Beranda Tiket Wisata

TRMS SERULINGMAS Tiket & Ragam Atraksi - Desember 2020

TRMS Serulingmas
Harga Tiket: Rp15.000 - Rp100.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: 02286591933 Alamat: Kutabanjarnegara,Banjarnegara,Banjarnegara,Jawa Tengah,Indonesia,53418.

Hewan memang sejatinya harus hidup di alam liar. Namun, kebijakan memperbolehkan pemeliharaan hewan yang dikelola dengan baik dan sesuai dengan habitat aslinya. Seperti halnya pengelolaan hewan yang ada di kebun binatang, yang mana ada di seluruh daerah. Seperti TRMS Serulingmas (Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas), kebun binatang yang ada di Banjarnegara.

TRMS Serulingmas tidak hanya memiliki kebun binatang, tapi juga wahana bermain dan kolam renang. Ada juga panggung hiburan yang menayangkan live music di hari tertentu. Yang lebih unik lagi, pengunjung dapat menyaksikan satwa di malam hari. Tentu sensasinya akan lebih berbeda dibanding dengan mengunjungi satwa di siang hari.

Harga Tiket Masuk TRMS Serulingmas

Tiket masuk yang diberlakukan masih sangat terjangkau. Tiket masuk ini dibedakan di hari biasa dan hari libur. Dan tiket ini pun sudah termasuk tiket terusan dengan kolam renang.

Harga Tiket Masuk
Hari biasaRp 15.000
Hari liburRp 20.000
Safari malamRp 100.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Banjarnegara

Jam Operasional TRMS

Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Untuk wisata malam, sebaiknya menghubungi terlebih dahulu pihak TRMS.

Jam Operasional
Senin – Sabtu08.00 – 16.00 WIB
Minggu07.00 – 16.00 WIB

Mengunjungi Berbagai Satwa di TRMS Serunglingmas

harimau salah satu koleksi kebun binatang TRMS
Harimau yang sedang Bersantai di Tepi Kolam. Foto: Gmap/Sigit Purnomo

TRMS Serulingmas menjadi kebun binatang yang ramai dikunjungi di Banjarnegara. Apalagi ketika musim liburan tiba, jumlah pengunjung bisa berkali – kali lipat. Kebun binatang yang diresmikan pada 24 Agustus 1997 ini memiliki banyak koleksi satwa. Kebanyakan koleksi ini berasal dari sumbangan berbagai pihak yang peduli alam.

Ketika memasuki gerbang kebun binatang, pengunjung akan disambut dengan burung garuda. Burung ini berjumlah dua ekor, yang diletakkan di dalam sangkar. Tampak anggun dan berwibawa dengan warna abu – abu dan putih yang khas. Di sebelahnya terdapat burung elang yang begitu gagah, sayangnya sudah jarang dijumpai di alam bebas.

Rupanya kelompok burung ini menjadi pembuka perjalanan di kebun binatang. Memasuki kebun binatang lebih jauh, pengunjung akan berjumpa dengan kandang macan dengan kolam di sekelilingnya. Salah satu dari hewan buas ini adalah macan putih. Namun, kandang dari macan putih dan macan loreng dijadikan satu.

Baca: Surya Yudha Park Tiket & Aktivitas

Bersantai di Area Kebun Binatang

ornamen di area sekitar kebun binatang
Ornamen Hiasan di TRMS. Foto: Gmap/Idah Ceris

Kebun binatang ini tidak hanya menyediakan kandang – kandang yang dihuni hewan. Pengunjung juga dapat bersantai di bangku – bangku yang telah disediakan. Memakan bekal, atau menyaksikan lalu lalang pengunjung lainnya. Atau bisa juga berfoto – foto dengan latar belakang berbagai kandang hewan.

Beberapa pohon tampak tumbuh tinggi dan menaungi area bawahnya. Para penjaja makanan pun tampak meramaikan suasana. Pengunjung bisa menghampiri beberapa yang salah satu pedagang ini adalah pedagang dawet ayu. Minuman khas Banjarnegara dengan dawet dan air santan yang manis karena guyuran gula merah.

Baca: Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata

Serunya Interaksi Bersama Hewan

Tidak hanya melihat hewan di dalam kandang, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan para hewan. Pengunjung dapat memberi makan hewan – hewan jinak sambil masuk ke dalam kandangnya. Seperti kelinci, dengan memberikan makanan khusus dari petugas kebun binatang. Pasti akan sangat seru dan begitu mengedukasi anak – anak.

Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan hewan buas, salah satunya ular piton. Pengunjung dipersilakan untuk menggendong ular piton sambil berfoto bersama hewan buas ini. Tenang, karena di sini pengunjung akan ditemani oleh pawang profesional. Sehingga tidak perlu khawatir meskipun berfoto bersama hewan buas.

Baca: Kawah Sikidang Dieng Tiket & Pesona

Wisata Malam di TRMS Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara
Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara. Foto: Gmap/faraday m

Salah satu keistimewaan TRMS Serulingmas adalah pengunjung dapat berwisata di malam hari sambil berinteraksi dengan satwa. Namun saat ini, fasilitas ini masih sangat terbatas untuk rombongan minimal 20 orang. Dan pengunjung harus memesan empat hari sebelum tanggal kunjungan. Karena, paket wisata ini termasuk juga untuk makan malam.

Suasana sepi dan tenang di malam hari turut menjadi tantangan tersendiri. Beberapa hewan tampak tidur kala malam, seperti orangutan. Beberapa masih ada yang aktif, namun tidak agresif seperti di siang hari. Namun, beberapa justru lebih aktif di malam hari, seperti burung merak dan unta.

Untuk menikmati wisata malam ini, pengunjung dibekali dengan headlamp sebagai penerangan. Yang lebih seru, pengunjung juga dapat menyuapi harimau menggunakan capit makanan. Pengunjung akan diajak masuk ke ruangan khusus yang berisi harimau supaya lebih dekat memberi makan. Saat menyuapi, headlamp harus dimatikan supaya harimau tidak terkejut, dan disinilah sensasinya.

Makam di Kebun Binatang

Meskipun ini merupakan tempat hiburan, namun siapa sangka jika di sini pun terdapat makam. Makam ini adalah milik Ki Ageng Selomanik, mantan komandan perang dan sahabat Pangeran Diponegoro. Beliau juga berjasa sebagai penyeru agama Islam di Banjarnegara. Yang mana, makam ini sudah ada bahkan sebelum kebun binatang didirikan.

Makam ini sudah berusia sekitar 30 dekade. Karena jasa – jasa yang dimiliki Ki Ageng Selomanik, makam ini tidak dipindahkan. Melainkan diberi tempat khusus di area kebun binatang ini. Sebagai tanda penghormatan atas jasa beliau.

Fasilitas Kebun Binatang TRMS Serulingmas

Fasilitas kolam renang di TRMS
Kolam Renang yang menjadi Fasilitas di TRMS. Foto: Gmap/Shelio Na

TRMS menyediakan fasilitas berupa kolam renang, wahana permainan anak, serta gazebo untuk berteduh. Ada juga panggung hiburan yang biasanya menayangkan live music. Serta toilet dan mushola untuk kenyamanan pengunjung.

Lokasi Kebun Binatang TRMS

Kebun binatang ini berlokasi di Kelurahan Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi TRMS di no telepon 02286591933.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini