Hutan Pinus Gunung PancarHarga Tiket: Rp5.000-Rp7.500Jam Buka: 07.30-17.30No Telp: 081312710797Alamat: Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Hutan Pinus di kawasan konservasi Gunung Pancar atau lebih terkenal dengan Hutan Pinus Sentul. Kawasan hutan yang menyajikan keindahan habitat vegetasi jajaran pohon pinus di area perbukitan. Sehingga memiliki udara segar serta aroma khas pohon pinus yang menyehatkan.

Hutan pinus merupakan ekosistem dengan daun berbentuk jarum dan tanaman yang bersifat homogen. Perpaduan panorama alam dan hutan pinus serta aliran sungai memberi keteduhan sehingga cocok sebagai tujuan rekreasi. Berada pada ketinggian setidaknya 800 mdpl, wisatawan dapat menikmati udara sejuk dan hijaunya pemandangan.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Sentul

Tiket masuk yang berlaku di kawasan wisata Hutan Pinus Sentul ini relatif murah. Cukup mengeluarkan beberapa ribu sudah bisa berkeliling kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Sentul – Gunung Pancar
Tiket Reguler Domestik WeekdayRp5.000
Tiket Reguler Domestik WeekendRp7.500
Tiket Reguler Mancanegara WeekdayRp100.000
Tiket Reguler Mancanegara WeekendRp150.000

Baca: Curug Bidadari Sentul Tiket & Aktivitas

Jam Buka Hutan Pinus Gunung Pancar

Kawasan wisata hutan pinus Gunung Pancar ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari07.30-17.30

Aktivitas di Hutan Pinus Sentul

Salah satu arena bagi yang suka bersepeda di Hutan Pinus Sentul Bogor
Salah satu arena bagi yang suka bersepeda.
Foto : Google Maps/oLa eVa

Selama rekreasi di Hutan Pinus Sentul banyak pilihan wisata menarik baik untuk keluarga atau bersama teman-teman. Terutama berbagai aneka wisata alam dapat tersedia di sini. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu bersepeda, hiking, berkuda, outbond hingga berkemah.

Selain itu daya tarik jajaran pinusnya sangat cocok sebagai objek foto. Tak jarang pengunjung yang datang memang sengaja untuk mengincar berfoto berlatar hutan pinus. Bahkan tempat ini seringkali menjadi lokasi pemotretan pranikah (prewedding).

Baca: Taman Budaya Sentul Tiket & Aktivitas

Piknik Santai

Sementara itu bagi yang ingin piknik santai bisa melakukannya di area sekitar hutan pinus. Jika tidak membawa tikar jangan khawatir karena terdapat penyewaan tiket di sekitar parkiran kendaraan. Selanjutnya Wisatawan bisa menggunakan tikar tersebut sebagai alas. Sambil duduk, wisatawan dapat menikmati keindahan suasana hutan pinus.

Pada saat berpiknik santai wisatawan bisa membuka persediaan makanan ringan sebagai kudapan sambil bercengkrama. Acara ini menjadi sarana berkumpul bersama rekan dan keluarga. Karena sejuknya tak jarang ada yang tertidur di tengah rindangnya naungan pohon pinus ini.

Baca: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Trekking di Gunung Pancar

Trekking di kawasan hutan pinus sentul
Kegiatan trekking di kawasan sekitar hutan pinus sentul Gunung Pancar. Foto: Google Maps/Ahmad Santoso

Karena berada di ketinggian area Hutan Pinus Sentul sangat cocok untuk kegiatan hiking dan trekking. Wisatawan bisa merasakan petualangan seperti misalnya menyusuri jalanan setapak yang di beberapa tempat penuh batuan.

Tantangan medannya juga tak kalah seru. Yaitu melewati area hutan pinus, menyusuri jalanan yang menurun, serta menyeberangi sungai. Sedangkan bagi rombongan yang melakukan hiking dan trekking perlu memperhitungkan waktu dan jarak tempuh.

Outbond

Outbond seru bersama keluarga maupun rekan kerja
Wisatawan dapat melakukan aktivitas Outbond seru bersama keluarga maupun rekan kerja. Foto : Google Maps/alkhufran alkhufran

Keragaman kontur area alam yang umumnya berkeliling sungai serta tanah lapang sangat cocok untuk kegiatan outbond. Tak jarang tempat menjadi pilihan lokasi acara Gathering, baik bersama keluarga, komunitas hingga karyawan perusahaan.

Untuk aktivitas kegiatan alam terbuka, objek wisata ini juga cocok sebagai area latihan dasar bagi wisatawan. Karena di sini terdapat berbagai kegiatan outbond diantaranya Paintball, Archery, atau Outbound Team Building. Camping, Gathering, Pelatihan kepemimpinan, dan kegiatan outdoor lainnya.

Baca: Eco Art Park Sentul Tiket & Spot Foto

Selanjutnya ada juga lapangan hijau yang berkeliling hutan pinus yang akan menambah seru atmosfer kegiatan luar ruang. Umumnya pihak pengelola menyediakan beberapa paket outbound. Seperti misalnya Outbound One Day Rafting dan Outbound Rafting Camp.

Berkemah di Camping Ground

Berkemah di area Camping Ground Hutan Pinus Sentul Bogor
Berkemah di area Camping Ground Hutan Pinus Sentul Bogor.
Foto : Google Maps/Toni Herisandi

Bagi wisatawan yang ingin menikmati kesegaran hutan Pinus agak lama bisa berkemah di sini. Karena kawasan wisata ini mengizinkan pengunjung untuk mendirikan tenda. Sedangkan kegiatan berkemah bisa untuk perorangan maupun grup pelajar atau komunitas. Selain aman, di sini juga menyediakan fasilitas dan paket yang lengkap.

Camping groundnya terawat dengan baik oleh para staf kebersihan. Sehingga keasrian dan kenyaman dalam melakukan kegiatan outbound team building, camping, dan lainnya tetap terjaga.

Glamping

Konsep Pop Up Glamping adalah yang terbaik demi menjaga alam yang asri dan asli. Karena konsep glamour camping menawarkan kegiatan berkemah yang sudah lengkap. Jadi wisatawan tidak perlu lagi repot membawa segala perlengkapan berkemah. Pengelola telah menyediakan secara lengkap berbagai kebutuhan berkemah mulai dari tenda hingga toilet untuk menjaga kenyamanan.

Terdapat berbagai pilihan fasilitas Glamping bagi wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu Glamping Standard, Glamping Plus, Glamping Fun, atau Glamping Tour. Tenda yang tersedia adalah tenda double layer sehingga aman dari hujan dengan pilihan kapasitas 4 – 8 orang.

Selanjutnya fasilitas dalam tenda juga lengkap seperti fan, alat barbeque serta meja makan dengan aksesoris lampu-lampu gantung. Aneka makanan lezat telah tersedia untuk wisatawan. Selama berkegiatan, wisatawan akan mendapat bantuan Ranger.

Spot Foto

Rumah Pohon ini merupakan salah satu spot foto menarik
Rumah Pohon ini merupakan salah satu spot foto menarik di Hutan Pinus Sentul Bogor. Foto : Instagram/hanieditya

Daya tarik lain Hutan Pinus Sentul adalah jajaran pepohonan pinusnya yang instagenic. Setiap wisatawan yang datang pasti akan tertarik untuk mengabadikan momen liburan di antara keteduhan pinus tersebut. Tersedia juga beberapa spot foto unik di area Hutan Pinus ini.

Lokasi wisata ini juga sering dijadikan setting foto prewedding, bahkan juga resepsi bertema alam terbuka. Bagi wisatawan yang ingin melakukan sesi pranikah di tempat ini, tersedia paket foto Prewedding per hari.

Bersantai di Hammock

Bersantai di atas Hammock
Bersantai di atas Hammock. Foto : Instagram/affandygustii

Wisatawan dapat bersantai di atas hammock yang disewakan di area Hutan Pinus Sentul. Hammock direntangkan diantara dua pohon pinus yang berdekatan. Wisatawan bisa duduk atau tidur santai di atasnya.

Hammock yang ditawarkan terdiri dari berbagai macam warna dan ukuran. Tersedia berbagai tingkatan hammock mulai 4 hingga 10 tingkat. Spot ini juga merupakan titik foto favorit wisatawan.

Fasilitas di Hutan Pinus Sentul

Fasilitas lengkap
Hutan Pinus Sentul Bogor telah memiliki berbagai fasilitas lengkap. Foto : Google Maps/Mawaddati Rahmi

Hutan Pinus Sentul telah tertata dengan apik dan memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Mulai dari aula, toilet, listrik maupun mushola. Tempat makan dan minum pun telah tersedia di area wisata ini.

Tidak jauh dari mushola, terdapat area permainan. Arena permainan tersebut menyediakan ayunan, perosotan dan jungkat-jungkit. Tempat ini terutama cocok untuk pengunjung anak-anak.

Lokasi Hutan Pinus Sentul

Wisata Hutan Pinus ini terletak di Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810, Telp. 0857-8033-1638, 081285745247.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 33

Kasi Bintang