Beranda Tiket Wisata

CURUG CIBULAO Bogor Tiket & Ragam Daya Tarik - Juli 2020

Curug Cibulao Harga Tiket: Rp12.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Puncak,Megamendung,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16770.

Menghabiskan akhir pekan di tempat yang jauh dari hiruk-pikuk kota seperti tempat wisata alam terdengar tidak mungkin. Rekreasi alam biasanya terletak terlalu jauh dari pusat kota dan butuh waktu yang tidak sebentar untuk mencapainya. Namun, tidak berlaku untuk Curug Cibulao yang berada di Bogor.

Di antara 300 air terjun yang terdapat di Bogor, Curug Cibulao adalah salah satunya. Air terjun ini berada di daerah Megamendung, Puncak, Bogor. Tempat wisata ini seringkali menjadi pilihan untuk menjadi pelarian singkat bagi warga kota besar di sekitar Bogor. Objek wisata yang menawarkan beragam pesona alam yang masih terjaga keasliannya.

Tiket Masuk

Pengunjung dewasa maupun anak-anak dikenakan harga tiket yang sama. Di sini juga terdapat tiket terpisah untuk parkir, ruang ganti, pelampung, serta area foto.

Harga Tiket Masuk Curug Cibulao
Tiket masukRp12.000
Tiket parkir motorRp5.000
Tiket parkir mobilRp10.000
Sewa jaket pelampungRp10.000
Spot foto (hammock, ayunan, dek, rumah pohon)Rp5.000
Berkemah/ malamRp40.000
Ruang bilas dan gantiRp2.000

Baca: 10+ Curug Paling Asik Di Bogor 

Jam Operasional

Curug Cibulao buka setiap hari untuk umum. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini ialah di pagi hari ketika belum terlalu banyak pengunjung serta ketika musim kemarau. Ini karena arus air tidak terlalu deras, air berwarna lebih jernih, dan akses jalan yang tidak licin akan lebih mudah dilalui.

Jam Buka
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Cibulao

Curug atas Cibulao
Terdapat dua curug di Curug Cibulao – Foto: Google Maps/aulia akbar

Nama “Cibulao” merupakan penggambaran dari air terjun ini. Berasal dari bahasa Sunda, “ci” berarti ‘air’, dan “bulao” berarti ‘biru’. Kata ini menunjukkan kondisi Curug Cibulao yang memang biru jernih.

Selain menawarkan pemandangan alamnya yang indah, wisatawan bisa memilih banyak aktivitas lainnya di sini. Mulai dari aktivitas sederhana seperti berenang dan menyelam, hingga melompat ke air dari bebatuan tinggi. Ada juga area foto di ketinggian yang menyuguhkan pemandangan cantik.

Baca: CURUG BIDADARI Tiket & Aktivitas

Kejernihan Air Curug Cibulao

Air Curug Cibulao yang jernih
Pengunjung bisa melihat ke dasar telaga karena air yang jernih – Foto: Google Maps/Gugun Gumilar

Curug Cibulao merupakan hulu atau sumber dari beberapa air terjun lain di Bogor, seperti Curug Panjang dan Curug Orok. Posisinya ini menjadikan air di telaga dan sungai sekitar Curug Cibulao masih dalam keadaan bersih. Warnanya yang biru juga menjadi asal-muasal nama tempat ini.

Tidak banyak tempat wisata alam di sekitar kota padat penduduk yang masih terjaga keasriannya. Oleh karena itu, kondisi air yang jernih menjadi salah satu daya tarik utama Curug Cibulao. Wisatawan bahkan bisa melihat dasar telaga dengan jelas karena keadaan air masih sangat bersih.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Musim kemarau adalah waktu yang sangat pas untuk berkunjung kemari. Ini karena debit air saat itu sedang tidak terlalu tinggi. Arus air pun tidak terlalu deras. Warna air cenderung masih jernih dan bersih, tidak tercampur lumpur dari dasar telaga.

Berenang, Menyelam, dan Cliff Jumping

Lompat dari tebing
Penyuka kegiatan ekstrem bisa mencoba lompat dari ketinggian tebing batu di sekitar Curug Cibulao – Foto: Google Maps/ANdika Desrianto

Curug Cibulao dengan kejernihan airnya tentu sangat memikat bagi wisatawan yang suka melakukan aktivitas di air. Kedalaman air di telaga yang tidak terlalu dalam menjadikan wisatawan bisa bebas berenang di sana.

Ada dua tempat untuk berenang atau menyelam di sini. Pertama adalah telaga di bawah dengan kedalaman 8 meter. Jangan khawatir soal keamanan, karena pengunjung bisa menggunakan jaket pelampung yang disewakan oleh pengelola seharga 10 ribu rupiah. Terdapat juga tali pengaman yang bisa menjadi pegangan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Baca: CURUG PANGERAN Tiket & Aktivitas Wisata

Tempat kedua ialah telaga yang berada di curug atas. Telaga ini memiliki kedalaman 5 meter dan bisa dijangkau dengan menaiki bebatuan di pinggir curug bawah. Warna airnya cenderung lebih biru dan jernih.

Jika menyukai kegiatan yang agak ekstrem, Curug Cibulao juga dikelilingi oleh bebatuan alami yang bisa dinaiki. Jika kondisi batu tidak licin, pengunjung bisa naik dan melompat ke telaga melalui bebatuan di sekitarnya. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati agar tidak tergelincir ketika naik ke batu.

Spot Selfie Hits

Pemandangan dari atas view deck
Sudut untuk swafoto dengan latar pemandangan yang menakjubkan – Foto: Google Maps/hilman Putrawinata

Lokasinya yang berada di ketinggian Gunung Paseban membuat kawasan sekitar Curug Cibulao memberikan pemandangan indah. Hal ini sudah terlihat sejak wisatawan tiba di loket tiket masuk tempat wisata. Pepohonan tinggi tampak terhampar sejauh mata memandang.

Baca: PANORAMA PABANGBON Bogor Tiket & Wahana

Jika ingin mengabadikan momen di sini, pengelola setempat menyediakan area khusus untuk berfoto. Terdapat hammock, ayunan, rumah pohon, dan dek untuk melihat pemandangan sekitar. Dikenakan tarif lima ribu rupiah per orang untuk bisa menikmati seluruh fasilitas ini. Peminatnya cukup banyak dan seringkali menimbulkan antrian, jadi diharapkan tidak berlama-lama di sini.

Piknik dan Berkemah

Setelah lelah bermain air dan bereksplorasi, perut tentu terasa lapar. Tidak perlu khawatir, karena tersedia kios-kios di sekitar curug yang menyediakan makanan dan minuman. Bagi pengunjung yang membawa makanan sendiri, sangat disarankan untuk piknik di sini. Cari tempat yang cukup luas dan kering untuk memakan bekal makanan yang sudah dibawa.

Wisatawan juga bisa bermalam di sekitar air terjun. Pengelola menyediakan area kemah yang cukup luas. Dengan biaya 40 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa mendirikan tenda di sini. Di luar kawasan Curug Cibulao pun ada banyak bumi perkemahan yang bisa dicoba.

Baca: CURUG BIDADARI Tiket & Aktivitas

Fasilitas Curug Cibulao

Loket tiket masuk
Fasilitas yang disediakan di Curug Cibulao cukup memadai – Foto: Google Maps/Bang Epul 13

Fasilitas yang ada di Curug Cibulao di antaranya tempat parkir motor, toilet, ruang bilas dan ganti, mushola, dan kios makanan-minuman. Bagi pengunjung yang membawa mobil bisa memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan. Pengelola menyediakan jasa sewa jaket pelampung bagi pengunjung yang ingin berenang dan menyelam. Terdapat juga area khusus foto.

Akses Curug Cibulao

Dari Jalan Raya Puncak, belok kiri ke jalan masuk Desa Cilember setelah lokasi Cimory River Side (pas di sebelah toserba Indomaret). Ikuti terus jalan hingga belok kiri ke Jalan Pesantren. Kondisi jalanan menanjak dan di beberapa bagian masih berbatu-batu sehingga pengunjung yang membawa kendaraan harus ekstra hati-hati.

Lokasi Curug Cibulao

Objek wisata air terjun ini berada di daerah Puncak, Kecamatan Megamendung, Kota Bogor, Jawa Barat. Estimasi perjalanan dari Jalan Raya Puncak kira-kira membutuhkan waktu 30 menit menggunakan kendaraan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini