Beranda Tiket Wisata

Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan Tiket & Aktivitas - Januari 2021

Air Terjun Kakek Bodo
Harga Tiket: Rp25.000-Rp40.000 Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Taman Wisata No.541, Area Sawah/Kebun,Prigen,Pasuruan,Jawa Timur,Indonesia,67157.

Wisata air terjun tidak selalu erat dengan jalur gunung yang sulit dan menantang. Di Pasuruan, ada sebuah tempat wisata alam berupa air terjun yang mudah diakses. Meski harus berjalan kaki menyusuri tangga yang cukup membuat ngos-ngosan, namun wisatawan tidak pernah bosan mengunjungi tempat wisata bernama Air Terjun Kakek Bodo ini.

Air terjun ini berada di lereng Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur. Selain menyajikan keindahan air terjun alami setinggi 40 meter, wana wisata ini juga menawarkan tempat rekreasi lengkap yang cocok untuk piknik keluarga.

Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo tergolong sangat terjangkau jika melihat seluruh fasilitas yang disediakan. Harga tiket yang berbeda berlaku untuk turis mancanegara.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Wisatawan LokalRp25.000
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp40.000

Baca: 8 Tempat Wisata Unggulan di Pasuruan

 

Jam Buka Air Terjun

Wana Wisata Air Terjun ini terbuka untuk umum setiap hari sejak pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Air Terjun Kakek Bodo

Wana Wisata Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo berada di lereng utara Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur – Foto: Google Maps/Safitri Siyam Sari

Baca: Agrowisata Bhakti Alam Tiket & Wahana

Air Terjun Kakek Bodo adalah air terjun yang termasuk dalam Kawasan Wisata Tretes. Air terjun ini terletak di tengah hutan lindung yang dikelola oleh RPH Prigen, BKPH Lawang Barat. Mengalir di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut, air terjun ini berada di lereng utara Gunung Welirang.

Nama air terjun ini diambil dari cerita legenda yang menyelimutinya. Selain dihiasi oleh legenda, Air Terjun Kakek Bodo juga memiliki ragam fasilitas yang memadai. Wana wisata ini menyajikan pengalaman rekreasi di tengah alam terbuka dengan fasilitas yang nyaman.

Legenda Kakek “Bodoh”

Makam Kakek Bodo
Bangunan makam Kakek Bodo yang dikeramatkan dan tidak bisa sembarangan dikunjungi – Foto: Google Maps/Airin Levina

Baca: TAMAN SAFARI PRIGEN Tiket & Wahana

Nama air terjun ini berkaitan dengan cerita tentang seorang kakek di zaman Belanda. Konon, ada seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya pada keluarga Belanda. Selama mengabdi, hidupnya serba terjamin dan berkecukupan.

Namun, suatu hari ia memutuskan untuk melepaskan semua yang dimilikinya. Tidak memahaminya, keluarga Belanda yang merupakan mantan majikannya merasa heran. Mereka menganggap kakek itu bodoh karena meninggalkan kekayaan yang dimilikinya.

Kakek ini pergi bertapa di bawah air terjun hingga mendapatkan kesaktian. Kekuatannya ini digunakan untuk menolong warga setempat yang kesulitan. Air terjun inilah yang kemudian diberi nama “Kakek Bodo”, sesuai panggilan yang diberikan oleh orang-orang Belanda pada kakek itu.

Makam Kakek Bodo masih ada hingga saat ini. Bentuknya berupa bangunan serupa rumah dengan atap limas. Makam ini dianggap keramat oleh warga sekitar dan tidak bisa sembarangan dikunjungi oleh wisatawan.

Perjalanan Anti-Bosan

Tangga ke air terjun
Jalan setapak berupa anak tangga menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo – Foto: Google Maps/David Webb

Baca: SAYGON Waterpark Tiket & Wahana

Berwisata ke Air Terjun Kakek Bodo adalah pengalaman rekreasi alam yang cocok untuk keluarga. Meski berada di tengah hutan, namun kawasan sekitar dan akses jalannya sudah ditata sedemikian rupa. Sehingga, perjalanan menuju air terjun tidak terasa membosankan dan justru menyenangkan.

Pengalaman ini akan didapat khususnya bagi pengunjung yang datang melalui loket 1. Melewati gerbang, pengunjung tidak akan merasa sedang memulai perjalanan ke tengah hutan. Perjalanan berjarak 1 kilometer ini sungguh takkan terasa melelahkan.

Lingkungan yang asri didukung oleh suasana hutan yang masih terjaga. Di beberapa tempat, terdapat spesies kera yang hidup liar. Selama tidak mengganggu dan merusak, wisatawan dapat menikmati rekreasi di wana wisata ini dengan nyaman.

Surga Swafoto

Pintu masuk menuju air terjun
Tidak hanya air terjun, Wana Wisata ini menawarkan beragam tempat rekreasi alam lainnya – Foto: Google Maps/uletz bhulu

Baca: KEBUN PAK BUDI Tiket & Aktivitas

Jalan setapak berupa barisan anak tangga yang lebar dan rapi dihiasi oleh aneka tanaman hias. Pepohonan tinggi tersebar dan memberi suasana teduh. Sesekali jalan ini akan melalui jembatan yang melintasi sungai berbatu.

Di sepanjang jalan, pengunjung akan dengan mudah menemukan toilet, mushola, dan warung maupun penjaja makanan. Pengunjung tidak perlu memaksakan diri jika memang lelah, terutama bagi anak-anak dan lansia. Pengunjung bisa beristirahat dahulu di area istirahat yang tersedia sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Kolam renang anak-anak
Tersedia fasilitas kolam renang untuk anak-anak yang nyaman dan aman – Foto: Google Maps/rudy atmoko

Baca: Kebun Raya Purwodadi Tiket & Aneka Taman

Ada juga sejumlah spot foto yang sengaja dibangun dengan bahan-bahan dari alam. Jembatan yang dilalui pun bentuk dan warnanya bermacam-macam. Bagi para penggemar foto, perjalanan menuju air terjun adalah “surga” untuk mengumpulkan kenang-kenangan visual.

Di tengah perjalanan, wisatawan akan menemukan kolam renang anak-anak. Dengan ukuran yang cukup luas, kolam renang berair jernih ini juga dilengkapi wahana seluncuran. Anak-anak bisa berenang dengan aman dan menyenangkan di tengah alam terbuka.

Air Terjun Alami

Aliran Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo yang mengalir dari ketinggian 40 meter – Foto: Google Maps/Ips Tio

Baca: Taman Dayu Waterpark Tiket & Wahana

Setelah melewati berbagai spot foto dan tempat tinggal kera, pengunjung akan tiba di lokasi. Pengunjung akan disambut oleh air terjun setinggi 40 meter yang mengalir dari Sungai Kaligetik. Airnya jernih dan arusnya mengikuti musim.

Bermain air di telaga air terjun
Pengunjung bermain air dan bersantai di telaga sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Nobita Noby

Di bawahnya, terdapat kolam alami dengan kedalaman mencapai 5 meter. Area sekelilingnya didominasi oleh bebatuan sungai yang besar dan licin. Pengunjung banyak berkegiatan di sekitar sini. Pengunjung dapat beerenang, bermain air, atau hanya sekadar duduk bersantai di batu menikmati keindahan air terjun.

Akses ke Air Terjun Kakek Bodo

Terdapat tiga gerbang masuk untuk mengakses air terjun wisata ini. Di antara ketiganya, loket 1 yang berada di Pines Garden Resort adalah gerbang yang paling ramai dikunjungi. Gerbang ini memiliki rute yang paling dekat dan mudah untuk dilalui.

Sementara loket 3 adalah gerbang masuk bagi pendaki Gunung Arjuna. Rute dari gerbang ini lebih cocok untuk pendaki-pendaki yang berpengalaman karena jaraknya yang jauh.

Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo

Fasilitas di Wana Wisata air terjun antara lain area parkir yang luas, toilet, mushola, bumi perkemahan, kolam renang, kebun bunga, amfiteater, dan beberapa warung makan yang tersebar. Tangga atau jalan setapak yang harus dilewati sudah ditata dan dirapikan sehingga nyaman untuk dilalui.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo

Objek wisata air terjun ini terletak di kawasan wisata Tretes, tepatnya di Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Ada sejumlah gerbang masuk yang bisa dipilih untuk menuju lokasi. Loket 1 berada di lokasi yang sama dengan gerbang masuk Pines Garden Resort. Loket 2 bisa ditemukan di Taman Safari II Prigen. Sementara Loket 3 berada di belakang Hotel Surya.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini