas yang bisa digunakan wisatawan untuk berendam.

Destinasi yang berlokasi di kaki gunung ini juga menyuguhkan langsung pemandangan alam yang mempesona. Berlokasi di Rancabango, Kabupaten Garut, destinasi ini juga menawarkan pilihan penginapan. Resor yang tersedia memiliki suguhan pemandangan dan suasana khas dataran tinggi.

8. Pantai Santolo

Pesona panorama matahari terbenam di Pantai Santolo Garut.
Pesona panorama matahari terbenam di Pantai Santolo Garut. Foto: GMap/Tito Aditya

Bersama dengan Sayang Heulang Garut, Pantai Santolo berada di garis pantai Garut Selatan. Pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih, pasir putih, dan batu karangnya. Wisatawan dapat melihat Pulau Santolo yang merupakan hamparan atol seluas 35 hektar. Karang Kukus yang merupakan gugusan karang hitam setinggi tiga meter tampak menonjol.

Pantai Santolo memiliki suasana yang tenang dan nyaman untuk berlibur, asri, dan alami. Pantai ini memiliki spot mercusuar dan jembatan di bibir pantai. Kedua spot tersebut merupakan titik favorit untuk berfoto bagi wisatawan.

Berbagai wahana juga tersedia untuk menikmati perairan Pantai Santolo, misalnya banana boat. Wisatawan yang hobi memancing, bisa melakukannya di spot pemancingan dan area nelayan menggunakan perahu. Kawasan ini juga menyediakan berbagai pilihan menu seafood hasil tangkapan para nelayan.

Daya tarik lain yang juga menjadi buruan wisatawan adalah momen sunset yang tersaji. Panorama langit jingga yang tercermin di permukaan laut selalu menjadi saat yang dinantikan.

Bagikan konten ke: