Beranda Tiket Wisata

CADAS NGAMPAR Tiket & Daya Tarik Oktober 2021

Cadas NgamparHarga Tiket: Rp1.500 - Rp3.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Gunungsari, Sadananya, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46256

Cadas Ngampar adalah objek wisata sungai alami di Kabupaten Ciamis. Destinasi wisata ini mengambil tempat di aliran sungai Desa Gunungsari. Airnya jernih dengan lanskap bebatuan berukuran besar yang membuatnya semakin menawan. Jika ingin mencoba rekreasi dengan nuansa pedesaan yang sesungguhnya, Cadas Ngampar adalah jawaban yang tepat.

Harga Tiket Masuk Cadas Ngampar

Cadas Ngampar tergolong sebagai destinasi wisata yang murah-meriah. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati wisata di sini. Pengunjung hanya perlu membayar biaya kurang dari 5 ribu rupiah per orangnya. Sedangkan untuk Kegiatan river-tubing tersedia tiket terpisah.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp3.000
Anak-Anak Rp1.500
Rivertubing Rp75.000 (1 km) & Rp25.000 (200 meter)

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik di Ciamis

Jam Buka

Cadas Ngampar buka untuk umum setiap hari kecuali hari Jumat. Jam operasional mulai pukul 7 pagi hari hingga pukul 5 sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah selain siang hari. Panas terik membuat bebatuan di sungai menjadi panas dan kurang nyaman untuk jadi pijakan.

Jam Operasional
Senin-Kamis & Sabtu-Minggu07.00 – 17.00 WIB
JumatTutup

Daya tarik Cadas Ngampar

Sungai Cileueur Cadas Ngampar
Hamparan bebatuan di Sungai Cileueur yang menjadi kawasan wisata Cadas Ngampar – Foto: Gmap/Wisnu Prahara

Keseharian di tengah suasana kota dan segala geliatnya tidak jarang membuat penat. Karena alasan ini, rekreasi sudah jadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat kota. Banyak yang menghabiskan akhir pekannya untuk mencari suasana baru dan berbeda.

Bagi yang ingin mencari suasana alam yang menenangkan dan menyegarkan mata datanglah ke Cadas Ngampar Ciamis. Sebuah objek wisata yang berada di aliran sungai alami. Di sini, wisatawan bisa menikmati rekreasi alam berkeliling suasana pedesaan nan asri.

Kaki Gunung Sawal

Berada di kaki Gunung Sawal
Sungai Cileueur mengalir dari Gunung Sawal – Foto: Gmap/Wijaya Dewabhrata

Cadas Ngampar terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Areanya menempati sebagian aliran Sungai Cileueur. Sungai ini berasal dari sumber mata air di Gunung Sawal.

Gunung Sawal sendiri terkenal sebagai salah satu kawasan suaka margasatwa. Gunung berapi ini memiliki ketinggian setidaknya 1.764 mdpl. Kawasan ini dikenal dengan koleksi satwa liarnya yang beragam. Mulai dari lutung hingga macan tutul.

Sungai Alami

Suasana alam pedesaan
Sungai yang dikelilingi sawan dan hutan – Foto: Gmap/Nunu Kurnia

Daya tarik wisata Cadas Ngampar yaitu pesona sungai alaminya. Kawasan Sungai Cileueur merupakan aliran sungai yang cukup lebar. Sungai ini berhiasi banyaknya sebaran batu berbagai ukuran. Bebatuan ini menambah daya tarik bagi sungai ini.

Nama Cadas Ngampar memiliki arti ‘batu yang terhampar’. Nama ini memang diambil dari salah satu ikon di objek wisata tersebut. Karena di beberapa titik, terdapat batu berukuran besar yang berbentuk nyaris datar.

Selanjutnya di kanan dan kiri sungai, terdapat terasering sawah dan area hutan. Pemandangan hijau ini melengkapi keasrian suasana di sekitar sungai. Sehingga siapapun tentu akan betah dengan udara segar serta pemandangan yang menyejukkan mata.

Rekreasi Alam

Ramainya wisatawan Cadas Ngampar
Menikmati berbagai aktivitas rekreasi di sungai – Foto: Gmap/Fahmi A Aziz

Jika mencari kegiatan rekreasi dengan suasana pedesaan yang kental, inilah tempat yang tepat. Di Cadas Ngampar, wisatawan dapat menikmati aktivitas rekreasi sederhana. Berenang dan bermain air adalah kegiatan utamanya. Kemudian menikmati sejuknya aliran air Sungai Cileueur sambil duduk di bebatuan dengan permukaan yang halus.

Aliran sungainya memiliki kedalaman yang beragam. Di bagian tertentu, terdapat titik yang dangkal. Namun ada juga bagian yang cukup dalam dan menyerupai kolam. Area yang dalam ini biasanya digunakan untuk berendam dan berenang.

Keberadaan bebatuan yang besar memang jadi keuntungan tersendiri. Pengunjung bisa menguji keberanian dengan melakukan ‘cliff jumping‘. Ada beberapa batu berukuran hingga 3 meter yang cocok jadi tumpuan. Namun jika masih ragu, gunakan pelampung untuk keamanan yang bisa disewa dengan harga murah-meriah di sini.

Piknik dan Tubing

Serunya botram dengan orang terkasih
Bersantap ditemani pemandangan dan gemericik suara aliran sungai – FOto: Gmap/fidaul muttaqien

Setelah bermain air, istirahatkan tubuh di gazebo yang ada di bantaran sungai. Kemudian wisatawan bisa menyantap bekal atau membeli dari warung yang ada. Atau bisa juga mencoba sensasi bersantap di atas bebatuan sambil berteman gemericik suara sungai. Ingat, tetap buang sampah di tempatnya dan jagalah kebersihan sungai ini ya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Cadas Ngampar adalah di luar musim hujan. Air yang mengalir biasanya lebih sedikit, namun lebih jernih tanpa membawa lumpur. Arusnya cukup deras tapi tetap aman untuk berenang.

Tipe aliran sungai ini sangat cocok untuk kegiatan river-tubing. Oleh karena itu pengelola menyediakan dua jenis paket tubing. Di paket long trip, wisatawan akan diajak mengarungi sungai sejauh 1 kilometer. Sementara paket short trip mencakup jarak 200 meter, sehingga cocok untuk pemula dan anak-anak.

Peserta akan diberi perlengkapan keamanan seperti jaket pelampung dan helm. Selama kegiatan, guide akan mendampingi dan menjaga keamanan seluruh peserta. Rasakan serunya meluncur di antara bebatuan bersama aliran sungai nan jernih.

Fasilitas Cadas Ngampar

Cadas Ngampar menyediakan fasilitas toilet, gazebo, dan kios makanan yang dilengkapi saung. Karena berada di pinggir jalan, area parkir yang tersedia sangat terbatas. Di sekitar lokasi wisata juga belum ada penginapan yang memadai. Penginapan terdekat berada di Kota Ciamis.

Lokasi Cadas Ngampar

Objek wisata ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Berjarak sekitar 12,5 kilometer ke utara dari Kota Ciamis. Lokasinya bisa dijangkau kendaraan pribadi melalui rute Jalan Sadananya – Gunung Sari dari arah Ciamis. Akses jalan cukup baik dengan kondisi jalan pedesaa yang sempit namun mulus.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 5

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini