Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Banjarnegara: Wisata Murah Tengah Kota - April 2021

Alun-alun Banjarnegara Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Mayjend Panjaitan No.11-3, Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53418.

Alun-alun Banjarnegara merupakan taman kota serta ruang terbuka publik di tengah kota. Memiliki luas setidaknya 2 hektar dengan tanah lapang yang berkeliling pepohonan hijau. Selain sebagai paru-paru kota, taman ini juga tempat yang tepat untuk bersantai, berolahraga serta area rekreasi.

Tidak hanya warga Banjarnegara yang suka menghabiskan waktu di sini. Wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara juga sering menyempatkan diri untuk mampir. Pemandangan dan asrinya Alun-alun menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih, kuliner khas Banjarnegara dan jajanan lain mudah ditemukan di sekitar lokasi.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Banjarnegara

Objek wisata ini dapat menjadi pilihan liburan yang murah. Betapa tidak, untuk dapat masuk ke sini tidak memerlukan biaya. Hanya saja wisatawan perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan dan biaya jika ingin membeli kuliner di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Jam Operasional Alun-alun Banjarnegara

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Mulai dari pagi bahkan hingga malam hari. Dengan sajian yang berbeda di setiap waktunya, serta cara menikmati yang berbeda.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Mengenal Alun-alun Banjarnegara

Pendopo yang ada di Area Alun - Alun

Alun-alun umumnya merupakan ruang terbuka publik yang cukup menarik. Biasanya penuh dengan filosofi yang berkaitan dengan sejarah dan budaya masa lalu. Inilah salah satu alasan mengapa Alun-alun berada di tengah kota dengan bangunan penting yang mengelilingi. Seperti masjid, kantor pemerintahan, serta kantor kawasan perkantoran lainnya.

Seperti halnya Alun-alun Banjarnegara yang juga berada di tengah kota. Selain sebagai pusat perkantoran juga menjadi pusat interaksi sosial masyarakat. Tak ketinggalan tentu saja sebagai area rekreasi warga.

Sedangkan area Alun-alun Banjarnegara ini berbentuk persegi yang sekelilingnya berupa paving block. Sementara di bagian tengahnya berupa tanah lapang dengan rerumputan hijau. Tidak hanya rerumputan yang membuat tempat ini asri, tapi juga pepohonan di sekitarnya.

Di sekeliling taman pepohonan rindang yang meneduhkan tumbuh subur. Salah satu jenisnya yaitu Beringin yang berada di tengah Alun-alun. Pohon Beringin ini tampak sudah tua dan tumbuh berdampingan. Kedua pohon ini merupakan bonsai raksasa sehingga terlihat sangat unik berdiri di tengah alun-alun.

Baca: Surya Yudha Park Tiket & Aktivitas

Patung Ikonik Ciri Khas Banjarnegara

Ikon Tampak Berwarna - Warni di Malam Hari

Ketika mengunjungi taman kota ini, wisatawan akan menjumpai ikon khas Banjarnegara. Yaitu ikon dawet ayu yang menjadi minuman khas kota ini. Ikon ini terwujud dalam bentuk patung penjual dawet. Seorang laki-laki yang menyiapkan dawet, dan perempuan yang menawarkan, yang keduanya mengenakan pakaian adat.

Patung ini berwarna hitam dan emas, lengkap dengan keranjang dawet yang juga berwarna senada. Patung ini berada di tengah slogan Banjarnegara. Dimana terdapat dua gapura di belakangnya dengan tulisan “Banjarnegara Gilar-Gilar“. Semboyan yang mencerminkan sikap hidup warga Banjarnegara yaitu “Bersih, Tertib, Teratur, Indah, Aman, Nyaman, Tenteram, Sopan, Sehat”

Berada area depan alun-alun wisatawan akan mendapatkan latar belakang yang lengkap. Tulisan Alun-alun Banjarnegara, patung ikonik, serta tulisan slogan Banjarnegara. Karena itulah seolah seperti kewajiban ketika berkunjung ke taman kota ini untuk mengabadikannya dalam se-berkas foto.

Baca: TRMS SERULINGMAS Banjarnegara Tiket & Ragam Atraksi

Saksi Sejarah Masa Lalu

mesjid an-nuur terlihat dari alun-alun

Meski tidak terdapat candi atau bangunan kuno, Alun-alun ini menjadi saksi sejarah masa lalu. Dulunya, area ini digunakan sebagai pusat penyebaran agama Islam, ditandai dengan adanya bangunan masjid. Pusat pemerintahan yang saat ini masih berdiri pun merupakan bekas pusat pemerintahan masa lalu. Pemimpin di masa lalu biasanya mengumpulkan warganya di halaman luas alun-alun ini.

Masjid sebagai pusat penyebaran agama Islam pun berdiri di dekat alun-alun. Wisatawan yang berwisata juga dapat menyempatkan sholat di masjid ini. Masjid Agung An Nur, masjid besar yang ada di barat Alun-alun. Masjidnya luas dengan bangunan unik khas Timur Tengah.

Baca: TRMS SERULINGMAS Tiket & Ragam Atraksi

Gelaran Acara Besar

Jika beruntung, wisatawan dapat menjumpai acara besar yang tak jarang berlangsung di Alun-alun Banjarnegara. Hal ini karena areanya yang luas memungkinkan acara besar dapat terselenggara. Salah satunya adalah acara kirab budaya yang berlangsung setiap tahun. Acaranya ini untuk memperingati hari jadi Kota Banjarnegara.

Seperti pada saat hari jadi Banjarnegara ke-187 lalu juga berlangsung acara kirab budaya di taman ini. Sedangkan acaranya sendiri cukup unik dengan adanya gunungan buku. Jika biasanya gunungan terbuat dari hasil bumi atau bahan makanan maka pada saat itu ada tambahan yaitu buku.

Setidaknya 1000 buku yang tersusun menjadi sebuah gunungan. Mulai dari buku pelajaran hingga buku pengetahuan umum yang bertumpuk menyerupai gunung. Selain gunungan bahan makanan, gunungan buku ini turut menyedot antusiasme masyarakat.

Bersantai hingga Olahraga di Taman Kota

area paving block sekitar alun-alun

Alun-alun Banjarnegara bisa menjadi pilihan menghilangkan stres. Dengan berjalan santai, duduk melihat pemandangan, atau berolahraga. Fasilitas yang tersedia terbilang lengkap. Mulai dari tempat duduk, hingga pusat kuliner.

Bersantai sambil duduk di bawah pohon menjadi pilihan banyak pengunjung. Terutama pada saat siang hari yang panas, sangat pas jika ditambah dengan segelas es dawet ayu yang menjadi khas di kota ini.

Sedangkan pada saat pagi dan sore, warga sering memanfaatkan area taman sebagai pusat olahraga. Salah satunya yaitu jogging mengelilingi Alun-alun. Area paving block sekitar taman merupakan jogging track yang nyaman.

Fasilitas Alun-alun Banjarnegara

Objek wisata ini telah memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir, tempat duduk, hingga area kuliner. Selanjutnya ada juga papan media informasi yang dapat dibaca wisatawan supaya tidak ketinggalan informasi.

Lokasi Alun-alun Banjarnegara

Alun-alun berada di pusat Banjarnegara tepatnya berlokasi di Jalan Mayjend Panjaitan No.11-3, Kota Banjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini