Sebutan negeri di atas awan untuk Dataran Tinggi Dieng memang tak salah. Tempat ini menawarkan berjuta pesona keindahan dataran tinggi yang eksotis. Banyak tempat yang akan memanjakan mata pengunjung, salah satunya adalah Bukit Sikunir Dieng.

Bukit Sikunir menjadi salah satu destinasi favorit di dataran tinggi dieng. Hal ini karena puncak bukitnya yang menjadi spot terbaik untuk menikmati golden sunrise. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daerah berbondong-bondong ingin melihatnya langsung.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Dieng

Untuk menikmati keindahan alam yang sangat memukau ini tiketnya sangatlah murah. Pengunjung cukup mengeluarkan beberapa ribu sudah bisa menikmati keindahan Panorama di kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Dieng
TiketRp10.000

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

Jam Buka Bukit Sikunir Dieng

Tak perlu khawatir dengan waktu operasionalnya, Bukit Sikunir buka jam 02.00-18.00 WIB.

Jam Buka
Setiap Hari02.00 – 18.00 WIB

Pesona dan daya tarik bukit ini memang bisa dikatakan luar biasa. Berikut beberapa hal yang bisa dinikmati ketika berwisata ke tempat ini.

Menikmati Golden Sunrise di Bukit Sikunir Dieng

Golden sunrise bukit sikunir dieng
Keindahan matahari terbit yang sinarnya berwana keemasan bisa disaksikan di sini. Foto: Google Maps/Yoppie Widianto

Kawasan perbukitan selalu menawarkan keindahan alam dan kesejukan, begitu pula dengan Bukit Sikunir. Meski harus mendaki untuk mencapai puncak, hal itu tidaklah masalah. Keelokan golden sunrise menjadi obat lelah yang ampuh bagi para wisatawan.

Golden sunrise merupakan cahaya emas kilauan mentari pagi ketika baru muncul dari peraduannya. Adalah momen yang sangat luar biasa bisa menikmati salah satu keindahan alam ini. Fenomena ini juga sarana mendekatkan diri kepada Tuhan melalui rasa syukur atas anugerah-Nya.

Untuk bisa menikmati golden sunrise, pengunjung harus berangkat sebelum subuh. Jangan khawatir kesepian, karena jam 3.00 WIB sudah banyak wisatawan menuju ke sana. Berjalan kaki 30 menitan dari pintu masuk, wisatawan akan sampai di Bukit Sikunir.

Baca: GROJONGAN Sewu Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Rasakan kesejukannya, resapi suasananya dan nikmati keindahannya. Mustahil rasa kagum yang penuh syukur tidak terucap. Tak cukup sepatah dua patah kata untuk melukiskan segala nikmat ini.

Keindahan Telaga Cebong di Bukit Sikunir

Telaga Cebong Dieng
Keindahan telaga cebong di kawasan wisata bukti sikunir. Foto: Google Maps/Aji Pras

Turun dari bukit sikunir, pengunjung tak hanya bisa menikmati hidangan khas Dieng. Namun juga akan menemui tempat lain yang lebih eksotis. Tempat tersebut bernama telaga cebong.

Untuk menikmati keeksotisan telaga ini, pengunjung harus sampai di sana pagi hari. Birunya langit pagi yang terbias ke permukaan air telaga akan menimbulkan decak kagum. Berswafoto di momen ini merupakan pelengkap decak kagum atas keindahan yang dilihat.

Dengan kedalaman antara 2-4 meter, membuat telaga ini mengundang para mancing mania. Agar ekosistem telaga cebong tetap terpelihara dengan baik, diperlukan aturan khusus. Aturan berupa larangan mengambil ikan dengan jaring, racun dan bom.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & 9 Wahana Keren

Mencoba Kuliner Khas Dieng

Puas menikmati golden sunrise, kini waktunya turun dan kembali. Rasa lapar akan mudah menghinggapi setelah perjalanan ini. Untuk mengganjal perut, di dekat parkiran sudah ada beberapa warung yang menyediakan makanan.

Tempe kemul khas Dieng

Banyak makanan khas Dieng tersedia, ada tempe kemul, mie ongklok dan semur kentang. Di daerah lain, tempe kemul juga disebut dengan tempe mendoan. Tempe kemul merupakan tempe yang diberi lapisan tepung dan kemudian digoreng.

Sebelum digoreng, tempe terlebih dulu diiris tipis-tipis. Tepung yang disertakan pun juga diberi potongan daun kucai. Ketika menggoreng, tepung yang menutup tempe dibiarkan melebar, kemudian digoreng hingga renyah.

Dari sinilah istilah tempe kemul muncul. Jadi tempenya seperti “kemulan” atau dalam bahasa indonesia berarti selimutan. Karena dalam tempe kemul itu lebih banyak tepungnya daripada tempenya.

Semur kentang khas Dieng

Tak mengherankan jika semur kentang menjadi salah satu olahan khas Dataran Tinggi Dieng. Salah satu penyebabnya, kentang merupakan sayur yang paling banyak ditanam petani Dieng. Semur kentang memiliki cita rasa yang unik, karena merupakan perpaduan manis sekaligus pedas.

Mie ongklok khas Dieng-Wonosobo

Selain semur kentang dan tempe kemul, ada satu lagi kuliner khas dari Dieng. Namanya mie ongklok, disebut mie ongklok karena proses penyajiannya. Jadi sebelum disajikan, mie diramu dengan potongan daun kucai dan sayur kol.

Proses peramuan mie dan sayuran tersebut dilakukan di sebuah gayung bambu. Kemudian campuran mie dan sayuran di gayung bambu dicelup-celupkan dalam air mendidih. Proses pencelupan ini berlangsung selama beberapa menit.

Nah, proses inilah yang dinamakan ongklok. Selesai melakukan proses ongklok, mie dan sayuran tadi ditaruh pada sebuah mangkok. Tak hanya sampai di situ, mie dalam mangkok akan diberi kuah.

Kuah mie ongklok berasal dari kanji, campuran gula jawa, rempah dan ebi. Sebagai pelengkap untuk menambah rasa, mie ongklok juga diberi bumbu kacang. Selain bumbu utama tersebut, jika perlu tambahkan merica dan bawang goreng.

Kuah mie ongklok begitu segar, hal ini karena adanya campuran ebi sebagai bumbunya. Dengan semua kombinasinya, mie ongklok memiliki cita rasa gurih, manis, pedas dan kenyal. Sate sapi menjadi lauk pelengkap dalam menyantap mie ongklok.

Fasilitas Bukit Sikunir Dieng

Tak hanya di bagian bawah, fasilitas di puncak Bukit Sikunir sudah cukup lengkap. Pengunjung bisa sholat subuh di puncak bukit sikunir. Hal ini karena telah tersedia mushola beserta tempat wudhunya.

Lokasi Bukit Sikunir Dieng

Bukit sikunir masih termasuk kawasan Wonosobo-Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat wisata ini cukup mudah, dari Desa Sembungan, tinggal mencari arah ke Bukit Sikunir. Alamatnya di Kebun & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.