PANGANGONAN HILL Harga Tiket dan Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Pangangonan Hill: Rp2.000
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Dusun. Pacargantung rt/rw 02, RW.01, Karangjaya, Karangjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 46199

Pangangonan Hill Tasikmalaya merupakan perbukitan dengan suasana alam yang sangat asri. Di sini wisatawan dapat menikmati suguhan pemandangan hijau. Pepohonannya tumbuh dengan subur dan rindang. Ada juga areal berumput yang cocok untuk mendirikan tenda.

Suasana alami perbukitan sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau kawan-kawan. Nuansa alamnya yang asri berpadu dengan udara sejuk khas dataran tinggi. Bukit ini juga menjadi destinasi wisata yang terus mengalami perkembangan. Karena kini sudah tersedia saung-saung dan berbagai fasilitas.

Harga Tiket Masuk Pangangonan Hills

Berwisata ke kawasan perbukitan ini sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Walaupun murah, namun kualitas destinasi wisata ini tidak bisa dikatakan murahan. Apalagi panoramanya indah dan bisa menjadi spot foto Instagramable.

Harga Tiket Masuk Pangangonan Hills
Tiket MasukRp2.000
ParkirRp2.000

Baca: Wisata Gunung Galunggung Tiket Murah Beragam Aktivitas

Jam Buka Pangangonan Hills

Objek pariwisata ini buka dari pagi sampai sore untuk setiap pengunjungnya. Terkecuali bagi yang ingin berkemah, maka bisa sepuasnya bermalam. Akan lebih seru jika wisatawan berkemah di lokasi ini karena bisa berekreasi seharian penuh. Dengan begitu pengunjung bisa melihat sunset dan sunrise yang memukau.

Jam Buka
Sabtu – Kamis07.00 – 17.00 WIB
Jumat13.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Wisata Pangangonan Hills

Wisata di atas bukit Pangangonan Hill yang asri
Wisata di atas bukit yang hijau dan asri. Foto: google maps/Pipit Nurhasanah

Pangangonan Hill bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata menarik saat mengeksplorasi wilayah Tasikmalaya. Di sini pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas rekreasi. Misalnya trekking, piknik, camping, dan berfoto. Selain itu, objek wisata ini juga nyaman karena fasilitasnya yang memadai.

Trekking atau Berkendara Menuju Puncak Bukit

Serunya trekking ke puncak Pangangonan Hill beramai-ramai
Serunya trekking menuju lokasi wisata. Foto: google maps/Agus Setiabudi

Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menuju puncak bukit. Bila suka dengan kegiatan trekking, wisatawan bisa melalui jalur pejalan kaki. Namun jalur ini akan membutuhkan cukup banyak tenaga karena menanjak. Wisatawan perlu mendaki sekitar 10 – 15 menit saja untuk menuju ke puncaknya.

Kemudian yang kedua adalah jalur tanjakan yang bisa dilalui oleh kendaraan baik motor ataupun sepeda. Menaiki kendaraan ke puncak bukitnya merupakan cara tercepat. Akan tetapi jalur ini tidak direkomendasikan pada saat musim hujan. Sebab jalan untuk naik maupun turun akan licin dan berbahaya bagi keselamatan pengunjung.

Baca: TEEJAY Waterpark Tiket dan Wahana

Pemandangan Dari Atas Deck View

Melihat indahnya pemandangan dari atas deck view di Pangangonan Hill
Melihat indahnya pemandangan dari atas deck view. Foto: google maps/Pipit Nurhasanah

Di Pangangonan Hill terdapat gardu pandang berupa bangunan panggung yang terbuat dari bambu. Ada dua buah deck yang letaknya berdampingan. Desainnya sangat ramah lingkungan dan menyatu dengan alam. Dari tempat tersebut pengunjung dapat melihat bentang alam perbukitan lebih luas.

Pemandangan pemukiman penduduk di bawah bukit dapat terlihat dan sangat memanjakan mata. Di gardu pandang ini juga sering menjadi spot foto yang Instagramable. Pada saat senja, pengunjung bisa berfoto siluet di atas deck. Namun perlu berhati-hati jika mengajak anak-anak ke deck view karena ada yang belum terpasang pagar pembatas.

Baca: PANTAI SINDANGKERTA Tasik Harga Tiket dan Ragam Aktivitas

Piknik di Pangangonan Hill

Piknik bisa menjadi aktivitas yang seru bila melakukannya di atas bukit. Karena udaranya sejuk, terbebas dari polusi ataupun kebisingan. Pengunjung bisa membawa bekal makanan untuk piknik di atas bukit Pangangonan ini. Namun bila tidak mau repot membawa banyak bekal, bisa membeli makanan di warung yang tersedia.

Piknik bisa dilakukan dengan duduk lesehan di atas rumput atau menggelar tikar. Bisa juga duduk di bangku-bangku yang sudah tersedia. Bangku yang ada sudah lengkap dengan payung outdoor lebar berbahan jerami. Sehingga pengunjung dapat berteduh dari sinar matahari.

Baca: PANTAI CIPATUJAH Harga Tiket dan Ragam Atraksi

Camping di Pangangonan Hill

Camping di atas bukit Pangangonan Hill
Wisatawan sedang melakukan camping di atas bukit. Foto: google maps/Agus Setiabudi

Area rerumputan di bukit Pangangonan sangat luas. Sehingga pengunjung bersama rombongan bisa dengan mudah mencari lokasi yang bagus untuk mendirikan tenda. Kegiatan pramuka juga cocok berlangsung di sini untuk lebih mendekatkan siswa pada alam. Untuk melakukan camping, pengunjung wajib melapor kepada petugas yang berjaga.

Pengunjung yang berkemah akan berkesempatan menyaksikan sunset dan sunrise dari atas bukit. Untuk sunset berlangsung sekitar pukul 17.40. Sedangkan sunrise di bukit ini akan bisa dinikmati mulai jam 06.00 pagi. Bagi yang ingin menyewa tenda bisa mencarinya pada rental yang dikelola oleh warga setempat.

Baca: Curug Dengdeng Harga Tiket dan Aktivitas

Warung Sederhana di Atas Bukit

Di area bukit terdapat warung sederhana yang bisa menjadi tempat mengisi perut kala lapar. Warung tersebut menawarkan jajanan ringan, mie hangat, nasi liwet, nasi leumeung, seblak, dan lain-lain. Ada juga berbagai varian minuman seperti teh, kopi, susu, nutrisari, dan lainnya.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukup membuat pengunjung nyaman. Karena sudah tersedia parkiran untuk menitipkan kendaraan bermotor.

Kemudian tersedia toilet umum yang bisa pengunjung gunakan selama rekreasi di atas bukit. Bila ingin beribadah pun sudah tersedia musala yang memadai. Selain itu terdapat beberapa saung untuk pengunjung berteduh. Ada pula fasilitas permainan ayunan yang sekaligus bisa menjadi spot foto.

Lokasi Pangangonan Hill

Wisata perbukitan ini beralamat di Dusun Pacargantung rt/rw 02, RW.01, Karangjaya. Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46199. Dari pusat kota Tasikmalaya ke Pangangonan Hill berjarak sejauh 30 Kilometer. Bila menempuhnya dengan kendaraan bermotor akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam.

Berikan Rating

4.8 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *