Beranda Tiket Wisata

ARUNG JERAM SERAYU Tarif & Aktivitas Menantang - November 2020

Arung Jeram Serayu
Harga Tiket: Rp180.00 - Rp350.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Banjarnegara Km 15 Desa Randegan,Banjarnegara,Banjarnegara,Jawa Tengah ,Indonesia,53481.

Arena Arung Jeram Serayu merupakan destinasi wisata populer di Barjarnegara, Jawa Tengah. Mengusung tema one stop adventure activities  tempat ini menyediakan fasilitas untuk beragam aktivitas petualangan. Wisatawan dapat memilih aktivitas wisata maupun petualangan luar ruang serta berinteraksi langsung dengan alam.

Sesuai namanya, aktivitas favorit di objek wisata ini adalah arung jeram menyusuri sungai Serayu. Lokasinya mempunyai kelebihan seperti sungai lebar, rute panjang dan debit air merata sepanjang tahun. Pemandangan hijaunya lanskap perbukitan di sekitar lokasi wisata  juga menakjubkan untuk dinikmati.

Tarif Paket Arung Jeram Serayu

Wisatawan yang ingin mencoba tantangan arung jeram ini bisa memilih paket yang disediakan. Mulai dari 1 sampai 5 jam dengan jarak tempuh yang berbeda-beda.

Pilihan Paket Arung Jeram
DurasiPanjang LintasanTarif per orang
1 jam7 kmRp 185.000
2 jam14 kmRp 230.000
5 jam26 kmRp 350.000

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Banjarnegara

Jam Buka

Kegiatan arung jeram terbuka dan bisa dilakukan dari pagi hingga sore hari. Tergantung dari paket yang dipilih wisatawan.

Waktu operasionalJam Buka
Senin – Minggu08.00 – 16.00

Aktivitas Wisata di Arung Jeram Serayu

Arena arung jeram Serayu terkenal di kalangan wisatawan karena sungainya lebar dan rute cukup panjang. Laju debit air juga relatif stabil dan cukup merata sepanjang tahun. Lokasinya strategis di tepi jalan utama Wonosobo – Banjarnegara – Purwokerto.

Area jeram sungai Serayu termasuk yang terbesar di Jawa Tengah, dengan panjang 14-26 kilometer. Karakteristik sungai beragam dengan arus liar, pertemuan anak sungai, hingga beberapa titik arus berputar. Variasi terrsebut membuat wisatawan tidak akan jenuh menempuh rute arung jeram yang tersedia. Destinasi ini juga memiliki pilihan aktivitas outbond hingga penginapan area tepi sungai.

Rafting di Sungai Serayu

kegiatan rafting menyusur sungai serayu
Datang ke Arung Jeram Serayu, wisatawan tentu saja wajib menikmati keseruan rafting – Foto : GoogleMaps/Amatiran Project

Sebelum memulai petualangan seru di Sungai Serayu, wisatawan dikumpulkan di basecamp. Wisatawan akan dilengkapi life jacket, dayung, helm, skipper, medical kit, dan rescue team. Seorang guide akan memandu, menjelaskan tata cara berarung jeram, menggunakan dayung, dan prosedur keamanan.

Setiap perahu diisi maksimal 6 orang dan seorang pemandu yang memimpin dan mengarahkan jalannya perahu. Jalur arung jeram dapat dipilih 14 hingga 26 kilometer dengan waktu tempuh 2-5 jam. Selama durasi tersebut, wisatawan akan berpetualang melewati puluhan jeram yang mengombang-ambing perahu.

Wisatawan juga akan memperoleh welcome drink, air mineral, kudapan, serta kelapa muda.Bagi wisatawan dengan durasi 2 jam, sajian untuk refreshment diberikan di tengah perjalanan. Wisatawan dapat beristirahat untuk kemudian melanjutkan petualangan yang titik akhirnya di basecamp awal.

Baca: TRMS SERULINGMAS Tiket & Ragam Atraksi

Outbound

kegiatan outdoor rock climbing di air terjun
Olahraga ekstrim di area outbond Arung Jeram Serayu – Foto : Instagram/serayu_

Arena wisata sangat lengkap menyediakan area untuk aktivitas luar ruang. Jenis permainan outbond ditawarkan beraneka ragam didampingi instruktur yang berpengalaman.

Wisatawan dapat memilih berbagai paket sesuai goal yang ditentukan. Objek wisata ini menyediakan paket bagi siswa usia sekolah maupun dewasa hingga olahraga ekstrim. Melalui aktivitas outbond, wisatawan dapat melatih kerja sama tim sambil menikmati suasana berlibur bersama.

Paintball di Area Arung Jeram Serayu

Pengunjung yang siap dengan kostum bermain paint ball di arung jeram serayu
Sensasi bertempur Paintball di alam bebas kawasan Arung Jeram Serayu – Foto : Instagram/serayu_

Wahana Paintball memiliki banyak penggemar dari kalangan wisatawan yang datang ke sini. Bermain dalam kelompok, olahraga ketangkasan ini memberikan keseruan dalam aktivitasnya. Lokasi permainannya mengajak wisatawan untuk terlibat dalam suasana tempur dengan nuansa alam bebas.

Baca: Surya Yudha Park Tiket & Aktivitas

Santap Kuliner di Tepi Aliran

Sebuah area yang berada di tepi aliran sungai Serayu menyediakan restoran untuk wisatawan. Suasana di areanya terasa nyaman, alami dan begitu asri. Wisatawan dapat menikmati aneka ragam hidangan tradisional maupun modern dengan cita rasa yang khas.

Selain nyaman untuk bersantap kuliner, wisatawan dapat menikmati waktu berkumpul bersama di tempat ini. Berbagai acara seperti rapat, gathering, hingga resepsi pernikahan dapat digelar di sini.

Berkemah di Kawasan Wisata Serayu

Arung Jeram Serayu Banjarnegara Jawa Tengah - Wahyu Yudistira
Bermalam di tepi aliran sungai Serayu dengan berkemah – Foto : GoogleMaps/Wahyu Yudistira

Wilayah tepi aliran sungai Serayu memberrikan suasana alam terbuka yang bersahabat. Wisatawan dapat bermalam dengan tenda-tenda yang tersedia di area camping ground. Bersantai bersama rekan dan keluarga, wisatawan dapat lebih dekat dengan alam sungai Serayu.

Lokasinya yang berada persis di tepi aliran membuat wisatawan dapat menikmati nuansa asrinya. Beristirahat di area ini, gemercik aliran sungai yang menenangkan akan menemani suasana liburan. Suhu udara sejuk berkisar 25-30°C dan hijaunya kawasan menambah sensasi semakin dekat dengan alam.

Baca: Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata

Menginap di Traditional Cottage

Arung Jeram Serayu Banjarnegara Jawa Tengah - cottage - serayu_
Cottage dengan desain tradisional di area wisata Arung Jeram Serayu – Foto : Instagram/serayu_

Wisatawan yang ingin bermalam di area Arung Jeram Serayu juga dapat memilih untuk menginap di cottage. Beberapa traditional cottage berada area tepi aliran sungai Serayu dengan suasana yang masih alami. Bangunannya pun khas arsitektur daerah dengan desain natural dikelilingi tanaman padi dan pepohonan.

Wisatawan akan dihibur dengan suara alam khas pedesaan, suara jangkrik, serta kicau burung. Berada di tepian sungai dengan persawahan, suara arus sungai menemani waktu istirahat wisatawan. Kapasitas cottage bervariasi, mulai dari dua orang hingga 10 orang wisatawan.

Menikmati Kemeriahan Festival Serayu

Beragam acara diselenggarakan di kawasan Arung Jeram Serayu. Salah satunya Festival Serayu Banjarnegara yang terdiri dari 15 event untuk menghibur wisatawan.

Gelarannya antara lain parade budaya, Banjar Banjir Dawet, Banjarnegara Hijau, serta Serayu Expo. Ada juga Ketoprak Jateng Gayeng, Parak Iwak, dan Banjarnegara Berzikir, maupun lomba karawitan. Tak ketinggalan kontes ternak, pasar lelang, coffee day, agro expo, dan festival dokar wisata.

Gebyar perhelatan festival tersebut mampu menarik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Wisatawan dapat ikut merasakan kemeriahan acaranya yang menambah keseruan liburan. Destinasi ini juga menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan olahraga arung jeram nasional dan internasional.

Lokasi Wisata Arung Jeram Serayu

Kawasan wisata out-bond ini berada di Jalan Banjarnegara km 15 Desa Randegan, Banjarnegara, Jawa Tengah 53481. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 4 – 5 jam dari Jogja maupun Semarang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini