Taman Selecta Malang
Taman Selecta Malang salah satu tempat wisata malang yang cocok untuk keluarga.

Wisata alam malang masih menarik minat pengunjung baik dalam maupun luar daerah. Dengan bentang alam dan udara yang sejuk tepat rasanya memilih kota wisata ini menjadi tujua. Salah satu yang menjadi destinasi favorit wisatawan ketika di Malang adalah Taman Selecta Malang.

Konsep yang dikembangkan merupakan taman atau kebun bunga dengan berbagai macam jenis bunga. Aneka warna dan harum bunga menjadi ciri khas yang bisa ditemukan di area wisata ini. Selain itu, keberadaan fasilitas lainnya pun menambah kesempurnaan area wisata ini sebagai destinasi favorit.

Suasana Taman Selecta Malang

Nama Taman Selecta Malang ini diambil dari bahasa Belanda. Kata bahasa Belanda “Selectie” yang artinya pilihan. Objek wisata ini dibangun selama kurang lebih 8 tahun. Kurun waktu pembangunan antara tahun 1920 hingga tahun 1928.

Baca: 5 Penginapan Dekat Taman Selecta Malang Dibawah Rp400.000

Dulunya objek wisata ini tidak dibuka untuk umum, dan hanya diperuntukkan khusus bagi peristirahatan orang-orang Belanda. Namun setelah direvonasi atau dikembangkan lagi tahun 1950, wisata ini dibuka untuk masyarakat umum hingga sekarang.

Objek wisata Malang ini benar-benar menyuguhkan konsep taman yang berbeda. Taman Selecta Malang memiliki luas keseluruhan sekitar 18 hektar. Namun yang digunakan sebagai taman bunga atau kebun bunga hanya sekitar 10 hektar.

Taman Bunga Selecta Malang
Menikmati beragam taman bunga di Taman Bunga Selecta Malang

Taman yang ada, dikonsep dengan petak-petak berbentuk persegi. Susunannya pun sangat rapi dan teratur. Tiap persegi dengan ukuran yang berbeda-beda pun diberi tanaman bunga yang berbeda. Bunga-bunganya pun bermekaran sesuai dengan musim mekarnya masing-masing.

Baca: ECO GREEN PARK Malang Tiket, Wahana & Atraksi 2018

Untuk menyusuri area ini wisatawan dapat melewati jalanan yang dibangun di antara taman bunga yang indah. Kurang lebih akan ditemui setidaknya puluhan spesies bunga dengan berbagai jenis dan warna.

Jenis yang dominan di sini adalah bunga kana, krisan, ajisai, dan berbagai jenis bunga dari daerah-daerah di Indoensia. Meski dimanjakan dengan berbagai bunga yang indah, namun di sini wisatawan dilarang keras untuk memetik atau membawa pulang bunga.

Selain itu, berbagai wahana pun dikembangkan di objek wisata ini untuk mendukung fasilitas yang ada. Wahana yang menarik diantaranya: Skybike, Perahu Ayun, Flying Fox, Bioskop 4D, berkuda dan juga ada pula Play Ground untuk anak-anak.

Bermain dan menyegarkan pikiran dengan bunga-bunga, objek wisata ini sangat cocok digunakan untuk belajar dan mencari pengalaman wisata yang baru.

Harga Tiket Selecta Malang

Biaya masuk objek wisata ini hanya Rp30.000. Berbagai wahana sudah dapat dinikmati atau dicoba, meski ada beberapa wahana lainnya yang diharuskan membayar lagi.

Harga Tiket Selecta Malang
Tiket Reguler Setiap HariRp30.000

Jam Buka

Taman Selecta Malang dibuka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang mulai pukul 6 pagi.

Jam Buka Taman Selecta Malang
Jam Buka06.00 – 17.00 WIB

7 Top Aktivitas & Wahana Taman Selecta Malang

Selain hal-hal berkaitan dengan lingkungan dan lokasinya, wisata yang dibangun tahun 1950 ini pun memiliki banyak fasilitas yang dikembangkan. Area ini memiliki banyak pilihan wahana yang bisa digunakan wisatawan jika lelah untuk berkeliling atau mencari pengalaman lain dalam liburan, misalnya outbond, olahraga, atau bahkan hanya sekedar hangout dan ngobrol bersama. Berikut uraian singkat mengenai 7 wahana top yang ada di objek wisata Taman Selecta Malang.

Taman Selecta Malang
Taman Selecta Malang salah satu tempat wisata malang yang cocok untuk keluarga.

1. Sky Bike – Sepeda Langit

Wahana yang pertama adalah Sky Bike atau sepeda udara. Seperti namanya, wahana ini merupakan wahana di mana wisatawan dapat bersepeda di atas langit. Lebih jelasnya, wahana Sky Bike dapat digunakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling di area Taman Selecta Malang namun lelah untuk jalan kaki.

Wahana ini seperti sebuah sepeda yang berjalan pada rute tertentu. Rute tersebut akan membawa berkeliling mengitari area taman bunga yang indah. Wisatawan yang menaikinya dapat berfoto dari atas taman dengan latar belakang bunga yang warna-warni.

2. Nikmati Berbagai Taman Bunga

Wahana kedua adalah Taman Bunga. Taman Bunga menjadi area khas yang dimiliki oleh wisata ini. Dulunya, objek wisata ini tidak dibuka untuk umum. Melainkan hanya milik pemerintah kolonial Belanda. Orang-orang Belanda pada masa lalu dapat beristirahat di sini dan melihat berbagai bunga yang ada.

Namun kini, wisata ini telah dikembangkan dan dapat dinikmati siapa saja. Area ini memiliki puluhan spesies bunga yang indah. Pada saat musim mekar, keindahannya sungguh memanjakan mata. Namun, bunga di area ini memang memiliki musim mekar yang berbeda-beda.

Baca: COBAN RONDO Malang Tiket & Aktivitas Wisata

3. Bermain Air di Waterpark

Wahana ketiga adalah water park. Wahana ini memang berupa kolam renang yang diperuntukkan bagi wisatawan terutama anak-anak. Dikonsep dengan kolam renang yang luas dan juga perosotan dan beberapa tempat bermain lainnya.

Waterboom ini menarik karena airnya berasal dari sumber mata air pegunungan sehingga sangat jernih. Namun, jangan terlalu lama berendam di sini karena airnya dingin dan juga letaknya di dataran tinggi membuat hawa dingin tidak begitu baik jika daya tahan tubuh tidak kuat.

waterpark selecta malang
Selain taman bunga wisatawan juga bisa bermain di waterpark dengan beragam wahana permianan air.

4. Menunggang Kuda

Wahana keempat adalah berkuda. Selain menyediakan berbagai pengalama melalui wahana air dan udara, wahana darat pun tak ketinggalan. Berkuda ini bisa digunakan untuk wisatawan anak-anak maupun dewasa. Selain banyak kuda yang disediakan, perlengkapan pun juga sangat lengkap seperti sepatu, topi dan pengaman.

Baca: HAWAI WATERPARK Malang Tiket & 9 Wahana

Wisatawan akan melalui rute menarik untuk menikmati sisi lain Taman Selecta Malang dengan berkuda. Ditemani pawang, kuda-kuda yang ada dijamin jinak dan sangat bersahabat.

5. Perahu Ayun

Wahana kelima adalah Perahu Ayun. Wahana ini sering kali disebut juga dengan kora-kora. Wahana yang berupa perahu besar ini berayun-ayun ke kiri dan ke kanan. Bagi wisatawan yang ingin suasana permainan yang berbeda, wahana ini memberikan kesan yang berbeda.

Selain melatih keberanian untuk anak-anak, wahana ini juga membuat deg-degan. Wisatawan akan diayun kurang lebih 90° di atas perahu. Jika tidak ingin basah-basahan atau kedinginan, wahana ini cocok karena hanya membuat jantung deg-degan.

6. Nonton Bioskop 4D

Wahana keenam adalah Bioskop 4D. Seperti pada kebanyakan tempat, bioskop atau tempat menonton film ini menyajikan film yang dikonsep berbeda. Wisatawan dapat merasakan secara langsung petualangan dan juga keseruan yang ada dalam film.

Baca: Batu SECRET ZOO Malang Tiket & 10 Zona Wisata

Lewat konsep empat dimensi ini, film disuguhkan tidak hanya melalui indera penglihatan dan juga pendengaran. Tetapi, wisatawan atau penonton kadang merasakan efek yang muncul dan juga gerakan film secara langsung. Menonton film ini bersama dengan sahabat atau keluarga, akan menambah keseruan.

7. Pasar Bunga

Wahana ketujuh adalah Pasar Bunga. Meski menyajikan berbagai bunga yang sangat indah dan memesona dengan berbagai jenisnya, namun wisatawan tidak diperbolehkan memetik. Bunga-bunga yang ada di Taman Selecta Malang memang dibiarkan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika hendak membawa pulang bunga, di sini terdapat tempat khusus. Wisatawan dapat berbelanja benih bunga-bunga atau bibit untuk ditanam sendiri. Selain dapat digunakan untuk belajar berkebun, Pasar Bunga ini sebagai salah satu solusi menghindari pengrusakan pada bunga-bunga di Taman Selecta Malang.

Fakta Menarik Taman Selecta Malang

Wisata Taman Bunga Selecta tentu juga memiliki ciri khas tersendiri sebagai objek wisata. Berbagai fakta menarik yang dimiliki membentuk kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Berikut tujuh fakta menarik yang dimiliki oleh objek wisata Taman Selecta Malang.

fakta wisata taman selecta malang
Beberapa fakta menarik yang membuat tempat wisata ini menjadi unik

1. Berlokasi di Dataran Tinggi Yang Sejuk

Fakta menarik pertama adalah letaknya yang berada di dataran tinggi. Keberadaan objek wisata ini tidak jauh dari komplek wisata Jatim Park 2. Meskipun tidak pada satu area, namun masih dalam pengelolaan Wisata Jatim Park. Objek wisata ini terletak tepatnya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu.

Baca: BATU NIGHT SPECTACULAR BNS Tiket, Atraksi & 10 Wahana Seru

Hawa dingin yang ada di area ini tentu mendukung keberadaan wisata alam di daerah ini. Selain kenampakan alam yang begitu memanjakan mata, juga udara yang menyegarkan tentu menjadi suatu hal menarik. Terlebih wisatawan yang jarang mendapatkan suasana sejuk daerah dataran tinggi.

2. Boleh Melihat, Dilarang Menyentuh & Memetik

Fakta menarik kedua adalah bunga-bunga di area ini tidak boleh dipetik atau bahkan disentuh. Objek wisata ini memiliki banyak koleksi bunga yang beraneka ragam dan jenisnya. Bahkan ketika bunga-bunga ini mekar, wisatawan dapat menyaksikan kenampakan yang mengagumkan.

Namun, area yang dipenuhi dengan bunga hanya boleh dilihat dan menjadi latar foto yang cantik. Wisatawan dilarang keras untuk mengambil, memetik atau hanya menyetuh bunga-bunga tersebut. Aturan ini cukup ketat dan memberlakukan denda pada wisatawan yang melanggar aturan.

3. Flower Princess Selecta Malang

Fakta menarik ketiga adalah Flower Princess Selecta Malang. Di wisata Taman Selecta Malang pada musim liburan selalu dipadati oleh wisatawan yang berkunjung. Selain itu, ada agenda menarik yang diselenggarakan untuk menambah kesan wisatawan yang datang.

Baca: JATIM PARK 3 Tiket & Keseruan di 10 Wahana

Flower Princess Selecta Malang merupakan salah satu keindahan yang dimiliki objek wisata ini. Selain bisa berfoto dengan latar bunga, ada juga perempuan-perempuan yang mengenakan pakaian dengan pernak-pernik yang menyerupai bunga. Model-model pakaian tersebut dapat diajak untuk berfoto bersama di objek wisata tersebut.

4. Tidak Hanya Taman, Ada Kolam Renang Juga

Fakta menarik keempat adalah adanya wahana kolam renang di objek wisata ini. Selain bisa berkeliling untuk menikmati pemandangan indah, wisatawan dapat menyegarkan pikiran dengan berenang di area wisata ini.

Lokasi wisata yang berada di area dataran tinggi membuat air yang ada di kolam tersebut cukup dingin. Wisatawan dapat menikmatis sensasi dataran tinggi yang sejuk dengan air yang dingin. Jika tidak kuat, disarankan untuk tidak terlalu lama berada di kolam dan menghangatkan badan dengan minuman hangat.

5. Dulunya untuk Belanda sekarang untuk Umum

Fakta menarik kelima adalah sejarah yang ada di objek wisata ini. Menurut sejarah, dulunya objek wisata ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang Belanda yang ingin sejenak istirahat.

Namun, seiring perkembangannya wisata ini dibuka untuk umum dan bisa dinikmati oleh masyarakat siapa pun. Dulunya orang-orang Belanda memanfaatkan tempat ini untuk menyegarkan pikiran karena memang taman bunga ini sangat indah dan memesona.

Baca: MUSEUM ANGKUT Malang Tiket & 10 Wahana

6. Selain Taman, Bisa Melihat & Menunggang Kuda

Fakta menarik keenam adalah banyak kuda yang disediakan untuk wahana berkuda. Wisatawan yang ingin menikmati suasana Taman Selecta Malang dengan cara lain bisa dengan berkuda. Kuda yang disediakan di wahana ini cukup beraneka ragam ukurannya.

Mulai dari anak-anak sampai dewasa dapat memilih ukuran kuda yang sesuai. Wahana ini memiliki rute tersendiri untuk menikmati taman bunga yang indah melalui jalan khusus.

7. Menempati area mencapai 18 Ha

Fakta menarik ketujuh adalah luas objek wisata ini. Total keseluruhan lahan objek wisata ini sekitar 18 hektar. Sekitar 10 hektar area ini merupakan area Taman Bunga yang memiliki banyak koleksi bunga.

Untuk menikmati keseluruhan koleksi bunganya, wisatawan dapat memilih beberapa opsi seperti menggunakan kuda atau menggunakan wahana Sky Bike. Melalui wahana tersebut, wisatawan dapat menikmati keseluruhan wisata Taman Selecta Malang dan suasana sejuk yang khas area dataran tinggi.

Alamat & Lokasi Taman Selecta Malang

Taman ini tepatnya terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Jarak yang ditempuh dari Kota Malang sekitar 25 km, sementara dari pusat Kota Batu sekitar 4 km.

Berikan Nilai: 4,35 Very PoorPoorAverageGoodExcellent 23 Voted
Loading...