Boyolali Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota susu ini. Rupanya memiliki beberapa alun-alun yang bisa dijadikan tujuan rekreasi. Salah satunya adalah Alun-alun Kidul Boyolali.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di sini. Mulai dari berloahraga, wisata kuliner (street food), piknik, serta beberapa wahana permainan anak-anak. Tidak ketinggalan tentu foto di patung ikonik Lembu Sora.

Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk mengakses fasilitas ini tidak dibatasi usia, waktu atau kewarganegaraan. Semua orang bebas untuk berkunjung dan melakukan aktivitas disini. Pengunjung atau warga sekitar tidak dipungut biaya untuk datang kesini.

Harga Tiket & Jam Buka
TiketGratis
Jam Buka24 Jam

Baca: Umbul Sewu Pengging Tiket & 6 Aktivitas Seru

Alun-alun ini tentu buka 24 jam. Tetapi aktivitas yang hadir disini tentu berbeda-beda. Mungkin bisa sampai larut atau sepi tergantung acara apa yang sedang diadakan, apakah perayaan atau hanya aktivitas biasa.

Aktivitas Di Alun-Alun Kidul Boyolali

Tulisan Alun-Alun Kidul Boyolali
Tulisan Alun-Alun Kidul Boyolali-Foto:google.maps/Fullo Vino

Bagi yang ingin berkunjung ke sini namun bingung dengan aktivitas yang tersedia, simak dulu beberapa kegiatan yang sudah rutin dilakukan oleh warga sekitar alun-alun Kidul Boyolali ini.

Berolahraga di Alun-Alun Kidul Boyolali

Dengan lahan yang dipenuhi rerumputan dan jalanan yang luas. Tentu Alun-alun sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berolahraga. Selain melakukan senam pada akhir pekan, pengunjung juga bebas untuk berolahraga disini.

Mau waktunya sore, pagi atau malam hari juga boleh. Sesekali ada juga kompetisi olahraga yang diadakan disini. Mulai dari bersepeda sampai drum-band. Mungkin kalau sedang beruntung dan jadwal berkunjung sesuai dengan agenda, pengunjung bisa melihat atlet-atlet yang sedang berlatih disini.

Piknik Asyik

Kalau sedang bersama dengan keluarga atau teman, paling seru setelah lelah berolahraga adalah makan. Atau bisa juga mengadakan piknik dilokasi ini. Melihat luasnya lapangan dengan pemandangan berupa bangunan-bangunan bersejarah dan dibuat unik oleh pemerintah setempat.

Selain suasana yang cocok untuk bercengkerama disini. Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika tiba-tiba berencana piknik sementara tidak menyiapkan makanan. Di sekitar Alun-alun Kidul Boyolali juga cukup banyak penjual jajanan yang cocok untuk ngemil-ngemil cantik.

Wahana Permainan

Bagi para pengunjung yang membawa serta putra-putri nya kemari. Ada juga beberapa wahana permainan untuk anak-anak yang aman. Tapi harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Salah satunya adalah becak hias. Biasanya becak hias ini akan berkeliling disekitar alun-alun Kidul Boyolali. Dengan warna-warni yang cantik dan menarik. Bukan hanya cocok untuk ditumpangi saja, becak hias ini juga bagus sebagai latar foto pengunjung.

Spot Foto

Kalau sudah makan, sudah berolahraga sudah main sana sini. Sekarang saatnya berfoto-foto cantik untuk upload ke media sosial. Berikut area foto-foto yang instagrammable bisa diajdikan objek foto

Tulisan Alun-Alun Kidul

Salah satu landmark dari Alun-alun tentu tulisan Alun-Alun Kidul yang biasa dijadikan jogging track. Selain dilewati untuk jogging, tulisan ini juga sangat instagrammable. Warnanya yang mencolok dengan ukuran besar, pasti oke menambah koleksi foto-foto menjelajah di Indonesia.

Patung Sapi atau Lembu Sora Alun-Alun Kidul Boyolali

Patung Sapi Lembu Sora di Alun-Alun Kidul Boyolali
Patung Sapi Lembu Sora di Alun-Alun Kidul Boyolali-Foto:google.maps/Nun syahnam

Landmark kedua dan yang paling sering dijadikan sebagai spot foto adalah patung sapi. Biasanya patung sapi ini disebut sebagai lembu sora atau Sapi Ndekem. Lokasi ini bisanya cukup ramai peminatnya.

Jadi, pengunjung harus rela antri dengan pengunjung yang lainnya. Siapkan peralatan kamera dan gaya terbaik untuk berfoto di patung Sapi ini.

Panggung Hiburan

panggung hiburan di alun-alun boyolali
Panggung hiburan yang sering digunakan untuk menggelar berbagai acar. foto: google maps/Femmy Yesiana

Alun-alun memang difungsikan sebagai ruang publik sehingga fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan seperti panggung harus tersedia. Biasanya panggung ini digunakan ketika mengadakan acara-acara seperti pertunjukan seni atau perayaan.

Tetapi ketika sedang tidak kegiatan, kembali panggung hiburan ini difungsikan sebagai spot foto. Pada akhir pekan panggung ini bisanya ramai dikunjungi. Karena di sini sering dilangsungkan pagelaran musik. Dari yang klasik sampai yang modern.

Pendopo Gede Alun-Alun Kidul Boyolali

Selain tulisan Alun-alun Boyolali, Patung sapid an panggung hiburan. Ada pendopo yang bangunannya masih terlihat jadul untuk spot foto. Pendopo ini berlokasi disebelah barat alun-alun.

Kantor Bupati Boyolali

Selain sebagai berfungsi sebagai ruang public, alun-alun juga menjadi halaman dari kantor pemerintahan Kabupaten Boyolali. Dimana, ada bangunan berupa kantor Bupati yang di desain seperti Istana Merdeka. Tidak perlu jauh-jauh ke Ibukota untuk berfoto didepan Istana Merdekat rupanya.

Gedung DPRD Boyolali

Sama seperti Kantor Bupati. Desain dari Gedung DPRD disini dibuat serupa dengan gedung DPR/MPR yang terletak di Senayan Jakarta. Jadi para pengunjung bisa melihat Gedung DPR/MPR mini disini.

Fasilitas

Sebagai ruang publik fasilitas di lokasi ini cukup standar yaitu lokasi parkir. Tetapi sayang toilet di alun-alun ini kurang terawat. Sehingga banyak pengunjung yang menyayangkan dengan tidak sigapnya pengelola memberikan fasilitas terbaik di ruang publik ini.

Lokasi Alun-alun Kidul Boyolali

Kalau sudah penasaran untuk mengunjungi lokasi ini, datang ke Wonosari, Kemiri, Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57482.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.