Beranda Destinasi Pilihan

7 Destinasi Wisata Gunung Terbaik di Bogor

0

Wilayah Bogor terkenal mempunyai banyak lokasi gunung dan bukit yang menyajikan bentang panorama alam. Setiap gunung  memiliki karakter unik yang menjadi daya tariknya masing-masing. Berikut 7 destinasi wisata gunung atraktif di Bogor:

1. Gunung Peyek Bogor

Kolam air panas unik yang dijuluki jaccuzi alami Gunung Peyek Bogor.
Kolam air panas unik yang dijuluki jaccuzi alami Gunung Peyek Bogor. Foto: Instagram/hadjukemal

Gunung Peyek merupakan area bukit kapur di tengah area persawahan wilayah Parung, Bogor. Mendapat julukan sebagai gunung, destinasi wisata ini terkenal dengan keindahan lokasi air panasnya.

Berendam di air panas sumber alami menjadi tujuan utama wisatawan yang datang. Lokasinya memiliki kolam-kolam dengan motif bebatuan alam hijau toska berisi air dengan kandungan belerang. Kolam dengan ukuran yang lebih besar berfungsi khusus sebagai kolam rendam bersama.

Disebut sebagai ‘jaccuzi alami’, kolam-kolam uniknya juga menjadi area foto berlatar bukit kapur di sekitarnya. Dari atas bukit kapur, wisatawan juga dapat menikmati keindahan terbenamnya matahari kala senja. Selain daya tarik air panas alami, Gunung Peyek sering menjadi lokasi pilihan untuk bersepeda. Akses jalurnya relatif sepi dengan pemandangan sawah-sawah dan perkampungan di sisi jalan.

Baca: 7 Tempat Wisata Bernuansa Alam Bogor

2. Bukit Alesano

Berkemah di puncak Bukit Alesano dan menikmati gemerlap lampu kota fari ketinggian.
Berkemah di puncak Bukit Alesano dan menikmati gemerlap lampu kota fari ketinggian. Foto: Instagram/riougen

Bukit Alesano merupakan destinasi wisata di Cijeruk, Kabupaten Bogor yang menyuguhkan panorama Bogor dari ketinggian. Dengan sudut pandang 360°, wisatawan dapat menyaksikan bentang alam perbukitan, persawahan, hingga Gunung Gede Pangrango.

Pada saat siang hari, kepadatan pemukiman Kota Bogor bisa terlihat dari puncak Bukit Alesano. Sedangkan ketika malam hari, area pemukiman akan menyajikan kilau taburan cahaya lampu kota yang gemerlap. Tak hanya itu, taburan gugusan bintang yang tampil kontras dengan gelapnya malam juga terlihat. Kemudian untuk melengkapi daya tariknya di kawasan wisata ini tersedia berbagai wahana foto berlatar bentang alam Bogor.

Lokasi Bukit Alesano sekaligus menjadi tempat favorit untuk aktivitas camping. Berbagai fasilitas pendukung hingga jasa penyewaan tenda pun telah tersedia. Dengan berkemah, wisatawan bisa mendapatkan momen indahnya matahari terbit maupun terbenam dari atas bukit.

Baca: 8 Tempat Wisata Bogor Unggulan

3. Gunung Batu Jonggol

Puncak Gunung Batu Jonggol Bogor.
Puncak Gunung Batu Jonggol Bogor. Foto: GMap/Wangse TV

Gunung Batu Jonggol menjadi salah satu pilihan wisata gunung yang ‘mungil’ namun cukup menantang. Menyandang nama Jonggol, destinasi ini sebenarnya tidak berlokasi di Jonggol melainkan di Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Memiliki puncak dengan ketinggian hanya sekitar 875 Mdpl, Gunung Batu Jonggol memiliki tantangan pendakian tersendiri. Jalur pendakiannya terjal, menanjak, dan semakin ekstrem mendekati puncak dengan trek sempit yang nyaris 90°. Berhadapan langsung dengan jurang di kedua sisi, belum terdapat pengaman di sisi kiri maupun kanannya. Perlu kehati-hatian ekstra karena hanya ada seutas tali sebagai bantuan untuk memanjat.

Gunung Batu Jonggol menjadi lokasi pilihan pengunjung untuk aktivitas perkemahan. Wisatawan dapat mendirikan tenda pada area perkemahan yang cukup rindang dan lapang. Jauh dari polusi, suasananya asri dengan hamparan kilau bintang tampak di malam hari. Berada di kawasan yang masih alami, lokasi ini juga menjadi habitat satwa kera ekor panjang.

Baca: LEMBAH TEPUS Bogor tiket & pesona air terjun bertingkat

4. Gunung Dago Bogor

Salah satu sudut wisata Gunung Dago Bogor.
Salah satu sudut wisata Gunung Dago Bogor. foto: GMap/Dolan Dolan

Gunung Dago Bogor merupakan  kawasan wisata bukit yang menawarkan panorama bentang alam Bogor. Berada di tengah area hijau, suasana alamnya masih alami dengan udara yang sangat sejuk.

Meskipun mendapat sebutan gunung, destinasi ini bukanlah tempat dengan kerapatan hutan ataupun lokasi pendakian. Namun Gunung Dago melengkapi kawasannya dengan berbagai wahana untuk menikmati suasananya. Selain itu wisatawan dapat mencoba wahana outbond, ATV, maupun spot-spot foto menarik berlatar pegunungan. Ada pula wahana sepeda gantung yang cukup memacu adrenalin di ketinggian.

Tak hanya variasi wahana wisata, daya tarik utama Gunung Dago justru terletak pada wisata budayanya. Sebuah kampung adat dapat dijumpai di dataran tinggi. Dengan rumah tradisional unik berbentuk segitiga.

Atap rumah tradisional yang terbuat dari bambu dan jerami sekaligus berfungsi sebagai dinding rumah .Wisatawan yang datang dipersilakan untuk bersantai di dalamnya sambil menikmati sajian bentang alam Bogor.

Karena jalurnya melewati tanah merah, tak sedikit yang datang mengendarai motor trail maupun sepeda. Untuk merasakan perjalanan yang lebih menantang. Selain itu kawasan ini juga menjadi pilihan untuk camping untuk dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset.

Baca: Taman Safari Bogor Tiket & Atraksi Seru

5. Gunung Munara Bogor

Puncak Gunung Munara Bogor.
Puncak Gunung Munara Bogor. Foto: GMap/Michael Adhiyatama

Berlokasi tak jauh dari Kota Bogor, Gunung Munara belakangan menjadi incaran para pendaki pemula. Memiliki ketinggian setidaknya 1.119 Mdpl, lama pendakian hanya berkisar 2 jam dengan trek yang cukup menantang. Gunung yang berada di daerah Rumpin ini juga memiliki area untuk mendirikan tenda.

Memasuki awal pendakian, wisatawan akan melewati rumah-rumah warga, sungai, dan jembatan dengan kontur landai. Selanjutnya merupakan jalur terjal dan berbatu sehingga cukup menguras tenaga.

Mendekati area puncak yang merupakan tebing curam sempit, hanya tersedia tali tambang sebagai bantuan. Namun usaha tersebut akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di puncak Gunung Munara. Lanskap alam dengan hamparan hijau pepohonan, area persawahan, serta perbukitan terbentang begitu memukau.

Baca: KEBUN RAYA Bogor Tiket & Aktivitas

6. Gunung Kencana

Pemandangan dari puncak Gunung Kencana
Pemandangan dari puncak Gunung Kencana Bogor. Foto: GMap/Novita Sekararum

Gunung Kencana merupakan salah satu tujuan aktivitas pendakian yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jalur pendakian Gunung Kencana resmi terbuka sejak tahun 2016. Sebelum pos pendakian, wisatawan akan disuguhi hamparan perkebunan teh yang sejuk dan menghijau.

Gunung Kencana terkenal dengan tanjakan Sambalado yang ikonik dan membuat betis terasa pedas dan panas. Disebut demikian, karena tanjakan sepanjang setidaknya 100 meter ini merupakan anak tangga dengan kemiringan hampir 45°.

Memiliki ketinggian 1.803 Mdpl, membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai puncaknya. Sesampainya di puncak, suguhan panorama alam terbentang berlatar pesona Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Kawasannya juga menyediakan area berkemah dengan kapasitas mencapai puluhan tenda.

7. Gunung Kapur Klapanunggal

Menembus lorong Gua Tugugula di antara tebing batu
Menembus lorong Gua Tugugula di antara tebing batu Gunung Kapur Klapanunggal Bogor. foto: GMap/Arief Faruki

Gunung Kapur Klapanunggal merupakan wisata kawasan bukit kapur yang berada di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Jejak penggalian tambang kapur tersebut menyajikan eksotisme tebing kapur tegak di padang ilalang.

Memang areanya sedikit tak lazim dibanding kawasan Bogor yang hijau. Karena area Gunung Kapur Klapanunggal didominasi tanah berpasir yang gersang.

Selama berada di sini sejumlah spot alami yang ada dalam kawasannya pun turut menambah daya tarik. Misalnya sebuah gua alami yang bernama Goa Lalay menjadi pintu keluarnya aliran air dari dalam bukit. Rumah bagi kelelawar ini mengalirkan airnya ke bendungan buatan warga dan sungai kecil. Kemudian di depan gua terdapat instalasi menarik dengan dermaga yang juga berfungsi sebagai wahana foto.

Selanjutnya ada pula Curug Pemalu yang mengalirkan air tanah alami dengan lokasi agak tersembunyi. Sementara di sisi lain, terdapat bukit dengan bentuk unik yang disebut Batu Jempol. Tak jauh dari batu tersebut terdapat Tebing Arpam, spot favorit panjat tebing. Di bagian bawahnya terdapat Gua Tugugula yang dapat ditembus dengan terowongan sejauh 20 meter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini