Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Purwodadi Wisata Taman Kota Cantik - April 2021

Alun-alun Purwodadi Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Purwodadi,alun alun, Brambangan, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia, 58111.

Alun-alun Purwodadi merupakan wisata murah dan menarik yang sangat mudah ditemui karena lokasinya strategis. Tepatnya berada di pusat Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Suasana yang asri dan teduh menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Berbagai fasilitas pun tersedia di alun-alun ini. Pusat kuliner memadati bagian timur alun-alun. Sementara di sudut bagian barat, terdapat peralatan fitness outdoor. Wisatawan juga dapat jogging atau jalan santai di sekeliling alun-alun yang sudah beralas paving. Sedangkan di tengahnya tentu saja terdapat lapangan rumput yang luas dan hijau.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Purwodadi

Berkunjung ke taman kota ini wisatawan tidak perlu khawatir biaya yang mahal. Wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir jika memarkirkan kendaraan di kawasan wisata. Sedangkan tarif parkirnya sendiri juga sangat murah.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
MotorRp 1.000/Rp 2.000
MobilRp 5.000

Baca: 3 Tempat Wisata Menarik di Grobogan

Jam Operasional

Objek wisata ini terbuka untuk umum kapan saja. Pagi hingga sore hari adalah favorit wisatawan yang ingin berolahraga. Sementara sore dan malam hari juga menjadi favorit, karena banyaknya pedagang kuliner. Pagi hari terdapat penjual makanan, biasanya menjual menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi pecel, atau lontong sayur.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Hijau dan Asrinya Alun-alun Purwodadi

Hijaunya Kawasan Rerumputan Alun - Alun Purwodadi
Hijaunya Kawasan Rerumputan Alun-Alun Purwodadi. Foto: Gmap/Heni Kumudasmara

Meskipun kota kecil, keberadaan Purwodadi sebagai jalur penghubung antar kota besar sangatlah penting. Pasalnya, kota ini terletak di antara kota Semarang, Solo, Kudus, dan jalur ke Jawa Timur. Jika tengah melewati Purwodadi maka jangan lupa untuk mampir di objek wisata di tengah kota ini. Kapan pun waktunya, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hijau nan indah di tengah kota.

Alun-alun Purwodadi berbentuk melingkar, dengan sekelilingnya berupa lantai untuk penikmat jalan santai atau jogging. Beberapa bagian memiliki tekstur, sengaja untuk memudahkan penyandang disabilitas ketika melintasi tempat ini. Di sisi selatan, tepat di depan Pendopo Kabupaten, terdapat area lantai yang lebih luas. Pengunjung dapat bermain di sini, bahkan beberapa sengaja membawa sepatu roda atau skateboard untuk bermain.

Bagian tengah alun-alun berupa rumput yang luas dan subur. Menghampar hijau bagaikan karpet yang menyejukkan mata. Kemudian beberapa pot besar dengan tanaman hias pun ada di beberapa titik untuk menyelingi rerumputan. Sehingga suasananya semakin asri karena di sekelilingnya juga terdapat pepohonan rindang yang usianya sudah puluhan tahun.

Baca: Waterboom Mulia Klambu Tiket & Wahana

Area Olahraga di Alun-alun Purwodadi

Area Pelataran untuk Olahraga

Tidak hanya berwisata, wisatawan juga dapat mencoba area olahraga yang ada di sini. Umumnya, wisatawan melakukan jogging atau berjalan cepat dengan mengitari sekeliling alun-alun. Lantai yang landai dan rapi membuat wisatawan nyaman ketika berolahraga. Apalagi, lokasi ini berbeda dengan tenda penjaja kuliner, sehingga pengunjung yang berolahraga tidak terganggu.

Jangan lupa mencoba arena fitness outdoor yang ada di sisi barat laut alun-alun, yang terdapat 10 unit ini. Diantaranya double sit up board, lat pull down two set, rowing machine. Ada juga chest prest two seet, three waist swivel, body pulling training. Lalu ada juga single pole parallel baras, bicycle, elliptical machine, dan horse rider machine.

Sementara di sisi selatan, tepatnya di depan Pendopo Kabupaten, ada area yang luas berbentuk persegi panjang. Di sini wisatawan juga bisa bermain sepatu roda ataupun skateboard. Selanjutnya jika ingin bermain bola, area rumput di tengah alun-alun dapat menjadi pilihan. Rumputnya yang hijau begitu empuk dan nyaman digunakan untuk berlarian.

Wisata Kuliner di Alun-alun

Kuliner dan Area Bermain Anak

Tidak perlu kebingungan mencari makan karena di sisi timur alun-alun terdapat pusat kuliner. Pemerintah daerah telah membuat tenda khusus bagi penjaja kuliner. Sehingga, sekarang penjual makanan tidak perlu menggunakan tenda sebagai penutupnya. Bangunan berupa outlet yang cukup besar tersedia bagi para penjual makanan.

Penjual hanya tinggal menyiapkan spanduk untuk membedakan dengan penjual makanan lainnya. Pengunjung yang ingin mencicipi kuliner dapat duduk lesehan di atas trotoar. Trotoar di sini memang dikhususkan bagi penikmat kuliner di alun-alun. Yang mana tidak mengganggu pejalan kaki lainnya.

Beraneka macam makanan yang dijual di sini. Mulai dari nasi goreng, mie goreng, siomay, pecel, lontong, seblak, mie ayam, dan masih banyak lagi. Jajanan seperti sosis bakar dan sate pentol pun tersedia. Dan terakhir jangan lupa, segarkan tenggorokan dengan es kelapa muda yang terkenal di sini.

Baca: Kebun Raya Purwodadi Tiket & Aneka Taman Keren

Wisata Malam Keliling Alun-alun Purwodadi

Ramainya Suasana Malam

Malam hari, kawasan wisata ini akan semakin ramai. Tidak hanya penjaja kuliner yang tetap buka hingga malam hari. Berbagai hiburan juga tersedia di sini untuk menghibur wisatawan. Salah satunya adalah sepeda warna-warni yang berbentuk mobil.

Sepeda ini dapat memuat 4 hingga 5 orang dewasa. Dimana setiap dudukannya terdapat pedal kayuh sehingga sepeda dapat berjalan. Wisatawan dapat berputar mengitari alun-alun dengan naik sepeda ini. Dan biasanya, tiap sepeda akan diputar musik dangdut supaya lebih ramai.

Tidak hanya sepeda, wisatawan juga dapat berkeliling dengan naik delman. Kuda wisata yang menarik delman tersedia di kawasan objek wisata ini. Jika naik delman, wisatawan tidak hanya dapat berkeliling mengitari alun-alun saja. Tapi juga dapat berkeliling mengitari Kota Purwodadi, bahkan hingga kawasan Simpang Lima.

Fasilitas di Alun-alun Purwodadi

Objek wisata ini tidak menyediakan fasilitas secara sendiri, namun tersedia di sekitarnya. Seperti halnya masjid dan toilet, yang dapat digunakan di Masjid Agung Baitul Makmur. Yang lokasinya di depan alun-alun. Namun tentu saja, fasilitas umum di objek wisata ini terdapat tempat pencuci tangan serta area parkir.

Lokasi Alun-alun Purwodadi

Objek wisata ini berada di tengah kota, dan dikelilingi dengan bangunan pemerintahan kabupaten. Beralamat di Brambangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Wisatawan dapat mengaksesnya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini