Beranda Tiket Wisata

PANTAI KARTINI Tiket & Ragam Atraksi – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Kartini : Rp5.000 - Rp8.000Jam Buka: 07.00 WIB - 19.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Rw. IV, Bulu, Jepara, Jepara, Jawa Tengah , Indonesia, 59418

Pantai Kartini adalah wisata pantai di utara Jawa Tengah atau tepatnya berada di Kabupaten Jepara. Pantai ini juga menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Jepara bersama dengan Pantai Bandengan. Letaknya tidak jauh dari pusat kota hanya berjarak kurang lebih 2,5 km dari kantor bupati Jepara.  Selain sebagai tempat wisata, kawasan pantainya juga merupakan jalur transportasi laut untuk menuju ke Karimun Jawa.

Ciri khas dari Pantai Kartini adalah adanya patung penyu raksasa yang bernama Kura-kura Ocean Park. Di dalam patung tersebut terdapat bangunan dua lantai yang berisi berbagai wahana yang menarik. Ciri khas lainnya adalah adanya dermaga berbentuk melingkar. Dermaga tersebut menjadi spot favorit yang biasa digunakan wisatawan untuk berfoto.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini

Untuk masuk ke obyek wisata Pantai Kartini, wisatawan cukup membayar tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Ada sedikit perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan. Selain itu ada juga biaya sendiri untuk masuk wahana Kura-kura Ocean Park.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini
Hari biasa Rp5.000
Akhir pekan/Hari libur nasional Rp8.000
Tiket masuk Kura-kura Ocean Park
Anak-anak Rp15.000
Dewasa Rp20.000

Baca: PULAU PANJANG Jepara: 5 Aktivitas Wisata Seru

Jam Buka Pantai Kartini

Jam operasional pantai sangat panjang karena waktu bukanya dari pagi hingga malam hari. Namun waktu favorit berkunjung pada saat siang atau sore hari.

Jam buka
Setiap hari 07.00 WIB – 19.00 WIB

Pesona Alam Sekaligus Wisata Edukasi

Gedung Kura-kura di pantai kartini
Salah satu ikon di pantai kartini yaitu gedung kura-kurang yang berisi akuarium dan berbagai wahana edukasi. Foto: Google Maps/Gloria G

Pantai kartini menjadi ikon dari Kabupaten Jepara karena berbagai keunggulannya. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Hamparan laut biru dengan kapal yang berlalu lalang menjadi pemandangan khas di tepi pantai. Hal ini karena tak jauh dari pantai merupakan dermaga kapal yang akan berangkat ke Karimun Jawa.

Selain wisata bahari kawasan wisata pantainya bisa juga menjadi wisata edukasi bagi anak-anak. Karena di tempat ini ada Kura-Kura Ocean Park yang menyimpan berbagai jenis koleksi ikan. Selain ikan, ada juga koleksi penyu dengan berbagai ukuran. Wahana di pantai Kartini memang  lebih banyak untuk anak-anak, mulai dari kereta mini hingga taman bermain.

Baca: Pantai BONDO Tiket & Ragam Aktivitas

Beragam Spesies Hewan Laut di Kura-Kura Ocean Park

Kura-kura ocean park memiliki berbagai koleksi hewan laut yang bisa dilihat dari dekat. Foto: gmaps/Ernina Martiningrum

Wahana andalan di Pantai Kartini adalah Kura-Kura Ocean Park. Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini memiliki banyak hal menarik. Di lantai pertama wisatawan akan melihat akuarium raksasa dengan berbagai koleksi makhluk-makhluk laut. Ikan hingga penyu dengan berbagai macam ukuran ada di akuarium ini.

Sementara di lantai dua, terdapat banyak pertunjukan ilmu pengetahuan yang mengedukasi. Di sini tersedia juga berbagai wahana mulai dari Papan Kreatif, Air Mancur Melayang, Peraga Sensor Tepuk dan sensor gerak. Selain itu wisatawan juga bisa melihat teater di lantai dua Kura-Kura Ocean Park. Teater ini menayangkan berbagai film menarik yang bertema edukasi tentang alam.

Baca: PANTAI PUNGKRUK Tiket & Ragam Aktivitas

Spot Foto yang Instagramable

Pantai dengan dermaga untuk pemberhentian kapal
Spot foto favorit adalah dermaga. di tempat ini wisatawan bisa berfoto dengan pemandangan laut lepas dan perahu yang berlalu-lalang. Foto; gmaps/Widi Riswanto

Di Pantai Kartini ada beberapa spot yang menjadi favorit untuk berfoto, salah satunya adalah di dermaganya. Dermaganya cukup unik dengan ciri khas bentuknya yang melengkung. Di bagian dermaga juga ada tiga bangunan seperti pendopo yang semakin menambah keunikannya. Pemandangan dari dermaga ini pun sangat cantik, terutama ketika senja.

Bersepeda Keliling Pantai

Di obyek wisata pantai ini tersedia penyewaan sepeda. Wisatawan dapat berkeliling area pantai dengan menggunakan sepeda. Biaya sewanya sangat terjangkau serta tanpa batas waktu. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, bersepeda sambil menikmati panorama pantai.

Baca: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Jepara

Menikmati Sunset

Pemandangan sunset di Pantai Kartini
Bersantai di kala senja sambil menikmati sunset bisa menjadi pilihan jika berada di Pantai Kartini. Foto: gmaps/Putri

Meski Pantai Kartini bukan spot favorit dalam menikmati momen sunset, namun ketika langit cerah pemandangan senja yang ada di pantai ini tak kalah cantik. Untuk menikmati momen senja biasanya ditemani oleh minuman atau camilan yang bisa dengan mudah ditemukan.

Naik Perahu ke Pulau Panjang

Di sekitar pantai tersedia banyak perahu penumpang yang siap mengantarkan wisatawan ke Pulau Panjang. Untuk ke Pulau Panjang  tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 15 menit perjalanan. Selain itu tarifnya pun cukup terjangkau.

Di Pulau Panjang wisatawan bisa menikmati daratan yang masih asri dengan pantai pasir putih dan ombak yang tenang.

Berbelanja Ikan

Di Pantai Kartini terdapat tempat pelelangan Ikan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Di sini para wisatawan bisa berbelanja berbagai jenis ikan laut. Harganya pun akan lebih murah karena ikan di dijual langsung oleh nelayan dan tanpa perantara lagi.

Tradisi Lomban

Masyarakat di pantai Kartini punya tradisi unik yang berlangsung setiap tahunnya yaitu Lomban. Tradisi ini biasa terlaksana pada tanggal 7 Syawal atau sepakan setelah hari raya Idul Fitri. Acara ini merupakan bentuk ucapan rasa syukur para nelayan kepada Tuhan atas rezeki dan keselamatan saat melaut.

Berbagai atraksi dan hiburan rakyat berlangsung di sekitar pantai ketika acara Lomban. Orkes musik, tong setan, topeng monyet dan keseruan lain selama seharian. Wisatawan dari luar daerah pun bisa ikut menyaksikan acara ini.

Fasilitas Pantai Kartini

Sebagai ikon pariwisata di Kabupaten Jepara, maka pantai Kartini sangatlah tertata termasuk dalam hal fasilitas. Di pantai ini fasilitasnya sangat lengkap mulai dari parkiran, toilet, mushola hingga gazebo. Sementara untuk fasilitas hiburan tambahan ada taman bermain anak-anak hingga spot-spot foto menarik.

Lokasi Pantai Kartini

Pantai Kartini berlokasi di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Jepara. Lokasinya sangat strategis karena tidak jauh dari pusat kota Jepara. Jarak dari pusat kota Jepara ke kawasan pantai sekitar 5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 24

Berikan Rating