Beranda Tiket Wisata

Objek Wisata Tlatar Tiket & Wahana – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Objek Wisata Tlatar : Rp10.000Jam Buka: 07.00 – 16.00No. Telepon: -Alamat: Jalan Diponegoro, Dusun 2, Kebonbimo, Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57316

Objek Wisata Tlatar merupakan tempat rekreasi yang menggabungkan wisata air dengan alam pedesaan. Konsepnya sendiri mengusung tema ekowisata sekaligus pelestarian alam. Di mana wisata ini menawarkan sejumlah wahana permainan yang menghibur dan bernilai edukasi. Di antaranya ada woodball, kolam renang, kolam terapi ikan, dan pakecehan.

Usianya kini sudah tak muda lagi. Karena Objek Wisata Tlatar sudah berdiri sejak tahun 2002. Dan di tahun ini telah memasuki usianya yang ke 20. Sebuah waktu yang cukup lama untuk objek wisata bisa bertahan sampai sekarang. Satu hal yang membuatnya kian menarik adalah kondisi alamnya masih asri.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Tlatar

Harga tiket wisata air ini tergolong murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000. Menariknya anak-anak yang usianya di bawah 5 tahun gratis tiket masuk. Selain itu pihak pengelola juga menetapkan biaya parkir untuk kendaraan bermotor dan mobil.

Harga Tiket Objek Wisata Tlatar
Tiket masuk Rp10.000
Parkir motor Rp2.000
Parkir mobil Rp5.000

Baca: WADUK CENGKLIK PARK Tiket & Wahana

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke Objek Wisata Tlatar di hari apa pun. Sebab wisata ini selalu buka hampir setiap hari. Mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam operasionalnya dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Wahana di Objek Wisata Tlatar

Meskipun Objek Wisata Tlatar termasuk wisata lama di Boyolali. Namun eksistensinya masih tetap terjaga hingga sekarang. Banyak yang menyukai tempat wisata ini karena terdapat sejumlah wahana menarik. Misalnya seperti kolam renang, kolam pemancingan, permainan woodball, dan wahana pakecehan.

Kolam Renang

Anak-anak berenang di kolam Objek Wisata Tlatar.
Kolam renang anak-anak Objek Wisata Tlatar mempunyai tingkat kedalaman air kurang dari 1 meter. Foto : Googlemap/Masdhun Khusen

Objek Wisata Tlatar yang berkonsep ekowisata juga memiliki wahana kolam renang. Di sini kolamnya terbagi menjadi 2 jenis. Pertama kolam renang berstandar Nasional yang biasa digunakan untuk arena perlombaan. Bisa juga sebagai tempat berenang santai khusus orang dewasa.

Lalu kolam renang yang kedua adalah kolam anak-anak. Tingkat kedalaman airnya kurang dari 1 meter. Sehingga aman digunakan untuk kegiatan berenang anak-anak. Kolam tersebut sudah dilengkapi wahana perosotan yang bisa dimainkan anak-anak. Di sisi kolam juga tersedia beberapa gazebo untuk tempat beristirahat.

Baca: GUNUNG MERBABU Tiket & 5 Rute Pendakian

Kolam Pemancingan

Wisata ini juga memiliki kolam pemancingan ikan yang cukup luas. Tempatnya sangat teduh karena di sekitar areanya banyak ditanami pepohonan hijau nan rindang. Pengunjung pun bisa memancing dengan santai tanpa perlu takut terpapar sinar matahari. Ada pun kursi-kursi kecil di tepi kolam yang bisa digunakan bersantai.

Tidak seperti tempat pemancingan pada umumnya. Di kolam ini pengunjung akan menemukan beragam jenis ikan berukuran besar. Di antaranya ada Ikan Bawal, Nila, Lele, dan Gurame.

Baca: NEW SELO Boyolali Tiket & Spot Foto Unik

Wahana Pakecehan

Dua orang anak bermain di Pakecehan Objek Wisata Tlatar.
Wahana Pakecehan mempunyai kedalaman air yang sangat dangkal sehingga aman digunakan sebagai tempat bermain air anak-anak. Foto : Googlemap/Bambang Surono

Wahana permainan di Objek Wisata Tlatar memang tidak jauh-jauh dari wisata air. Satu lagi wahana permainan anak-anak yang sangat seru adalah pakecehan. Yang mana dalam bahasa Indonesia artinya tempat bermain air. Anak-anak bebas bermain air sepuasnya karena dasar kolamnya tidak terlalu licin.

Kolam pakecehan sama seperti kolam anak yang memiliki tingkat kedalaman air cukup dangkal. Perkiraan tinggi airnya 10 – 40 cm. Kurang lebih ukurannya setinggi mata kaki orang dewasa. Airnya pun terlihat sangat bening seperti air putih dalam kemasan.

Baca: BALE RANTJAH PARK Tiket, Aktivitas & Fasilitas

Permainan Woodball

Wisata ini memiliki satu permainan unik yang tidak ada di tempat wisata mana pun. Nama permainannya adalah woodball. Bentuknya mirip olahraga golf, Namun di sini semua peralatannya terbuat dari kayu. Mulai dari stik yang digunakan untuk memukul hingga bolanya.

Sebenarnya ini merupakan cabang olahraga baru yang berasal dari Taiwan. Dan baru diperkenalkan di Indonesia oleh kelompok Etasia Woodball Course. Lokasi bermainnya ada di kompleks wisata air Tlatar, Boyolali. Lapangannya banyak dipenuhi rerumputan hijau dan pepohonan rindang.

Arena permainannya memang dirancang pada permukaan tanah yang berumput. Tujuannya agar bola tidak menggelinding terlalu jauh. Lintasannya sendiri terbagi menjadi 12 Fairway. Di mana masing-masing lintasan mempunyai panjang dari 27 meter hingga 90 meter.

Baca: Kebun Raya Indrokilo Tiket & Aktivitas

Kolam Terapi Ikan

Dua orang anak mencoba kolam terapi ikan Objek Wisata Tlatar.
Kolam terapi ikan berkhasiat menghilangkan segala jenis penyakit di kaki. Foto : Googlemap/Bambang Surono

Wisata ini tidak melulu menawarkan hiburan semata. Tetapi ada juga sisi pengobatan alternatifnya. Terdapat sebuah kolam terapi ikan yang siap membersihkan kaki dari bakteri jahat. Pengunjung tinggal duduk di tepi kolam dan menunggu segerombolan ikan kecil datang.

Bagi yang pertama kali mencoba mungkin akan terasa geli. Tetapi jika sudah berendam cukup lama pasti rasanya biasa saja. Gerombolan ikan kecil dalam kolam tersebut akan memakan sel kulit mati di kaki. Sehingga menjadikan kaki rampak lebih halus dan segar.

Fasilitas Objek Wisata Tlatar

Taman rekreasi ini menawarkan sejumlah fasilitas yang memadai. Terdapat tempat parkir yang luas, Toilet bersih, dan area musala untuk tempat beribadah. Pihak pengelola juga menyediakan restoran apung guna memanjakan perut pengunjung. Di mana pilihan menu makanan dan minumannya beragam dan lumayan terjangkau.

Lokasi Objek Wisata Tlatar

Objek Wisata Tlatar berlokasi di Jalan Diponegoro, Dusun 2, Kebonbimo, Kecamatan Boyolali. Bertempat di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kurang lebih membutuhkan waktu tempuh sekitar 54 menit jika mengikuti rute jalur tol Salatiga – Kertasana.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini