Indonesia memiliki banyak gunung, baik gunung berapi aktif maupun yang sudah mati. Bagi para pendaki, tentu sudah akrab dengan gunung yang ada di Indonesia. Tak terkecuali Gunung Gede Pangrango.

Gunung ini termasuk dalam lingkup Taman Nasional Pangrango. Yang mana menjadi salah satu taman nasional di Indonesia sejak 1980. Hingga saat ini, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), masih menjadi favorit pendaki.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Harga tiket masuk ke TNGGP sangatlah murah. Bahkan, di dalamnya terdapat objek wisata lain yang dapat dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Melalui Cibodas
Pendakian Akhir PekanRp34.000
Pendakian Hari BiasaRp29.000
Pendakian Hari Biasa PelajarRp17.500
Pendakian Akhir Pekan – PelajarRp20.500
Jasa Wisata Hari BiasaRp29.000
Trekking Hari BiasaRp17.500
Kemah Akhir PekanRp20.500
Wisata CibereumRp18.500
Canopy WalkRp40.000
Wisata Air PanasRp18.500
Melalui Mandalawangi
Tiket MasukRp13.500
KemahRp27.500

Baca: Mandalawangi Cibodas Tiket & 5 Aktivitas Wisata Alam

Jam Operasional Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk dapat memasuki objek wisata TNGGP, tidak terbatas waktu. Biasanya, pendaki akan berangkat di malam atau sore hari. Hal ini dilakukan agar bisa mencapai puncak pada saat matahari terbit.

Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Gmap/Abhi Supryandi

Gunung Gede Pangrango adalah gunung yang ada di Jawa Barat. Besarnya gunung ini mencakup hingga tiga wilayah. Yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.

Ketinggian Gunung Gede mencapai 1.000 – 3.000 mdpl. Yang mana masuk dalam Taman Nasional Pangrango. Untuk masuk ke objek wisata, dapat melalui beberapa tempat, diantaranya Mandalawangi dan Cibodas.

Berada di puncak gunung, pengunjung akan disambut dengan hawa yang sangat dingin. Suhu rata – rata di siang hari 18 derajat, sementara malam hari 5 derajat. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di obyek wisata ini.

Baca: Situs Gunung Padang Cianjur Tiket & 5 Daya Tarik Wisata

1. Menikmati Keindahan Telaga Biru

Telaga biru di Gunung Gede
Telaga Biru Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Google Maps/Edwin Djaja

Pendakian di gunung ini dapat dilakukan kapan saja. Jika ingin mengejar matahari terbit, bisa mendaki mulai dari sore atau malam. Namun, jika ingin berkemah, dapat mulai mendaki di pagi hari.

Perjalanan menuju puncak akan disuguhi berbagai pemandangan alam nan indah. Salah satunya adalah Telaga Biru. Danau kecil seluas 5 hektar di ketinggian 1.575 mdpl.

Ketika diterpa sinar matahari, warna air danau akan tampak biru jernih. Warna biru ini berasal dari kandungan ganggang biru di dalam danau. Sehingga membuatnya tampak begitu mempesona.

2. Air Terjun Cibeureum dengan Lumut Merah yang Khas

Air Terjun Cibeureum
Air Terjun Cibeureum. Foto: Gmap/Syibli Abu Rasyid

Berjarak sekitar 2,8 km dari pintu gerbang jalur Cibodas, terdapat Air Terjun Cibeureum. Air terjun setinggi 50 meter ini memiliki air yang jernih dan dingin. Pengunjung dapat berenang, mandi, atau sekedar bermain di bawah air terjun.

Kesegaran air terjun dapat melunturkan rasa lelah setelah perjalanan mendaki yang panjang. Dan tentu saja, berfoto adalah pilihan tepat sambil bersantai di bawah air terjun.

Uniknya, di bawah Air Terjun Cibeureum terdapat sejenis lumut berwarna merah. Lumut ini hanya tumbuh di sekitar air terjun saja. Inilah mengapa lumut merah ini disebut istimewa, karena menjadi tumbuhan endemik di sini.

3. Melepas Penat dengan Air Panas Gunung Gede Pangrango

Sumber Air
Sumber Air Panas Gunung Gede Pangrango. Foto: Gmap/Aditya Nugroho

Selain Air Terjun Cibeureum, di sini juga terdapat sumber air panas alami. Lokasi air panas ini berada kurang lebih 5,3 km dari pintu masuk jalur Cibodas. Jika ditempuh dengan berjalan kaki, memakan waktu sekitar 2 jam.

Air panas ini berasal dari sumber mata air alami. Lokasinya tepat berada di tengah jalur pendakian. Inilah mengapa disediakan tali bagi pendaki untuk berpegangan.

Karena berada di tengah jalur, sebaiknya tidak mandi berlama – lama di sini. Jika ingin menikmati, pengunjung dapat mencuci muka atau membasuh kaki dan tangan saja.

4. Berkemah di Kandang Batu dan Kandang Badak

berkemah di gunung gede
Berkemah di TNGGP bisa dilakukan di beberapa lokasi. Foto: Google Maps/Mahard Sam

Jika ingin berkemah, disediakan tempat mendirikan tenda bernama Kandang Batu dan Kandang Badak. Selain untuk kemah, di tempat ini juga menjadi lokasi pengamatan flora dan fauna.

Berada di ketinggian 2.220 mdpl, lokasi ini dapat ditempuh dengan jarak 7,8 km. Jika berjalan kaki, dapat memakan waktu selama 3,5 jam.

5. Keindahan Panorama di Kawah Gunung Gede Pangrango

Di Puncak Gunung Gede, terdapat panorama yang begitu indah. Matahari terbit dan terbenam sangat indah disaksikan dari sini. Ditambah lagi pemandangan kota Cianjur, Bogor, dan Sukabumi yang terlihat jelas.

Di puncak ini terdapat 3 Kawah Gunung Gede. Diantaranya Kawah Lanang, Kawah Ratu, dan Kawah Wadon. Semuanya berada di ketinggian 2.958 mdpl, atau berjarak 9,7 km dari Cibodas.

Baca: Wisata Panorama Pabangbon Tiket & 5 Spot Foto Cantik

6. Alun – Alun Suryakencana yang Misterius

Di ketinggian 2.750 mdpl terdapat tempat bernama Alun – Alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar ini ditutupi oleh hamparan bunga edelweis yang begitu indah.

Namun, keindahan ini begitu misterius karena menurut kesaksian, terdapat suara misterius yang terdengar. Suara misterius berupa deru kaki kuda yang berlarian.

Lokasi dan Kontak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Obyek wisata ini berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dapat menghubungi nomor telepon di 0263-512-776 atau email di info@gedepangrango.org.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.