Beranda Tiket Wisata

GUNUNG HALIMUN SALAK Tiket & Wahana - Juli 2021

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Malasari, Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, -.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau TNGHS adalah destinasi wisata alam di Jawa Barat. Lahan TNGHS menduduki sebagian Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Kawasan ini juga merupakan habitat terlindungi bagi beragam flora dan fauna.  Ada banyak objek wisata menarik yang dapat dijumpai di dalamnya. Oleh karena itu, TNGHS bisa jadi pilihan berlibur yang ramah bagi keluarga.

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

TN Gunung Halimun Salak mematok tarif tiket masuk yang terjangkau bagi wisatawan lokal. Tarif ini belum termasuk tiket objek wisata yang ada di dalam kawasannya. 

Tiket Masuk
Tiket Masuk TNGHS Rp10.000
Tiket Masuk Ranggon Hills Rp10.000
Canopy Trail Rp15.000 per orang
Rp25.000 rombongan 

Baca: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Wisatawan dapat mengunjungi TNGHS kapan saja. Destinasi wisata ini terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Beberapa objek wisata di dalamnya memberlakukan jam operasional yang berbeda.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Wisatawan diajak menyusuri lembah-lembah
TNGHS merupakan salah satu destinasi terbaik bagi para pecinta alam karena menawarkan arena yang luas untuk penjelajahan dan eksplorasi alam – Foto: Google Maps/F Arizqy Suryabhinay

Taman Nasional Gunung Halimun Salak secara resmi memiliki luas lahan sekitar 40.000 hektar. Kawasan ini termasuk dalam tiga kabupaten, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Sebelum penetapannya sebagai taman nasional, kawasan ini merupakan cagar alam.

Taman nasional ini meliputi hutan hujan tropis terluas di Pulau Jawa. Sebagian besar area merupakan habitat alami berbagai flora dan fauna. Tidak heran jika tempat ini menjadi pusat penelitian yang penting.

Di sisi lain, taman nasional ini juga menyediakan sejumlah objek wisata. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini sangat bervariasi. Wisata alam atau ekowisata tentunya jadi daya tarik utama. Wisata alam ini meliputi jelajah alam, camping, outbond, hingga agrowisata. Di samping itu, ada juga objek wisata sejarah dan budaya yang tak kalah menarik.

Baca Juga: TN Gunung Gede Pangrango Tiket & Aktivitas

Jelajah Alam

Jembatan gantung di Canopy Trail
Canopy Trail merupakan sarana rekreasi yang akan mengajak wisatawan mengeksplorasi hutan dan seisinya dari ketinggian hingga 2 meter – Foto: Google Maps/Sofyan

Berwisata di TN Gunung Halimun Salak berarti menikmati rekreasi di tengah alam bebas. Destinasi wisata ini menawarkan sejumlah kegiatan menarik terutama bagi para pecinta alam. Sebagian besar kegiatan berlangsung di dalam hutan. Tujuannya tidak lain untuk mengenal habitat alami aneka flora dan fauna.

Salah satu kegiatan yang rasanya sayang jika terlewat yaitu menelusuri Canopy Trail. Fungsi utama sarana ini sebenarnya adalah lokasi pengamatan fauna. Fasilitasnya meliputi rangkaian jembatan gantung di ketinggian 25 meter. Panjang treknya mencapai 125 meter melewati pepohonan tinggi. Pengunjung akan dibawa menyusuri jembatan gantung yang cukup menegangkan.

Jika beruntung, hewan seperti owa atau elang jawa bisa terlihat dari sini. Lebih menarik lagi jika penjelajahan dilakukan pada malam hari. Di tengah kegelapan, pengunjung akan mendapat sambutan cahaya ribuan kunang-kunang dan glowing mushroom.

Baca Juga: RANGGON HILLS Wisata Selfie Di Gunung Salak

Eksplorasi Curug

Kolam berundak Curug Balong Endah
TNGHS menyimpan puluhan curug atau air terjun alami, salah satunya adalah Curug Balong Endah dengan kolam berundak dan air yang jernih – Foto: Google Maps/muhamad maulana

Bukan rahasia lagi bahwa kawasan Gunung Halimun Salak menyimpan banyak air terjun alami. Kawasan ini memang merupakan hulu dari sungai-sungai yang mengalir di Jawa Barat. Maka dari itu, banyak curug dengan aliran air yang jernih di sini.

Gunung Salak merupakan tempat berkumpulnya berbagai curug cantik dan memesona. Sebut saja Curug Nangka, Curug Cigamea, dan Curug Seribu di Pamijahan. Selain itu, masih ada Curug Piit di Desa Malasari dan Curug Citangkolo di Desa Mekarjaya.

Sedangkan Curug Balong Endah adalah salah satu air terjun yang populer di kawasan TNGHS. Curug ini memiliki ciri khas kolam berundak. Airnya terkenal amat jernih dan berwarna biru-kehijauan. Waktu paling tepat untuk berkunjung ke curug di tengah hutan ini adalah saat menjelang musim hujan.

Baca Juga: BUKIT PANORAMA GSE Tiket & Aktivitas

Wisata Belerang

Kawah Ratu yang memesona masih di area Gunung Halimun Salak
Sungai yang mengalirkan air panas di sekitar Kawah Ratu – Foto: Google Maps/Eko Ajiwibowo

TNGHS juga menyajikan pemandangan eksotis yang bisa terlihat di Kawah Ratu. Kawah Ratu adalah bekas letusan Gunung Salak di tahun 1938. Kawah ini menampung air panas yang mengandung belerang. Pemandangan sekitar kawah tampak spektakuler karena diwarnai jejak-jejak endapan belerang. 

Di kaki Gunung Salak, terdapat sejumlah objek wisata pemandian air panas alami. Beberapa di antaranya adalah Pemandian Air Panas Ciparay dan Gunung Malang. Di Ciparay khususnya, pengunjung bisa berendam dengan suasana alam terbuka. 

Selfie Kekinian

Pengunjung berpose di salah satu spot foto di Ranggon Hills Gunung Halimun Salak
Ranggon Hills memadukan keindahan alam dengan tren wisata selfie untuk menarik minat pengunjung dari kalangan muda menikmati keindahan sebagian TNGHS dengan gaya kekinian – Foto: Google Maps/Sriwidia Astuti

Tren wisata selfie rupanya turut mampir ke kawasan TNGHS. Ada Ranggon Hills dan Bukit Halimun di sekitar Gunung Salak. Keduanya menyajikan aneka gardu pandang dengan sajian pemandangan indah sebagai spot berfoto. 

Ranggon Hills adalah spot wisata selfie yang tidak pernah sepi. Tempat wisata keluarga ini menawarkan wahana rekreasi sekaligus berfoto yang menguji adrenalin. Misalnya, wahana sepeda gantung dan karpet terbang. Ada juga spot kursi melayang yang jadi favorit pengunjung lainnya.

Fasilitas TNGHS

Fasilitas yang ada di TNGHS di antaranya penginapan, musala, dan camping ground. Hampir semua objek wisata di dalamnya dilengkapi fasilitas yang memadai. Sarana seperti toilet, area parkir, musala, dan kantin bisa dijumpai dengan mudah.

Lokasi TN Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak terletak di perbatasan Jawa Barat dan Banten.  Sedangkan Canopy Trail terletak di Cikaniki Research Center, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Sementara objek wisata lain berada di Gunung Salak, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini