Beranda Tiket Wisata

PANTAI SODONG Tiket & Aktivitas Oktober 2021

Pantai SodongHarga Tiket: Rp6.500Jam Buka: 08.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, 53271

Pantai Sodong atau masyarakat setempat mengenalnya sebagai pantai selok. Sebuah pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Wisatawan akan disambut keindahan dari Gunung Selok yang sangat mempesona. Pantai Sodong tidak hanya digunakan sebagai tempat liburan semata namun destinasi ini juga menjadi wisata religi bagi sebagian orang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sodong

Para pengunjung lokal maupun mancanegara dapat memasuki Kawasan wisata ini dengan membayar sejumlah biaya antara lain:

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp6.500

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Cilacap

Jam Buka

Waktu yang paling disarankan untuk mengunjungi Pantai Sodong saat menuju matahari terbenam. Pada Saat itu langit akan menampilkan kecantikan di kawasan pantai dengan begitu sempurna. Berikut rincian waktu buka dan tutup Pantai Sodong adalah sebagai berikut:

Jam Buka Pantai
Setiap Hari08.00 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata di Pantai Sodong

suasana tenang di pantai sodong
Pantai sodong merupakan salah satu pantai favorit wisatawan yang berkunjung ke cilacap. Foto: Google Maps/Fitri Nurchoeriyah

Pantai Sodong menawarkan begitu banyak aktivitas menarik yang dapat wisatawan lakukan di sini. Beberapa diantaranya:

Goa Raja dan Goa Ratu

Pantai sodong tidak hanya digunakan sebagai tempat liburan saja. Namun kawasan ini juga menjadi tempat wisata religi bagi sebagian orang. Biasanya para pengunjung yang akan berwisata religi melakukan semedi ataupun ritual lainnya di dalam Goa.

Baca: Pantai TELUK PENYU Cilacap Tiket & Aktivitas

Goa tersebut tak jauh dari kawasan Pantai Sodong. Para pengunjung lainnya yang sekedar ingin tahu bisa mengunjungi goa tersebut. Inilah gua yang dapat di kunjungi wisatawan yaitu Goa Raja dan Goa Ratu.

Wisatawan yang mengunjungi goa harap tetap menjaga sopan santun. Hal ini bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dan menghormati sesuatu yang ada di dalamnya.

Deretan Indah Pohon Cemara

Deretan Pohon Cemara Di Pantai Sodong
Seberkas cahaya matahari terbenam membuat keindahan pohon cemara semakin indah – Foto : Google Maps/Iqbal f

Jika berkunjung ke kawasan pantai ini, wisatawan tidak hanya dimanjakan akan pemandangan pantai saja. Namun kawasan Pantai Sodong juga menawarkan keindahan dari pepohonan cemara. Para pengunjung dapat melihat deretan indah pohon cemara mulai dari gerbang masuk kendaraan.

Baca: Pantai Cemara Sewu Cilacap Tiket & Ragam Aktivitas

Bagi yang ingin berfoto di deretan pohon cemara dapat menggunakan bangku dan ayunan yang tersedia. Properti tersebut diadakan oleh masyarakat sekitar. Untuk menggunakan fasilitas tersebut wisatawan akan dikenakan biaya. Tidak terlalu mahal jika di bandingkan hasil yang akan didapatkan.

Berpiknik di Tepi Pantai

Berpiknik bersama keluarga di pantai adalah pilihan yang terbaik. Semilir angin dan pasir yang halus akan membuat anak-anak senang berlari kesana dan kemari. Para pengunjung Pantai Sodong biasanya akan melakukan aktivitas berpiknik di sekitar kawasan pantai.

Para pengunjung bisa membawa sejumlah peralatan dan makanan saat ke pantai. Tujuannya adalah menghabiskan waktu bersama keluarga dengan suasana berbeda. Anak-anak pun bisa bermain pasir di sekitar pantai.

Baca: Benteng Pendem Cilacap Wisata Sejarah Era Kolonial

Jika pengunjung tidak membawa sejumlah perlengkapan yang diperlukan saat piknik. Masyarakat sekitar telah menyediakan sejumlah pondokan untuk disewa. Harga yang diberikan pun tidak terlalu mahal.

Berenang

Berenang di area pantai merupakan aktivitas pertama yang akan dilakukan oleh setiap pengunjung. Namun Pantai Sodong memiliki jenis ombak yang terbilang besar dan tidak dapat diprediksi. Selain itu, telah terjadi banyak kasus tenggelam di area pantai akibat deburan ombak yang begitu besar. Pemerintah akhirnya menerapkan larangan berenang di area pantai bagi para pengunjung.

Pemerintah memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi melalui fasilitas kolam renang. Fasilitas tersebut dapat digunakan para pengunjung dengan leluasa. Lokasi kolam renang yang disediakan tak jauh dari area Pantai Sodong. Solusi ini sangatlah bermanfaat sebab para pengunjung tetap bisa merasakan keindahan Pantai Sodong.

Area Kolam renang ini tidak menyediakan penyewaan barang seperti pelampung atau baju renang. Para pengunjung disarankan untuk membawa peralatan renang sendiri dari rumah.

Baca: WADUK KUBANGKANGKUNG Cilacap Tiket & Ragam Aktivitas

Wisata Kuliner

Bagi para pengunjung yang tidak mau ambil pusing untuk melakukan piknik. Pilihan untuk makan di warung lokal adalah solusi terbaik. Makanan ringan hingga makanan berat tersaji dengan lengkap. Tempe mendoan khas cilacap dan tahu selalu jadi primadona di setiap warungnya.

Beberapa warung lokal juga menyediakan makanan laut yang akan memanjakan lidah para pengunjung. Bagaimana tidak mencicipi hidangan laut sambil menikmati pemandangan pantai memberikan sensasi menyenangkan. Harga yang diberikan tidaklah mahal dan tergolong murah untuk jenis hidangan laut.

Memancing Di Muara Sungai Pantai Sodong

Berfoto unik dengan menggunakan jembatan bambu - Martin fajar T.A
Jembatan bambu yang digunakan sebagai spot foto dan area memancing – Foto : Google Maps/Martin fajar T.A

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia kemudian memiliki muara sungai. Dua hal yang membuat Pantai Sodong semakin menarik di mata para pengunjungnya. Beberapa pengunjung terkadang memilih untuk memancing area muara sungai untuk merasakan pengalaman yang berbeda.

Biasanya para pengunjung akan melakukan aktivitas memancing di jembatan bambu yang di telah sediakan. Jika memasuki area ini para pengunjung harus mengeluarkan sejumlah biaya yang tergolong sangat murah.

Area memancing ini tidak menyediakan penyewaan perlengkapan memancing. Para pengunjung yang ingin menikmati sensasi memancing di muara sungai Pantai Sodong harus membawa peralatan sendiri dari rumah.

Bermain Motor ATV

Bermain Motor ATV di Pantai Sodong - Fathur Rohman
Menikmati semilir angin dan hembusan ombak menggunakan Motor ATV – Foto : Google Maps/Fathur Rohman

Bermain motor ATV adalah aktivitas yang selalu menjadi primadona kala pengunjung ingin merasakan semilir angin pantai. Adrenalin yang dipacu dari permainan ini yang membuatnya semakin seru dan menyenangkan.

Masyarakat sekitar menyediakan penyewaan motor ATV di sekitar kawasan pantai. Para pengunjung hanya perlu memilih motor ATV yang disukainya. Harga ditawarkan cenderung sama dengan peraturan penggunaan dari motor ATV sekitar 10 menit.

Naik Delman di Tepi Pantai

Bagi para pengunjung yang tidak bisa menggunakan motor ATV atau tidak memiliki nyali menggunakannya. Masyarakat sekitar memberikan solusi lainnya yaitu menaiki delman di area pantai. Penyewaan delman pun bisa para pengunjung temukan di kawasan pantai.

Harga yang diberikan untuk aktivitas delman sama seperti motor ATV yang membedakannya hanya pada waktu penggunaan. Para pengunjung yang menaiki delman tidak dibatasi akan waktu. Namun kondisi kawasan pantai yang tidak terlalu luas membuat para pengunjung hanya sebentar saja menaiki delman.

Fasilitas

Destinasi wisata Pantai Sodong menawarkan berbagai macam fasilitas untuk menambah kenyamanan. Beberapa fasilitas yang ada antara lain parkir mobil dan motor, mushola, dan toilet umum.

Rute & Lokasi Pantai Sodong

Objek wisata pantai ini berlokasi di Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53271. Berjarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota Cilacap. Bisa ditempuh dalam waktu 40 menit berkendara.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca