Beranda Tiket Wisata

PUNCAK BANGKU Tiket & Daya Tarik - November 2020

Puncak Bangku
Harga Tiket: Sukarela - Rp3.000 Jam Buka: 06.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Situmandala,Rancah,Ciamis,Jawa Barat ,Indonesia,46387.

Ketika ingin melihat pemandangan di atas awan, biasanya tujuan utama langsung gunung. Memang, mendaki gunung itu tidaklah perkara yang bisa disepelekan. Perlu fisik dan mental yang kuat untuk mencapai puncak dan menikmati keindahannya. Namun, sebenarnya tanpa perlu mendaki pun bisa mendapatkan pemandangan awan, tepatnya di Puncak Bangku Ciamis.

Tempat ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin menyaksikan awan beterbangan di bawahnya. Lokasinya yang berada di pedesaan membuatnya lebih mudah dijangkau wisatawan. Terlebih, saat ini akses dan fasilitas sudah tersedia dengan baik. Yang membuat tempat ini menjadi favorit wisatawan.

Harga Tiket Masuk Puncak Bangku Ciamis

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Hanya saja, wisatawan harus membayar tarif parkir. Serta, ada beberapa spot foto yang dikenakan tarif tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukSukarela
Wahana FotoRp2.000 – Rp3.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Ciamis

Jam Operasional

Secara operasional, objek wisata ini buka sejak pukul 6 pagi hingga 5 petang. Namun, wisatawan dapat datang sejak pukul 4 atau 5 pagi. Bahkan, wisatawan juga dapat mendirikan tenda untuk berkemah di sini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Negeri di atas Awan tanpa Mendaki

Spot Foto Gubug yang Menjorok di Tepi Jurang
Spot Foto Gubug yang Menjorok di Tepi Jurang. Foto: Gmap/Ratna Arumnasari

Pemandangan negeri di atas awan ketika mendaki gunung adalah hal yang sangat wajar. Karena gunung memiliki tinggi ribuan meter, tak heran jika awan seolah mengambang di bawahnya. Namun, berbeda halnya ketika berada di Ciamis, tepatnya di Desa Situmandala. Tanpa harus mendaki, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan negeri di atas awan yang menawan.

Pagi buta adalah waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi Puncak Bangku. Wisatawan dapat datang pada pukul 4 atau 5 pagi, dimana awan akan terlihat menggumpal. Wisatawan akan takjub dengan hamparan putih di depan mata, seolah berada di negeri atas awan. Udara sejuk pun langsung menyambut bersamaan dengan pemandangan putih yang masih menghampar di hadapan.

Baca: Ragam Aktivitas Wisata di Alun-Alun Ciamis

Waktu berlalu, waktunya matahari mulai menampakkan dirinya. Keluar dengan sinar kuningnya yang begitu cerah, perlahan menyapu gumpalan awan putih ini. Awan mulai perlahan memudar, dan mulai menampilkan perbukitan hijau nun jauh di hadapannya. Perlahan tapi pasti, awan mulai menghilang, berganti dengan pemandangan hijau pepohonan dan sawah di bawahnya.

Menyaksikan Awan di Sore Hari

Pemandangan Negeri Atas Awan di Puncak Bangku
Pemandangan Negeri Atas Awan. Foto: Gmap/Rita Nuryani

Jika tidak sempat menikmati keindahan awan saat pagi hari, wisatawan dapat menikmatinya saat sore. Berbeda dengan objek wisata lain yang menawarkan pemandangan negeri di atas awan. Yang biasanya hanya menawarkan pemandangan indah ini kala pagi hari. Namun di Puncak Bangku, wisatawan juga dapat menikmatinya saat sore hari.

Namun, untuk menyaksikannya saat sore hari, tergantung pada cuaca yang terjadi. Dimana, kabut tebal atau awan akan muncul setelah sebelumnya hujan. Jika tidak ada hujan, maka tidak akan tertutup kabut tebal. Sehingga fenomena awan di sore hari sangat bergantung pada cuaca.

Pemandangan Alam yang begitu Mempesona

Tebalnya Awan Kala Pagi
Tebalnya Awan Kala Pagi. Foto: Gmap/AC Channel

Tidak hanya di pagi maupun sore hari, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan siang hari. Dimana, pemandangan yang disuguhkan alam ini adalah pemandangan hijau hutan dan sawah. Seolah dibawah seluruh permukaan tertutupi dengan pohon hijau. Perbukitan yang ada di depan gardu pandang pun tampak seluruhnya tertutupi pepohonan hijau.

Pemandangan alam yang indah ini sangat tepat jika dijadikan latar belakang untuk berfoto. Persawahan yang ada di bawah pun dapat menjadi latar belakang yang unik. Dari kejauhan, wisatawan juga dapat menyaksikan Gunung Ciremai. Yang tampak gagah meskipun letaknya jauh dari Puncak Bangku.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto Sarang Kerucut yang menjadi Favorit di Puncak Bangku
Spot Foto Sarang Kerucut yang menjadi Favorit. Foto: Gmap/Atin maelany

Tidak hanya pemandangan indah yang ditawarkan sebagai spot foto. Di sini juga tersedia bermacam – macam spot foto instagramable yang selalu menjadi incaran wisatawan. Tak heran, seringkali di spot foto ini terlihat antrean panjang wisatawan. Berbagai gardu pandang dari kayu telah disiapkan, supaya wisatawan dapat berfoto lebih dekat dengan awan.

Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah spot foto sarang burung. Dimana, terdapat tempat yang berbentuk seperti kerucut dengan lubang di bagian depan. Wisatawan dapat masuk ke dalam kerucut sarang burung ini. Wisatawan hanya berpose di ambang lubang, ketika berfoto saat pagi, tampak gumpalan awan di belakangnya.

Selain itu, ada juga spot gubug yang menjorok mendekat ke arah awan putih. Ada juga spot dengan ranting yang dibentuk hati. Dimana spot ini menjadi favorit wisatawan yang datang bersama pasangannya. Dan jika beruntung, tidak hanya awan yang menjadi latar belakang, tapi terkadang ada pemandangan pelangi.

Berkemah di Negeri Awan

Tempat indah ini dapat ditinggali wisatawan dengan berkemah. Sebaiknya, carilah saat musim kemarau, supaya tidak terganggu hujan. Wisatawan dapat mendirikan tenda di tempat yang telah disediakan di lokasi.

Dengan berkemah, wisatawan tentu tidak akan ketinggalan menikmati indahnya negeri di atas awan kala fajar. Tentu akan semakin puas menghabiskan waktu dengan berfoto berbagai pose. Dan tentu akan menyenangkan, menyambut hari dengan udara yang sejuk dan menenangkan di atas puncak.

Fasilitas di Puncak Bangku Ciamis

Fasilitas yang tersedia di objek wisata sudah lengkap. Dimana terdapat area parkir, mushola, gazebo, serta warung – warung. Di warung – warung ini menyediakan berbagai makanan dan minuman hangat. Yang tentu akan nikmat disantap sambil menyaksikan awan yang bertebaran.

Lokasi Puncak Bangku Ciamis

Berlokasi di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Berjarak 35 Kilometer dari pusat kota ciamis. Bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini