7 Rekomendasi Cafe Estetik Di Malang

Kota Malang yang menjadi salah satu tujuan pendidikan di Jawa Timur. Tak heran jika memiliki banyak cafe kekinian yang estetik. Selain keindahan alamnya, beragam cafe ini menjadi salah satu alternatif wisata kuliner di Malang. Agar tidak salah pilih, berikut 7 rekomendasi cafe yang estetik buat nongkrong di Malang:

1. Cafe Bukit Delight Malang

Suasana sore di Bukit Delight
Suasana sore di Bukit Delight. Foto: Instagram/Bukitdelight

Berlokasi di dekat kampus UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), cafe ini sangat populer di kalangan anak muda di kota Malang. Salah satunya karena pemandangan Gunung Arjuno terlihat jelas dari area cafe. Baik yang memilih duduk di dalam maupun di luar.

Area yang menjadi favorit tentu saja duduk beratapkan langit nan romantis. Apalagi ketika menjelang sore hingga malam. Nikmati langit sore yang indah, semburat matahari terbenam di balik gunung, kemudian malam datang dengan sambutan lampu kota.

Sementara menunya sendiri menyajikan beragam makanan ringan maupun berat. Coba pesan aneka kudapannya seperti Risol, Pancake, Roti Bakar, Pisang Goreng dengan berbagai rasa dan topping, atau Wings Delight untuk yang gurih. Jika ingin makanan yang lebih berat, wajib coba Chicken Rice Barbeque atau Blackpepper Beef Burger. Atau lebih suka selera nusantara, jangan lewatkan Nasi Lalapan dengan berbagai lauk, mulai dari ati ampela, belut, lele hingga ayam.

Baca: TAMAN LANGIT Malang Tiket & Spot Foto

2. Indigo Cafe & Bistro Malang

Wahana foto kincir angin di Indigo Cafe Malang
Salah satu spot estetik di Indigo Cafe & Bistro. Foto: Instagram/Indigocafemlg

Berlokasi di daerah Mulyoagung, Malang, cafe ini memiliki area indoor dan outdoor yang sama estetiknya. Area indoor biasanya menjadi pilihan ketika datang di siang hari dan cuaca Malang sedang panas-panasnya. Namun yang menjadi favorit adalah di area outdoor. Selain karena panorama Gunung Arjuno, juga terdapat banyak area foto yang instagramable. 

Di akhir pekan yang ramai, pengunjung harus ekstra sabar mengantre untuk bisa puas berfoto di setiap wahana. Jika datang di malam hari, sebaiknya pakai jaket karena angin dingin Malang bertiup cukup kencang.

Menu yang tersedia cukup lengkap dengan makanan ringan seperti Roti Bakar, Siomay dan Batagor, dan aneka gorengan. Sedangkan untuk makanan yang lebih berat, yang menjadi favorit  adalah bakwan Malang dan Nasi Goreng Tumpeng dari menu nusantaranya. Kemudian untuk menu western ada Chicken Cordon Bleu yang tersaji dengan jamur, keju mozarella, and saus istimewa khas Indigo Cafe.

Baca: LEMBAH INDAH Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Wisata Populer Malang

3. Golden Heritage Koffie

Suasana di bagian indoor Golden Heritage Koffie
Suasana di bagian indoor Golden Heritage Koffie. Foto: Instagram/Ghkoffie

Cafe yang berlokasi di Jalan Raya Tidar, Malang ini buka mulai jam 7 pagi. Banyak yang datang untuk menikmati sarapan yang lebih mewah dari nasi pecel komplit. Coba pesan Mini Bolognese Pizza atau Honey Sesame Chicken yang porsinya cukup besar untuk sarapan.

Sementara untuk kopinya, dapat memesan yang spesial khas cafe ini, yakni Nitro Cold Brew Coffee, Vietnam Drip Coffee, atau Pour Steady Coffee. Semuanya digiling manual di tempat, yang menjadi tontonan yang menghibur bagi pengunjung.

Yang unik dari cafe ini adalah suasana cafe yang seperti pabrik. Ruangannya luas dan terbuka, serta mempunyai langit-langit yang tinggi. Jendela kaca besar di bagian atas membuat cahaya masuk dengan bebas ke dalam. Inilah yang memberikan efek estetik berupa siluet terutama di sore hari. Ternyata cafe ini memang memanfaatkan gedung eks pabrik yang sudah lama tidak terlantar. Itulah sebabnya cafe ini memiliki tagar #ngopidipabrik.

Baca: SUMBER MARON Malang: Tiket & Daya Tarik

4. Cafe Bataputi Coffee House Malang

Area outdoor yang estetik di Cafe Bataputi Coffee House Malang
Area outdoor yang estetik di Bataputi Coffee House. Foto: Instagram/Bataputicoffee

Kalau sedang di daerah Araya, Malang, harus mampir ke Bataputi Coffee House. Cafe estetik dengan dominasi warna putih ini memiliki area dalam dan ruang ruang. Uniknya di bagian dalam mempunyai konsep terbuka dengan jendela-jendela besar. Jendela ini tidak pernah tertutup dan tanpa sekat ruang.

Sedangkan di bagian outdoor, kursi dan meja tertata rapi di antara tanaman yang asri. Waktu yang paling tepat untuk menikmati suasana di Bataputi Coffee House antar jam 3-6 sore. Karena Cuaca tidak lagi panas, dan angin semilir kota Malang akan menemani acara makan dan ngopi cantik.

Cafe ini menyajikan makanan ala western baik makanan ringan  maupun berat. Makanan ringan yang menjadi favorit pengunjung di antaranya Salted Egg Fries, Potato Wedges, dan Chocolate Toast. Tapi kalau ingin makan makanan yang lebih berat, coba pesan Fettucini Carbonara, untuk yang menyukai menu Italia. Atau Nasi Ayam Telur Asin, untuk selera nusantara. Sedangkan minumannya wajib mencoba menu Hot Green Tea Latte, Cone Latte, dan Ice Cube Coffee Latte.

Baca: MALANG NIGHT PARADISE Tiket & Wahana

5. Gartenhaus Co-working Space

Salah satu sudut di Gartenhaus Co-working Space
Salah satu sudut di Gartenhaus Co-working Space. Foto: Instagram/Gartenhaus_co

Sesuai namanya co-working space, cafe ini sebenarnya diperuntukkan untuk tempat bekerja. Tapi dengan konsep taman yang suasananya lebih kasual. Ditambah dengan adanya hewan peliharaan seperti kucing dan kelinci yang bebas berkeliaran. Menjadikan suasana bekerja jadi tidak terlalu terasa kaku. Jika mencari tempat bekerja yang butuh ketenangan, sepertinya cafe ini bukan merupakan pilihan utama.

Berlokasi di daerah Jatimulyo, Malang, cafe ini menyediakan menu bertema western. Misalnya minuman favorit Ice Coffee Cubes, Tropical Punch, atau minuman rempah Jagaraga. Sementara makanannya bisa memesan Rice Bowl Dori, Cheese Pocket, Butter Sweet Rice, dan Reis Kuken Sambal Matah.

Baca: SELECTA MALANG Tiket & 7 Wahana Keren

6. Java Dancer Coffee Roaster

Nuansa tradisional Jawa yang kental di Cafe Java Dancer Coffee Roaster Malang
Nuansa tradisional Jawa yang kental di Java Dancer Coffee Roaster. Foto: Instagram/Java.Dancer

Buat yang menyukai nuansa tradisional, cafe ini bisa menjadi pilihan karena memiliki konsep yang kental dengan budaya Jawa. Furnitur dan pernak-pernik dekorasi juga berbahan kayu dan mempunyai kesan yang jadul, identik dengan nuansa Jawa. Berlokasi di daerah Klojen, Malang, bangunannya terbuka tanpa jendela dan pintu. Sehingga sirkulasi udara sangat baik.

Tidak hanya konsep interior, menu makanan cafe ini juga mengangkat tema nusantara. Menggunakan tagline The Flavour of Nusantara. Pengunjung dapat memilih mulai dari Rawon, aneka Soto dan Sate, komplit dengan nasi, krupuk, dan sambalnya. Kemudian untuk makanan ringan pengunjung dapat memesan Tempe Mendoan, Tahu Gejrot, Tahu Aci, atau Pisang Bakar Coklat Keju.

Baca: BATU NIGHT SPECTACULAR BNS Malang Tiket & 10 Wahana Keren

7. Madame Wang Secret Garden

Yang estetik dari Madame Wang Secret Garden
Yang estetik dari Madame Wang Secret Garden. Foto: Instagram/Madamewangsecretgarden

Satu lagi cafe estetik di Malang yang berlokasi di daerah Klojen, Malang. Cafe ini memiliki konsep cafe taman, dengan dekorasi antik yang cantik. Meja kursi dengan model klasik, lampu gantung yang jadul, dan tanaman rambat yang memberi kesan romantis. Meski banyak ornamen yang jadul, nuansa yang didapat adalah klasik yang elegan. Ditambah dengan suasana Malang yang adem, makan di cafe ini seperti sedang berada di dunia yang berbeda.

Menu makanannya lengkap. Bagi yang ingi makan berat bisa memesan misalnya Mushroom Katsu Hotplate dan Nasi Goreng Sambal Matah. Buat penyuka Gelato, cafe ini mempunya pilihan toping hingga sepuluh varian, mulai dari kismis hingga keju. Tidak hanya itu, cafe ini juga membuat aneka kue-kue dengan bentuk hewan untuk menarik minat anak-anak. Misalnya Puppy Choco Mousse yang berbentuk anjing, atau Bunny Cake yang berbentuk kepala kelinci.

Bagikan konten ke: