Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN SEDUDO Tiket & Daya Tarik - Oktober 2020

Air Terjun Sedudo
Harga Tiket: Rp8.000-Rp15.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Raya Sedudo, Hutan,Sawahan,Nganjuk,Jawa Timur,Indonesia,64475.

Daerah Nganjuk yang berada di Jawa Timur punya magnet wisata yang menarik. Magnet itu adalah Air Terjun Sedudo yang berada di Kecamatan Sawahan. Ikon wisata populer dari Nganjuk ini tidak hanya destinasi wisata alam yang memesona, tetapi juga kekayaan alam yang memiliki sejarah panjang.

Kawasan wisata alam ini menyajikan panorama pegunungan yang terdiri dari dinding tebing setinggi kurang lebih 105 meter. Di dinding ini, mengalir air terjun yang cantik dan memukau. Satu kali dalam setahun, air terjun ini juga jadi lokasi pelaksanaan ritual budaya yang sudah turun-temurun.

Tiket Masuk Air Terjun Sedulo

Untuk memasuki area wisata, pengunjung Air Terjun Sedudo dikenakan tiket dengan harga yang terjangkau. Tiket ini sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Dewasa Hari BiasaRp10.000
Tiket Masuk Anak Hari BiasaRp8.000
Tiket Masuk Dewasa Hari LiburRp15.000
Tiket Masuk Anak Hari LiburRp12.000

Baca: 14 Air Terjun Pilihan Di Jawa Timur

Jam Buka

Air Terjun Sedudo terbuka untuk umum setiap hari. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu. Di Bulan Muharram/tanggal 1 Sura, diadakan upacara ritual Parna Prahista atau Mandi Sedudo yang bisa disaksikan langsung oleh wisatawan.

Jam Operasional
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Air Terjun Sedudo

Sedudo
Air Terjun Sedudo adalah salah satu destinasi wisata air terjun terpopuler dari Nganjuk, Jawa Timur – Foto: Google Maps/awallyanto Putra

Air Terjun Sedudo merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di daerah Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun dengan ketinggian sekitar 105 meter ini mengalir di kawasan lereng timur Gunung Wilis. Dikelilingi suasana pegunungan yang asri membuat objek wisata di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut ini memiliki udara yang sejuk.

Baca: The Legend Waterpark Nganjuk Tiket & Wahana

Di samping pemandangan alamnya yang menakjubkan, Air Terjun Sedudo juga lekat dengan unsur sejarah dan budaya. Mitos airnya yang membuat awet muda pun tidak luput sebagai daya tarik bagi pengunjung untuk datang kemari. Tidak heran jika Air Terjun Sedudo tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ratusan Anak Tangga

Tangga menuruni lereng
Barisan anak tangga yang harus dilalui menuju air terjun – Foto: Google Maps/ahmad torik

Berada di tebing setinggi 105 meter, lokasi jatuhan air terjun ini berada di dasar lembah. Untuk mencapai telaganya saja, pengunjung harus menuruni sejumlah anak tangga. Tenang saja, tangga ini aman karena tersusun dari batu dan diberi pagar pengaman.

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Sambil menyusuri tangga, pengunjung bisa melihat pemandangan air terjun secara keseluruhan. Semilir hembusan angin dataran tinggi pun akan selalu menyertai langkah wisatawan semakin mendekati lokasi.

Menuruni tangga sebanyak itu tidak akan terasa terlalu melelahkan dengan adanya hiburan dari pemandangan alam sekitar, namun siapkan fisik untuk naik kembali saat hendak pulang, ya.

Pesona Air Terjun

Air Terjun Sedudo
Air Terjun Sedudo yang dikelilingi oleh tebing dan hutan alami – Foto: Google Maps/putut wijanarko

Setelah melalui tangga sepanjang kurang-lebih 200 meter, pengunjung akan tiba di area air terjun. Area ini sudah rapi karena disusun oleh paving block sehingga tidak ada sungai berbatu-batu atau tanah licin seperti kawasan air terjun alami pada umumnya. Telaga dan sungainya sudah diberi pembatas yang jelas agar pengunjung lebih nyaman saat bermain air.

Baca: Pesona Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Mengalir dari ketinggian lebih dari 100 meter, Air Terjun Sedudo menampilkan pesona alam yang begitu menakjubkan. Airnya meluncur di permukaan dinding tebing batu kehitaman dengan debit yang tidak terlalu banyak. Diapit oleh hamparan lumut dan dikelilingi hutan liar, pemandangan air terjun ini tampak menyegarkan mata.

Wisatawan di sekitar air terjun
Ikon wisata daerah Nganjuk yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan – Foto: Google Maps/wahyu prastyo

Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dari jauh atau merasakan kesejukan airnya langsung. Area bermain air dibatasi oleh pagar dengan jarak tertentu dari jatuhan air terjun. Sebelumnya pernah ada kejadian longsor batu dari puncak air terjun. Sejak saat itu, pengunjung dilarang berada terlalu dekat dengan air terjun.

Mitos Awet Muda di Air Terjun Sedudo

barisan penari
Penari berbaris bersiap mengikuti upacara ritual Mandi Sedudo pada Satu Sura – Foto: Google Maps/MNur IkhsanAWR

Air Terjun Sedudo sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit. Tempat ini dijadikan lokasi pencucian senjata pusaka raja, di mana air bekasnya dipercaya mendatangkan berkah dan keselamatan. Di masa kejayaan Islam, air terjun ini jadi tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman, tokoh penyebar Islam di Nganjuk.

Baca: Air Terjun Madakaripura Tiket & Aktivitas

Untuk menghormati jasa-jasa Ki Ageng Ngaliman, pemerintah Nganjuk mengadakan acara tahunan. Acara yang diadakan setiap 1 Sura atau bulan Muharram ini adalah ritual mandi massal yang disebut Mandi Sedudo. Kegiatan ini dimeriahkan oleh tari-tarian adat dan iring-iringan yang diikuti oleh Bupati Nganjuk. Wisatawan juga boleh berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pengunjung bermain air
Wisatawan diperbolehkan bermain air di telaga air terjun dengan jarak aman yang sudah ditentukan – Foto: Google Maps/Pradana Ady Putra

Terdapat legenda tentang seorang duda yang bertapa di air terjun ini. Masyarakat yang sering datang meminta nasihatnya menganggap bahwa duda tersebut tampak tidak menua meskipun sudah bertahun-tahun bertapa di sana.

Baca: Coban Putri Batu Tiket Dan Ragam Aktivitas

Dari legenda tersebut, muncul kepercayaan bahwa air dari air terjun ini memiliki berbagai khasiat, mulai dari awet muda hingga enteng jodoh. Terlepas dari kebenarannya, Air Terjun Sedudo tetaplah merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain keindahan alamnya yang menentramkan hati, tempatnya pun nyaman untuk rekreasi bersama keluarga.

Fasilitas

Bagi pengunjung objek wisata ini, sudah disediakan sejumlah fasilitas yang memadai seperti area parkir yang luas, toilet, dan mushola. Lokasi air terjun bisa dicapai dengan tangga yang dilengkapi pagar pembatas sehingga keamanan dan kenyaman terjamin. Warung-warung makan dan toko suvenir banyak tersedia di dekat area air terjun sehingga pengunjung tidak perlu naik dulu ke tempat parkir.

Lokasi Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo terletak di kawasan lereng Gunung Wilis sebelah timur, tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Akses jalannya sudah baik, namun karena konturnya didominasi oleh tanjakan curam maka pengendara harus berhati-hati saat kemari. Pastikan kondisi mesin dan rem kendaraan baik agar tidak membahayakan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini