Beranda Tiket Wisata

GUNUNG PAPANDAYAN: Tiket & Aktivitas - Juni 2021

Gunung Papandayan Harga Tiket: Rp18.000 - Rp30.000 Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Karamat Wangi, Cisurupan, Garut, Jawa Barat, Indonesia, -.

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Barat. Nama gunung di Kabupaten Garut ini sudah tersohor sebagai salah satu tujuan wisata. Saat ini memiliki ketinggian mencapai 2.666 mdpl.

Keunikan Gunung Papandayan yaitu adanya objek wisatanya yang variatif. Gunung ini jadi tujuan bagi para pendaki maupun wisatawan untuk rekreasi keluarga. Selain menawarkan jalur pendakian, objek wisata ini juga telah lengkap dengan fasilitas yang nyaman. Pengunjung bisa merasakan dua sisi gunung ini dari kegiatan rekreasi yang berbeda.

Tiket Masuk Gunung Papandayan

Wisatawan yang ingin mendaki maupun memasuki kawasan kawah perlu membayar tiket masuk. Tiket ini belum termasuk biaya berkemah dan fasilitas lainnya. Harga tiket berbeda untuk pengunjung lokal dan mancanegara.

Tiket Masuk
Jenis TiketTarif
Hari BiasaHari Libur
Wisatawan LokalRp20.000Rp30.000
Wisatawan MancanegaraRp200.000Rp300.000
Kendaraan Roda 2Rp12.000Rp17.000
Kendaraan Roda 4Rp25.000Rp35.000
Kendaraan Roda 6Rp110.000Rp150.000
SepedaRp7.000Rp10.000
Rombongan Pelajar (Lokal)Rp18.000Rp20.000
Rombongan Pelajar (Mancanegara)Rp200.000Rp300.000
Kolam Air PanasRp25.000
CampingRp35.000
Camping Rombongan PelajarRp23.000
Camping Rombongan MancanegaraRp105.000
Foto Pre-weddingRp500.000
Syuting Video Individu/CompanyRp800.000
Syuting Video KomersialRp2.000.000 per hari
Rp1.800.000 > hari

Baca: 18 Tempat Wisata Terbaik di Garut

Jam Buka

Gunung Papandayan buka setiap hari untuk umum dari pagi hingga sore. Objek wisata ini selalu padat pengunjung ketika hari libur panjang tiba. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu saat pagi atau sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari07.00 – 16.00 WIB
Registrasi Camping07.00 – 18.00 WIB

Eksotika Gunung Papandayan

Asap dari kawan yang mengepul tampak dari pintu masuk TWA Papandayan
Gunung Papandayan adalah gunung berapi aktif yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini terkenal karena memiliki objek wisata berupa taman wisata alam dengan bentang alam yang eksotis – Foto: Google Maps / Christopher Ludewig

Kegiatan hiking adalah salah satu rekreasi yang bisa dilakukan berbagai kalangan. Salah satu objek wisata untuk hiking yang sudah populer adalah Gunung Papandayan. Meskipun merupakan gunung berapi aktif, Papandayan tak pernah sepi wisatawan. Hal ini karena keindahan bentang alamnya yang menawan merupakan magnet tersendiri.

Gunung ini memiliki ketinggian hingga 2.666 mdpl. Terdapat kawah belerang dan danau sisa letusan sebagai daya tarik utamanya. Sementara itu di sekitar kawah, tersebar hutan Cantigi yang sudah mati. Kemudian lebih ke atas lagi, hamparan bunga Edelweiss jadi pemandangan mempesona lainnya.

Dengan beragam pemandangan yang tersaji, Papandayan tidak hanya seru untuk pendakian. Sebab bagi penyuka fotografi juga bisa mendapatkan banyak panorama alam cantik di sini. Selain itu, ada sumber mata air panas tempat berendam yang baik untuk kesehatan.

Baca: SABDA ALAM Garut Tiket & Aktivitas

Berendam

Kolam air panas dengan kandungan belerang
Menikmati pemandangan di sekitar kawah Gunung Papandayan sambil berendam di kolam air panas dengan kandungan belerang yang baik untuk kulit – Foto: Google Maps / Stephen Vicaroy

Karena merupakan gunung berapi aktif, Papandayan juga memiliki sumber panas bumi yang baik. Sehingga sumber mata air panasnya sangat melimpah. Sejak tahun 2017, taman wisata di gunung ini membuka sebuah kolam air panas.

Airnya tidak hanya sekadar bersuhu tinggi tetapi juga mengandung belerang. Belerang memang terkenal memiliki manfaat untuk kulit. Sedangkan air panas juga baik untuk melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot.

Jika berkunjung kemari, wisatawan bisa mencoba berendam di kolam air panas yang tersedia. Ukuran kolamnya yang luas sehingga membuat pengunjung bisa berendam dengan nyaman. Para pendaki juga bisa menghilangkan pegal otot setelah berjalan lama di sini. Rasakan sensasi berendam air panas yang langsung berpagar panorama gunung yang menawan.

Baca: Talaga Bodas Garut Tiket & Aktivitas

Trekking Gunung Papandayan

Pengunjung memarkirkan sepeda di dekat kawah
Jalan setapak yang jelas dan tertata membuat kawasan Papandayan nyaman untuk trekking maupun downhill menggunakan sepeda – Foto: Google Maps / Mamen Cycling

Gunung Papandayan memiliki sedikit perbedaan dari gunung berapi biasanya. Kawah yang biasanya berada di puncak justru langsung bisa didapat tak jauh dari pintu masuk. Sehingga, wisatawan tidak perlu jalan berkilo-kilometer untuk mencapainya. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk trekking ke kawah terdekat hanya sekitar 20 menit saja.

Pengunjung cukup mengikuti jalan setapak yang tersedia. Jalan ini terutama berbatu dengan tangga batu yang tersusun rapi. Anak-anak hingga orang dewasa bisa melaluinya. Tak heran jika trekking di Papandayan memang cocok untuk wisata keluarga.

Jika ingin kegiatan lebih bervariasi maka wisatawan bisa menggunakan sepeda. Kemampuan menggowes di jalan menanjak cukup menantang. Karena banyaknya batu di sepanjang rute perjalanan. Medan yang unik ini akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca: Candi Cangkuang Garut Tiket & Ragam Daya Tarik

Hiking

Panorama sunrise dari area camping
Mendaki Gunung Papandayan dan berkemah di camp area dengan pemandangan matahari terbit yang cantik – Foto: Google Maps / yulia agnis

Gunung Papandayan juga cocok untuk para pendaki pemula. Karena medannya terbuka dan memiliki jalur yang jelas. Meski cukup banyak tanjakan dan turunan, tetapi tidak ada hutan lebat di sini. Pendaki justru akan merasa nyaman dengan fasilitas pendakian yang lengkap tersedia.

Bagi yang ingin mendaki, Pos pertama adalah area perkemahan Goberhut. Di sini, tanahnya landai dan cukup untuk mendirikan hingga beberapa tenda. Selain itu terdapat warung-warung yang selalu buka untuk melayani perut keroncongan. Serta ada juga toilet bersih dan nyaman.

Dari Goberhut, 1 jam perjalanan kemudian pendaki tiba di Pondok Saladah. Area perkemahan ini lebih luas dan nyaman terutama untuk berburu sunrise. Selanjutnya ada area Tegal Alun yang mempesona. Hamparan rumput berkeliling semak edelweiss ini selalu siap menyambut.

Dari Tegal Alun menuju puncak tinggal 1 jam perjalanan lagi. Total pendakian hingga ke puncak hanya membutuhkan hingga 4 jam. Selama pendakian, wisatawan akan berselimut udara dingin. Jika sampai di kawah maka harus berhati-hati jangan sampai terlalu dekat dengan kawah dan menghirup gas belerang, ya.

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Hunting Foto

Tumbuhan Edelweiss yang tumbuh subur di kawasan Gunung Papsndayan
Bunga Edelweiss tumbuh subur di taman wisata dan area Tegal Alun dekat puncak gunung – Foto: Google Maps / Daniel Heryanto

Selama berada di objek wisata yang cantik ini jangan lupa untuk selalu mengabadikan momennya. Terlebih, Papandayan punya banyak spot foto cantik yang alami. Kemanapun kaki melangkah, wisatawan akan mendapatkan hasil foto yang cantik.

Pertama adalah Taman Edelweiss di dekat kolam berendam. Taman ini tertata rapi dengan semak edelweiss sebagai daya tarik utama. Kemudian sedikit lebih ke atas, ada area hutan mati cantigi yang unik. Selain itu, ada Danau Papandayan dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan.

Baca: Pantai Santolo Garut Tiket & 9 Ragam Aktivitas

Fasilitas Gunung Papandayan

Sarana dan prasarana di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan sudah tersedia lengkap. Area parkirnya luas dan cukup untuk beberapa bus. Terdapat penginapan, toilet umum, warung, mushola, hingga toko souvenir.

Fasilitas rekreasi yang tersedia diantaranya kolam rendam air panas dan taman edelweiss. Sedangkan jalur pendakiannya berupa jalan setapak yang cukup lebar dengan petunjuk arah yang jelas. Di area berkemah juga terdapat warung-warung yang buka selama 24 jam.

Lokasi Gunung Papandayan

TWA Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya berjarak 30 kilometer ke barat daya Kota Garut. Akses jalannya cukup baik meskipun tidak terlalu lebar.

Selanjutnya untuk sampai ke lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari Terminal Guntur, gunakan minibus hingga Desa Cisurupan. Lanjutkan dengan mobil bak hingga pintu masuk TWA Papandayan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini