Beranda Tiket Wisata

SITU BAGENDIT Tiket & Aktivitas November 2021

Situ BagenditHarga Tiket: Rp20.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Jalan Kyai Haji Hasan Arif, Sukamukti, Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44191

Garut dikenal sebagai intan dari Jawa Barat. Kota yang juga memiliki julukan ‘Swiss van Java’ ini menyimpan banyak keindahan alam yang potensial sebagai tempat wisata. Salah satu referensi wisata alam di Garut yang cocok untuk berlibur adalah Situ Bagendit.

Danau alami yang menyimpan kisah legenda di balik pembentukannya ini bisa menjadi alternatif berlibur untuk menyegarkan badan maupun pikiran. Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di sini. Baik untuk dewasa maupun anak-anak. Jadi sangat cocok sebagai tujuan rekreasi keluarga.

Harga Tiket Masuk

Meskipun sudah populer sejak lama, Situ Bagendit tetap menjadi destinasi wisata yang murah-meriah. Harga tiket masuk berlaku sama untuk hari biasa atau akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit
Tiket RegulerRp20.000

Baca: 5+ Pilihan Tempat Wisata Di Garut Paling Asik

Jam Operasional

Situ Bagendit tutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Danau wisata ini terbuka untuk umum setiap hari. Khususnya hari libur, kunjungan biasanya meningkat dibandingkan hari biasa.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Situ Bagendit

Situ Bagendit atau Danau Bagendit terletak di Banyuresmi, Kabupaten Garut. Danau alami ini tidak hanya dilingkupi oleh pemandangan indah pegunungan dan persawahan, tetapi juga legenda yang hidup dan tumbuh di dalamnya. Kisah itu mengenai Nyai Endit yang tenggelam bersama hartanya karena sudah berbuat kikir.

Terlepas dari kebenaran kisah tersebut, danau ini tetap menjadi primadona wisata bagi warga Garut maupun luar Garut. Selain sebagai tempat wisata, pemerintah setempat juga sering menggelar acara di Situ Bagendit. Beberapa acara tersebut ialah kegiatan kebudayaan dan upacara bendera di hari kemerdekaan Indonesia.

Pemandangan Alam

Tanaman air di Situ Bagendir
Tanaman air Situ Bagendit dengan latar pegunungan dan danau – Foto: Google Maps/Rosiana Sidhayatra

Sepanjang perjalanan menuju Situ Bagendit, ternyata pengunjung sudah dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah dan asri. Danau yang terletak di Kecamatan Banyuresmi ini memang berada di kawasan pedesaan yang dipenuhi sawah dan perkebunan. Pemandangan ini dilengkapi dengan lukisan pegunungan yang berdiri tegak di kejauhan. Seringkali pengunjung sengaja jogging atau bersepeda kemari sambil menikmati udara segar.

Sampai di area danau, pemandangan yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda. Hanya saja kali ini dilengkapi dengan sebuah danau yang luas. Di beberapa sudut danau terdapat kumpulan tanaman teratai dan eceng gondok yang sering dimanfaatkan warga sekitar untuk kerajinan tangan atau cindera mata. Karena tidak terhalang apapun kecuali gunung tinggi, tempat ini cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Mengelilingi Danau

Pemandangan dari atas rakit
Mengelilingi Situ Bagendit dengan menaiki rakit atau getek – Foto: Google Maps/Selfi Ajja

Keindahan Situ Bagendit bisa dinikmati dengan berbagai wahana permainan air yang tersedia. Terdapat sepeda air, rakit, dan perahu yang bisa dinaiki sendiri atau bersama kerabat. Tiap wahana menawarkan pengalaman yang berbeda, namun yang pasti semuanya menyenangkan.

Jika sudah sampai di tengah danau dan ingin beristirahat sejenak, silakan mampir ke warung terapung. Beberapa warung makanan yang dibuka setiap akhir pekan ini sengaja dibuat di atas rakit yang berada di tengah danau. Rasakan sensasi menyantap makanan dan minuman sambil ditiup angin sepoi-sepoi dan dikelilingi air danau yang tenang.

Ketika mengelilingi danau, pengunjung mungkin akan melihat warga yang beraktivitas di sekitar danau, salah satunya mengambil ikan. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, danau ini juga memang lahan mata pencaharian. Namun, pengunjung juga diperbolehkan mengambil ikan dengan cara memancing di pinggiran danau.

Aktivitas di Pinggir Danau

Warung apung di tengah Situ Bagendit
Warung terapung yang dibuka ketika akhir pekan – Foto: Google Maps/Quthbie.H.M-Media

Setelah puas berlayar, pengunjung dapat melihat pemandangan sekitar sambil berjalan-jalan di pinggir danau. Lebih baik lagi jika membawa bekal makanan sendiri. Ada banyak gazebo atau saung yang bisa disewa sebagai tempat istirahat.

Bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak mungkin ingin mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia di sana. Ada banyak wahana yang bisa dinikmati anak-anak, seperti kereta mini, trampolin, pemancingan mini, dan kolam bola dengan seluncuran. Ada juga kegiatan kreatif seperti mewarnai yang bisa dilakukan dengan mebayar 10 ribu rupiah saja.

Spot Foto Ciamik

Pengunjung selfie di Situ Bagendit
Situ Bagendit memiliki beberapa spot foto yang menarik – Foto: Google Maps/N. Nuer

Tidak lengkap rasanya jika belum berfoto ketika sedang berwisata. Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan foto dengan latar pemandangan danau yang indah. Berpose ketika berada di tengah danau atau piknik di pinggir danau tentu menyenangkan.

Situ Bagendit juga kini dilengkapi area yang tertata rapi dan menarik untuk menjadi spot foto. Beberapa di antaranya adalah jembatan menuju Taman Hutan Bagendit. Jembatan ini dihiasi terowongan besi berbentuk persegi dengan susunan asmetris yang unik. Selain itu, kawasan jajaran toko yang tidak jauh dari gerbang masuk pun dipercantik dengan dekorasi payung yang diganti secara berkala.

Fasilitas Situ Bagendit

Papan penunjuk fasilitas
Beberapa fasilitas yang terdapat di sekitar danau – Foto: Google Maps/QuthbieH.M.-Media

Situ Bagendit memiliki lahan parkir yang luas dan bisa memuat kendaraan bus, sehingga tempat wisata ini cocok untuk menjadi tujuan wisata kelompok. Fasilitas lainnya adalah toilet, mushola, wahana permainan anak, ragam transportasi air, serta jajaran kios makanan dan cinderamata. Daftar ini akan semakin bertambah lengkap karena pemerintah tengah gencar mengembangkan kawasan wisata ini sebagai destinasi wisata tingkat internasional.

Lokasi Situ Bagendit

Danau wisata ini terletak di Desa Banyuresmi, Garut, Jawa Barat dan berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Garut. Lokasinya bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Beberapa angkutan umum yang melewati Situ Bagendit yaitu angkot jurusan Terminal Guntur – Kp. Mengger dan Garut – Limbangan.

Tanggapan:

3.3 / 5. dari 4

Kasi Bintang