Beranda Tiket Wisata

Simpang Lima Boyolali Wisata Kuliner Hingga Patung Ikonik – Februari 2023

0
Simpang Lima Boyolali Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Bayanan, Siswodipuran, Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57311.

Simpang Lima Boyolali bisa menjadi alternatif wisata di Boyolali yang memiliki ikon Patung Arjuna. Sebuah patung dengan bentuk dua orang pria tengah mengendarai kereta kuda. Di mana jumlah patung kudanya mencapai 13 ekor.

Sebenarnya kawasan ini bukanlah tempat wisata. Melainkan taman kota yang terletak di tengah-tengah persimpangan jalan. Tetapi karena ada Patung Arjuna besar mendadak lokasi ini berubah menjadi tempat wisata. Tempat ini banyak menyimpan keindahan yang tak terduga. Misalnya taman hijau tersembunyi di balik Patung Arjuna.

Harga Tiket Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali tidak menetapkan biaya tiket masuk kepada para pengunjung yang datang. Semua fasilitas di sekitarnya dari taman hingga perpustakaan bisa dinikmati secara gratis. Berfoto dengan latar belakang Patung Arjuna pun juga tidak dikenakan tarif sepeser pun. Bisa dibilang kawasan ini termasuk objek wisata yang murah meriah.

Harga Tiket Simpang Lima Boyolali
Tiket masuk Gratis

Baca: GUNUNG MERBABU Tiket & 5 Rute Pendakian

Jam Buka

Kawasan Simpang Lima Boyolali tidak menetapkan jam khusus. Setiap orang bisa datang kapan pun sesuka hati. Karena wisata ini selalu buka setiap hari dan beroperasi selama 24 jam penuh. Bahkan saat tanggal merah tetap buka seperti biasa.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Daya Tarik Wisata Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali bisa menjadi alternatif tujuan wisata selama berada di Kabupaten Boyolali. Kawasan ini memiliki sejumlah daya tarik. Beberapa di antaranya Patung Arjuna, wisata kuliner, Perpustakaan Boyolali, dan taman terbuka hijau. Bagi yang ingin berbelanja sayuran bisa mampir ke pasar sore di belakang perpustakaan.

Baca: Objek Wisata Tlatar Boyolali Tiket & Wahana

Patung Arjuna

Patung Arjuna Simpang Lima Boyolali.
Patung Arjuna Simpang Lima Boyolali menggambarkan Arjuna dan Krisnha tengah mengendarai kereta kuda dalam perang bharatayudha. Foto : Googlemap/Herupit

Keberadaan Patung Arjuna memang menjadi magnet tersendiri untuk menarik kunjungan wisatawan. Daya tariknya sendiri terletak dari deretan patung kuda yang seolah tampak hidup. Banyak yang mampir ke kawasan ini hanya untuk sekedar berswafoto. Serta tak jarang yang ingin melihat bagaimana kemegahan dan keindahan patung dari jarak dekat.

Konsep patungnya mengambil kisah pewayangan dari salah satu tokoh Pandawa bernama Arjuna. Pada patung tersebut Arjuna digambarkan tengah mengendarai kereta kuda bersama Krishna. Tokoh Arjuna yang memegang anak panah di kedua tangannya. Sementara Krishna berada di bagian depan yang tengah mengemudikan kereta kuda.

Perkiraan tinggi Patung Arjuna ini mencapai 25 meter. Sedangkan panjangnya kurang lebih 24 meter. Hampir keseluruhan badan patung ini terbuat dari bahan tembaga berkualitas tinggi. Pada malam hari patungnya akan mengeluarkan cahaya keunguan yang memukau.

Baca: WADUK CENGKLIK PARK Tiket & Wahana

Wisata Kuliner

Wisata kuliner malam di Simpang Lima Boyolali.
Wisata kuliner di Simpang Lima Boyolali menawarkan beragam menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Foto : Googlemap/Ilham Andree

Tidak hanya Patung Arjuna saja yang menjadi daya tarik wisata Simpang Lima. Kawasan ini juga terkenal akan kelezatan kulinernya yang beragam. Pengunjung bisa berjalan kaki ke arah sisi timur atau barat trotoar. Di area tersebut banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Salah satu minuman yang paling terkenal di Simpang Lima adalah susu segar. Penjualnya adalah seorang wanita bernama Tutik Amiyati. Setiap Sabtu dan Minggu pagi dirinya selalu menjajakan dagangannya di sisi timur trotoar. Usahanya ini sudah berjalan kurang lebih sekitar 1 tahun.

Susu segar yang dijual Bu Tutik mempunyai kisaran harga Rp5.000 hingga Rp10.000. Tergantung dari ukuran liter susu dalam kemasan. Biasanya yang ukuran 250 mililiter harganya Rp5.000. Sementara yang berukuran 600 mililiter dijual dengan harga Rp 10.000.

Baca: NEW SELO Boyolali Tiket & Spot Foto Unik

Perpustakaan Boyolali

Perpustakaan daerah Kabupaten Boyolali.
Perpustakaan di Simpang Lima Boyolali mempunyai sejumlah koleksi buku seperti novel, buku cerita, pelajaran, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Jambul Yudha

Simpang Lima Boyolali tidak hanya untuk tempat nongkrong atau bersantai. Wisata ini juga memiliki sisi edukasi dengan berkunjung ke Perpustakaan di belakang Patung Arjuna. Dulunya lokasi perpustakaan berada di Jalan Seiko yang berdekatan dengan toko bangunan. Namun kini pemerintah memindahkannya ke Simpang Lima dengan bangunan bernuansa putih dan kekinian.

Di dalam perpustakaan terdapat buku-buku menarik yang bisa dibaca pengunjung. Tidak sekedar membaca di tempat. Pengunjung juga bisa meminjam bukunya untuk dibaca di rumah. Selain terdapat koleksi buku, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas komputer dan WiFi gratis.

Dengan mengunjungi Simpang Lima pengunjung tidak hanya memperoleh hiburan semata. Melainkan juga mendapatkan banyak pengetahuan dengan berkunjung ke Perpustakaan Boyolali. Ada beberapa buku bagus yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari buku pelajaran, novel, buku cerita, dan masih banyak lagi.

Baca: BALE RANTJAH PARK Tiket, Aktivitas & Fasilitas

Taman Terbuka Hijau

Di sekitar Patung Arjuna terdapat taman terbuka hijau yang biasa digunakan untuk bersantai. Penataannya begitu rapi dengan hiasan rerumputan hijau di atas permukaan tanahnya. Suasana kian terasa sejuk dengan kehadiran pohon besar yang berada di sisi perpustakaan.

Selain itu terdapat pula tanaman bunga warna-warni menghiasi permukaan rumputnya. Ada yang berwarna putih, ungu, merah, kuning, dan jingga. Namun yang paling mendominasi adalah warna merah dari bunga tasbih. Tinggi tanaman ini sekitar 2 meter dengan daun berukuran besar serta lebar.

Baca: EMBUNG MANAJAR Tiket & Panorama 5 Gunung

Pasar Sore

Menjelang sore hari terdapat sebuah pasar dadakan di belakang perpustakaan. Di sini banyak pedagang yang menjual aneka sayur mayur. Mulai dari kubis, wortel, tomat, cabai, dan masih banyak lagi.

Selain sayuran ada juga pedagang yang menjual jajanan pasar. Wisatawan bisa berbelanja sekaligus menikmati wisata kuliner. Harganya pun murah meriah dan tidak terlalu menguras isi kantong. Biasanya satu kue dijual dengan harga Rp500 sampai Rp10.000.

Fasilitas Simpang Lima Boyolali

Walaupun Simpang Lima termasuk wisata Baru di Kabupaten Boyolali. Tetapi fasilitas pendukung yang disediakan pihak pengelola sudah memadai. Mulai dari penyediaan tempat parkir, tempat makan, dan gazebo untuk tempat bersantai.

Lokasi Simpang Lima Boyolali

Simpang Lima Boyolali berlokasi di Bayanan, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-alun Kidul Boyolali. Dan masih berada di tengah pusat Kota Boyolali.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 26

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini