Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata pantai primadona di Garut. Pantai ini memiliki bentang luas hamparan pasir putih lembut dan bersih dikelilingi deretan perbukitan.

Pantai yang terletak di kecamatan Cikelet ini acap kali disebut sebagai ‘surga tersembunyi’ di selatan Garut. Pesona keindahannya terasa alami karena kawasannya yang masih bersih dan rapi.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Untuk memasuki kawasan wisata pantai pengunjung tidak perlu khawatir mahal dan bisa dikatakan sangat murah. Tiket berlaku baik untuk anak maupun dewasa dan berlaku sama setiap hari.

Harga tiket masuk Pantai Santolo
Senin – MingguRp5.000

Baca: Darajat Pass Garut Tiket & Aktivitas Wisata Seru

Jam Buka Pantai Santolo

Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Pengunjung juga bisa datang malam hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu24 Jam

Aktivitas Wisata di Pantai Santolo

Sesampai di pantai, wisatawan akan disuguhi hamparan batu-batu panjang dengan perahu-perahu nelayan disisinya. Pantai Santolo menjadi tujuan utama wisatawan kawasan pantai selatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banyak wisatawan berulang kali datang berlibur ke sini karena terpikat pemandangan indahnya.

Wisatawan kebanyakan datang dari Bandung dan Jabodetabek menggunakan kendaraan umum seperti bus dan konvoi bermotor. Pada puncak musim liburan, tercatat puluhan ribu wisatawan per harinya mengunjungi Pantai ini.

1. Menikmati Suasan Pantai Santolo

Suasana romantis di Pantai Santolo Garut
Di Pantai Santolo, wisatawan dapat beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan panoramanya. Foto : Instagram/lensa_sambas

Pantai Santolo memiliki bentang pantai yang cukup panjang, dengan pasir putih yang halus. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan semilir angin pantai yang menyejukan. Di sini wisatawan juga dapat beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai ini cukup bersih dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Bibir pantainya memiliki karang dan laut yang surut. Hal tersebut membuat ombaknya tertahan di tengah, tidak sampai ke bibir pantai.

Pantai ini terkenal indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih lembut. Kehadiran taman alam Santolo dengan binatang-binatang laut di tepi pantai menjadi daya tarik tersendiri. Burung camar dan kapal-kapal kecil di tengah lautan menambah kesan eksotis pantai ini.

2. Berperahu ke Pulau Sekitar

Pemandangan laut dengan latar pegunungan
Dari atas perahu, wisatawan dapat menikmati pemandangan birunya laut dengan pegunungan yang mengelilinginya. Foto : Instagram/lizikridamar

Untuk masuk lebih jauh ke kawasan pantai, wisatawan dapat menyebrang menggunakan perahu nelayan. Pantai Santolo merupakan bagian dari perkampungan nelayan, sehingga mudah menemukan perahu yang dapat disewakan.

Menaiki perahu nelayan setempat, wisatawan akan menikmati sensasi ombak pantai selatan yang menantang. Dari atas perahu, wisatawan dapat menikmati pemandangan birunya laut sejauh mata memandang. Biota laut pun dapat diamati sambil menikmati panorama sekitar ditemani sejuknya pepohonan menghijau.

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Perahu mengajak wisatawan berkeliling pantai dan menyebrang  ke Pulau Santolo. Di sana wisatawan dapat melihat jernihnya air laut dangkal dengan ombak cukup tenang. Ketika kembali menyusuri pantai ke arah penyeberangan, wisatawan akan menemukan gundukan karang yang besar.

3. Karang Kukus

Pantai Santolo menyuguhkan pemandangan menakjubkan dengan adanya hamparan atol seluas 35 hektar. Gugusan karang hitam setinggi tiga meter itu disebut sebagai Karang Kukus. Batu karang yang tampak menonjol tersebut kerap diidentikkan dengan karang pantai Tanah Lot Bali.

Warga setempat menyebut hamparan karang atol itu sebagai Pulau Santolo karena letaknya menyerupai sebuah pulau. Sisi-sisi daratannya selalu tergenang sehingga nampak terpisah dengan daratan utamanya. Debur ombak dengan percikannya saat memecah Karang Kukus terlihat memukau.

4. Bermain Air dan Pasir

bermain air dan pasir di pantai yang masih bersih
Air laut yang jernih dan pasir putihnya biasa dinikmati dengan berbasah-basahan bermain air dan berkejaran dengan ombak. Foto : Instagram/ramdan_guswandi

Air laut yang jernih dan pasir putih Pantai Santolo biasa dinikmati dengan bermain air. Wisatawan dapat sekedar berbasah-basahan dan berkejaran dengan ombak. Beberapa lainnya terutama anak-anak juga suka bermain pasir di pesisirnya.

Pantai ini tidak bisa digunakan berenang bebas. Wisatawan dihimbau untuk berhati-hati dan tidak bermain air terlalu tengah. Rambu-rambu peringatan pun dipasang dan ketika kunjungan wisatawan meningkat maka patroli juga ditingkatkan.

5. Banana Boat

Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas di Pantai Santolo Garut yang lebih menantang, dapat mencoba Banana Boat
Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, dapat mencoba Banana Boat. Foto : Google Maps/Bonank Eker

Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, dapat mencoba Banana Boat. Wahana ini dapat disewa untuk menambah keseruan bersama keluarga maupun rekan dan sahabat. Mengikuti laju Banana Boat akan semakin melengkapi momen liburan penuh kesan.

6. Mengamati Hewan-Hewan Laut

Salah satu aktivitas menarik yaitu mengamati hewan-hewan laut yang ada di Pantai Santolo. Aktivitas dapat dilakukan tersebut dikarenakan pantai ini memiliki perairan laut yang dangkal.

Karang dan hewan-hewan laut dapat terlihat dengan jelas tanpa perlu menyelam. Wisatawan dapat menyaksikan berbagai jenis ikan kecil yang terjebak antara cekungan karang. Berbagai flora laut yang khas pun dapat diamati di Pulau Santolo.

7. Sunrise dan Sunset di Pantai Santolo

Sunset dari tepi pantai
Menikmati keindahan sunset di kala senja memang sangat romantis begitu juga sunset di Pantai ini. Foto: Google Maps/Sahabat Sidiq

Keindahan Pantai Santolo bukan hanya dengan biru laut dan pasir putihnya. Di sini wisatawan dapat menikmati indahnya fajar menyingsing saat sunrise di pagi hari.

Selain sunrise, pantai ini juga memiliki keindahan momen sunset di senja hari. Santolo berasal dari kata Zon (dibaca San) dan Tulu, dalam bahasa Belanda berarti matahari tenggelam. Penyebutan ini karena dari tempat tersebut, wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari tenggelam dengan jelas.

8. Jembatan Gantung Pantai Santolo

Jembatan gantung di pantai sentolo garut
Selain menantang, berfoto di jembatan gantung ini juga sangat menyenangkan. Foto: Google Maps/Sahabat Sidiq

Pantai Santolo memiliki Dermaga peninggalan masa kolonial Belanda sepanjang sekitar 100 meter. Terdapat juga sebuah jembatan gantung penghubung Pulau Santolo dengan Pulau Curugan. Kawasan ini selalu jadi spot swafoto dan tempat aktivitas memancing bagi wisatawan.

Di kawasan pantai juga terdapat stasiun peluncuran roket LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional). Bila beruntung, wisatawan dapat menyaksikan peluncuran roket untuk keperluan antariksa dari dekat. Adanya Muara Cilauteureun juga menjadi salah satu daya tarik lain kawasan wisata ini.

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Penyebutan Cilauteureun karena air di muaranya mengalir bukan menuju laut melainkan kembali lagi ke daratan. Hal tersebut terjadi karena adanya cekungan karang yang membuat permukaan laut lebih tinggi. Konon, peristiwa seperti ini hanya bisa ditemukan di Pantai Santolo dan di Perancis.

9. Wisata Kuliner

Berwisata kuliner di Pantai Santolo, wisatawan dapat menikmati hidangan laut di beberapa restoran. Di tepi pantai, wisatawan dapat makan ikan segar langsung dari laut sambil menikmati kelapa muda. Menu khas seafood antara lain Cumi, ikan Layur, Gurita, Udang dan sebagainya.

Wisatawan juga dapat membuat hidangan sendiri dengan membeli ikan laut segar. Pantai ini memiliki Tempat Pelelangan Ikan, maka wisatawan biasa membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Fasilitas

Berbagai fasilitas penunjang wisata telah tersedia di Pantai Santolo. Toilet maupun area parkir yang cukup luas juga telah disediakan. Aneka tempat makan menyajikan berbagai menu khas pantai yang dapat dinikmati wisatawan.

Mengantisipasi kendala keamanan, petugas selalu berpatroli di tepian dan tengah laut menggunakan perahu nelayan.

Di sepanjang sungai Cilauteureun terdapat Pangkalan Pendaratan Ikan dan Tempat Pelelangan Ikan. Ratusan perahu nelayan berlabuh di tempat tersebut dengan hasil tangkapannya. Wisatawan dapat membeli aneka jenis ikan luat yang dijajakan di sekiatar pelelangan.

Lokasi Pantai Santolo

Wisata pesisir laut ini berlokasi di Kesamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177. Berada sekitar 80 km, Pantai Santolo berjarak 3 jam perjalanan dari Garut kota.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.