7 Pantai Di Jepara Paling Pas untuk Menikmati Sunset

Kabupaten Jepara di Jawa Tengah dikenal sebagai kota ukir. Tapi jangan salah keindahan pantainya tak bisa dikesampingkan. Bahkan beberapa di antaranya memiliki pasir putih layaknya pantai-pantai di Pulau Bali. Berikut tujuh pantai di Jepara yang memikat wisatawan.

1. Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur menjadi salah satu yang terpopuler di Jepara karena pantainya yang landai
Bermain di pantai dan berenang menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Teluk Awur karena ombaknya yang landai. Foto: Gmaps/fahlia ningrum

Lokasinya berada di Desa Teluk Awur, Jepara, sekitar 4 Km ke arah selatan dari pusat kota. Pantai yang landai ini memiliki ombak yang tenang sehingga cocok menjadi tujuan berlibur bersama keluarga. Pantai Teluk Awur menawarkan pemandangan laut yang tenang dengan pasir putih.

Kondisi air di sini juga cukup bersih karena jauh dari lintasan perahu dan kapal. Berbagai wahana permainan air seperti banana boat, flying fish boat dan jetsky juga tersedia. Di kawasan pantai juga terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai menu. Ada pula penginapan untuk wisatawan dari luar kota dan ingin menginap di dekat pantai.

2. Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini memiliki beragam fasilitas, termasuk Kura-kura Ocean Park
Pengunjung bisa belajar tentang kehidupan laut di Kura-kura Ocean Park yang ada di Pantai Kartini. Foto: Gmaps/Sadad Ahmad

Nama objek wisata satu ini pasti mengingatkan dengan nama salah satu pahlawan Indonesia, RA. Kartini. Lokasi pantai ini hanya berjarak 2,5 Km dari Pendopo Kabupaten Jepara. Suasananya yang sejuk sangat pas untuk menjadi tujuan rekreasi keluarga atau bersantai. Kawasan pantai seluas 3,5 hektar ini adalah kawasan strategis. Pasalnya tempat ini adalah jalur transportasi laut menuju Pulau Pajang dan Karimun Jawa.

Pantai Kartini memiliki wahana akuarium raksasa bernama Kura-kura Ocean Park. Akuarium tersebut menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan lokal. Salah satu yang menarik, pengunjung dapat menjajal terapi ikan garra rufa yang berasal dari Turki. Ada juga ruang teater yang menampilkan film kehidupan laut.

Selengkapnya: PANTAI KARTINI Tiket & Ragam Atraksi

3. Pantai Bandengan

Salah satu yang menarik di Pantai Bandengan adalah adanya wahana ombak buatan
Pengunjung bisa belajar berselancar di Pantai Bandengan yang memiliki fasilitas aman dengan ombak buatan. Foto: Gmaps/Riska Russell

Terkenal dengan nama Pantai Tirto Samudro, Pantai Bandengan memiliki air laut yang jernih dan pasir putih. Garis pantainya yang cukup panjang memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas dengan leluasa. Alamatnya sendiri berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Berbagai wahana permainan air seperti banana boat, water jetpack, jetski dan water flying fish juga tersedia. bahkan ada juga ombak buatan untuk pengunjung yang tertarik belajar selancar. Terkadang, pemerintah daerah setempat juga mengadakan acara di pantai ini, seperti festival layang-layang.

Selengkapnya: Pantai Bandengan Jepara Tiket & Ragam Aktivitas

4. Pantai Bondo Bangsri Jepara

Pantai Bondo Basri yang terkenal dengan kebersihannya
Suasana senja yang memikat di Pantai Bondo Basri. Foto: Gmaps/azriyyah TV

Suasana yang tenang dan pemandangan indah berpadu dengan eksotisme senja merupakan pesona dari Pantai Bondo Bangsri. Wisatawan bisa dengan leluasa menikmati panorama pantai. Apalagi, garis pantai di sini sangat panjang dengan pasir putih yang menyelimutinya. Ombak di Pantai Bondo pun juga sangat landai. Sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Pantai Bondo Bangsri terkenal akan keasrian dan kebersihannya. Meski pesonanya tidak tidak diragukan lagi, namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Karena itulah, pantai yang terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara ini masih sangat alami. Selain itu, tempat ini juga jauh dari tumpukan wisatawan.

5. Pantai Empu Rancak

Ombak landai di Pantai Empu Rancak yang cukup aman bagi pengunjung untuk berenang
Pantai Empu Rancak yang cukup aman bagi pengunjung jika ingin berenang atau bermain di tepi pantai. Foto: Gmaps/Widodo Ramadyanto

Pantai yang berada di utara Jawa ini menawarkan pasir putih yang menawan. Lokasinya di Karanggondang, Kecamatan Mlonggo. Lebih tepatnya berjarak sekitar 15 Km dari Kota Jepara. Pantai satu ini paling pas dijadikan tujuan wisata bersama keluarga karena ombaknya yang tenang dan landai.

Anak-anak bisa bermain pasir di pantai, namun pastikan tidak jauh dari pengawasan orang tua. Pengunjung bisa bersantai di gazebo yang tersedia. Satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan, yaitu menyantap aneka kuliner seafood sambil menyaksikan pemandangan matahari terbenam dari bibir pantai.

6. Pantai Blebak

Pasir putih yang lembut di Pantai Blebak
Pasir pantai putih lembut, deburan ombak yang tenang dan fasilitas lengkap menjadikan Pantai Blebak tujuan yang tepat untuk liburan di Jepara. Foto: Gmaps/Lilik Widiyantoro

Pantai Blebak juga memiliki pasir putih yang lembut. Ombak yang landai memungkinkan pengunjung untuk bermain maupun berenang. Alamatnya di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pemandangan laut di sini pun terlihat bersih dan jernih, sehingga cukup menyenangkan untuk bermain air.

Berbagai fasilitas juga tersedia, seperti persewaan pelampung dan perahu kano. Jika ingin mengunjunginya, wisatawan hanya perlu menempuh 10 kilometer berkendara dari pusat Kota Jepara.

7. Pantai Semat Jepara

Memancing menjadi salah satu aktivitas terbaik di Pantai Semat
Memancing adalah salah satu aktivitas terbaik yang ditawarkan oleh Pantai Semat. Foto: Gmaps/Andriya Hartanto

Pantai Semat bisa dibilang sebagai salah satu pantai perawan di Jepara. Alasannya karena belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini. Air laut berwarna biru dan pemandangan yang memesona adalah daya tarik utamanya. Khususnya saat sore hari, pantai satu ini menyajikan pemandangan matahari terbenam yang memikat.

Bagi yang memiliki hobi memancing, Pantai Semat bisa menjadi salah satu tempat yang cocok. Menariknya, pengunjung bis memancing di bibir sungai. Spot lainnya yakni di jembatan kayu yang berada di sekitar pantai. Jika tertarik, langsung saja arahkan kendaraan ke Desa Semat, Kecamatan Tahunan, Jepara.

Selengkapnya: PANTAI SEMAT Tiket Masuk & Daya Tarik

Bagikan konten ke: