Beranda Tiket Wisata

Ragam Aktivitas Wisata di Alun-Alun Ciamis - Februari 2020

Tgl. Update:Selasa, Februari 4, 2020
Alun-Alun Ciamis Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.168,Ciamis,Ciamis,Jawa Barat,Indonesia,46211.

Siapa pernah berkunjung ke Ciamis? Salah satu kota di Jawa Barat ini memang gaungnya belum sepopuler Bandung atau Garut sebagai kota wisata khas Pasundan. Tapi jangan salah, karena Ciamis juga punya pesonanya sendiri. Berkunjung ke Ciamis mungkin kurang afdhal kalau belum ke Alun-Alun Ciamis.

Plasa di pusat kota ini sejak dulu selalu ramai sebagai tempat rekreasi murah-meriah bagi warga Ciamis. Memang, apa saja sih yang bisa dilakukan di Alun-Alun Ciamis?

Tiket Masuk Alun-Alun Ciamis

Wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu bertanya-tanya berapa harga tiket masuk Alun-Alun Ciamis. Tempat wisata ini bisa dikunjungi secara cuma-cuma oleh semua kalangan. Pengunjung cukup membayar ketika ingin mencoba fasilitas hiburan yang tersedia secara swadaya di sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis

Jam Buka

Sebagai ruang terbuka, area Alun-Alun selalu terbuka bagi siapa saja tanpa jam operasional tertentu. Pengunjung bisa datang ke alun-alun ini kapan saja.

Jam Operasional
Setiap Hari24 jam

Aktivitas di Alun-Alun Ciamis

Alun-Alun Ciamis
Alun-Alun Ciamis tampak dari atas – Foto: Google Maps/Idonk Kunta

Kota Ciamis adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Ciamis. Kabupaten Ciamis sendiri merupakan satu dari beberapa daerah yang menjadi batas antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sebagai ibukota kabupaten, aktivitas sehari-hari di Kota Ciamis cukup dinamis. Ini bisa dilihat dari keramaian yang selalu hadir di Alun-Alun Ciamis, tempat berkegiatan warganya.

Baca: Alun-Alun Bandung 5 Daya Tarik Wisata

Alun-Alun Ciamis yang baru saja mengalami revitalisasi ini sejak dulu berfungsi selayaknya alun-alun kota. Tempat berkumpul, bersantai, dan mencicipi suasana pusat Kota Ciamis.

Baik warga lokal maupun wisatawan senang berkunjung ke taman kota ini. Tentu saja karena terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari sekadar bersantai hingga rekreasi keluarga.

Santai di Taman

Bersih dan nyaman
Bangku-bangku di sekitar air mancur Taman Rafflesia yang nyaman – Foto: Google Maps/bahrum d atmana

Alun-Alun Ciamis memiliki area taman yang dikenal sebagai Taman Rafflesia. Namanya diambil dari ikon alun-alun itu sendiri, yaitu air mancur yang bentuknya menyerupai bunga rafflesia.

Layaknya bunga raksasa, air mancur itu berdiri menjulang di tengah kolam taman. Saat malam tiba, air mancur ini akan tampak cantik oleh temaram lampu hias.

Pemandangan malam hari di Alun-alun ciamis
Pemandangan air mancur Taman Rafflesia di malam hari – Foto: Google Maps/R I E A Z

Di sekitar air mancur, terdapat bangku taman yang terbuat dari besi. Area air mancur ini dikelilingi juga oleh pepohonan. Setiap pohon dilingkari oleh bangku yang terbuat dari semen. Pengunjung tidak akan kekurangan tempat untuk duduk dan beristirahat ketika ingin menikmati suasana taman yang tenang.

Tidak hanya di Taman Rafflesia, pengunjung juga bisa bersantai di jajaran bangku taman yang tersedia di halaman depan Masjid Agung Ciamis. Area ini terletak di seberang Taman Rafflesia. Atau, pengunjung juga bisa berjalan-jalan mengelilingi taman. Kawasan taman ini ditutupi paving block yang nyaman dan luas.

Olahraga

Cocok untuk olahraga
Taman yang kini lebih luas dan nyaman untuk berolahraga – Foto: Google Maps/ArMusic

Selain santai, warga Ciamis juga senang memanfaatkan kawasan Alun-Alun Ciamis sebagai tempat olahraga. Area terbuka yang luas menjadikan tempat ini nyaman untuk jogging. Terdapat trek lebar yang mengelilingi sekitar air mancur Taman Rafflesia. Trek ini bisa menjadi area jogging, lari, atau senam.

Air mancur Taman Rafflesia juga dihiasi oleh undakan tangga yang lebar. Jarak setiap anak tangga tidak terlalu tinggi ataupun membahayakan. Dengan begitu, tangga ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga juga.

Wisata Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis
Masjid Agung Ciamis terletak di seberang Taman Rafflesia ALun-Alun Ciamis – Foto: Google Maps/Ahmad nasrudin

Beralih dari Taman Rafflesia, mari mengintip ke area Masjid Agung Ciamis yang berada di seberangnya. Memasuki kawasan masjid, pengunjung akan disambut oleh taman yang asri. Bangku-bangku berwarna cerah bersanding dengan pepohonan, menjadikannya asri dan teduh.

Sebelum memasuki area masjid, terdapat undakan anak tangga. Sepasang menara yang menjulang di sudut kanan dan kiri seolah menjadi gerbang kedatangan. Arsitektur masjid yang eklektik didominasi oleh warna hijau dan krem serta pilar marmer. Suasana sejuk dan adem tidak hanya membuat betah untuk beribadah tetapi juga beristirahat melepas lelah.

Wisata Kuliner

Kuliner malam hari
Lapak pedagang makanan lengkap dengan tikar untuk bersantap – Foto: Google Maps/R I E A Z

Jangan sampai meninggalkan Ciamis sebelum mencoba kulinernya. Alun-Alun Ciamis adalah salah satu lokasi yang tepat untuk berburu kuliner. Pada waktu sore hari hingga malam, beragam penjaja makanan hadir di sini.

Tidak hanya gerobak, pedagang juga menyediakan tempat duduk berupa tikar dan bangku. Pengunjung bisa memilih bersantap di bangku atau sembari lesehan. Nikmati kuliner khas seperti citruk, kupat panawangan, dan ayam goreng Ciamis di sini. Makanan dan minuman yang tradisional hingga kekinian pun ada di sini, lho.

Hiburan Anak-Anak

Delman domba
Pengunjung anak-anak menaiki delman domba alias deldom – Foto: Google Maps/bagolo scooter

Alun-Alun Ciamis menjadi destinasi rekreasi keluarga favorit bagi warga lokal. Terdapat area bermain anak dengan wahana seperti ayunan di sini. Selain itu, tempatnya yang luas membuat Alun-Alun Ciamis sebagai lahan bagi para penyedia fasilitas hiburan yang unik. Mobil remot hingga skuter listrik tersedia untuk disewa di sini.

Salah satu yang legendaris adalah deldom alias delman domba. Kereta delman diikatkan dan ditarik oleh seekor domba Garut. Karena ukurannya yang kecil, biasanya deldom diperuntukkan bagi anak-anak. Wahana satu ini hanya bisa ditemukan di Ciamis, jadi jangan lewatkan untuk mencobanya ya.

Mobil gowes warna-warni
Jajaran mobil gowes berhiaskan lampu dekorasi yang meriah – Foto: Google Maps/Bayu Satriya

Pada malam hari terutama malam Minggu, Alun-Alun Ciamis lebih ramai dengan kehadiran mobil dengan lampu hias berwarna-warni. Meski judulnya mobil, sebetulnya ini adalah sepeda tandem. Penampilannya yang terang dalam berbagai warna membuat malam di Alun-Alun Ciamis semakin semarak.

Fasilitas Alun-Alun Ciamis

Alun-Alun Ciamis baru saja mengalami revitalisasi. Selain lebih cantik, alun-alun ini juga menyajikan area yang lebih luas bagi pengunjung untuk bersantai. Selain itu, fasilitas yang tersedia pun sudah cukup memadai.

Terdapat area parkir, toilet, dan mushola. Pengunjung muslim juga bisa melaksanakan ibadah di Masjid Agung Ciamis yang berada di seberang Taman Rafflesia. Kawasan ini juga selalu ramai dikelilingi oleh pedagang makanan.

Lokasi Alun-Alun Ciamis

Alun-Alun Ciamis berada di pusat Kota Ciamis, tepatnya di antara Jalan Ir. H. Djuanda dan Jalan Jend. Sudirman. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Beberapa angkutan kota dengan trayek tertentu melewati tempat ini. Angkot tersebut di antaranya adalah trayek 02 jurusan Terminal Ciamis – Karangampel dan trayek 05 jurusan Terminal Ciamis – Gunungsari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here