Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

Menikmati segarnya alam sekaligus menambah pengetahuan akan tanaman akan didapat ketika berwisata ke Kebun Raya Purwodadi (KRP) di Pasuruan. Ya, Kebun raya yang dikelola LIPI ini menjadi salah satu destinasi wisata edukatif kawasan konservasi tanaman tropis.

Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 2000 jenis tumbuhan dengan total jumlah Spesies mencapai lebih dari 11.000 yang menempati area seluas 85 hektar. Berada di ketinggian 300 mdpl, menjadikan cuacanya juga relatif sejuk. Cocok dijadikan pilihan destinasi wisata bersama keluarga ataupun sahabat.

Harga Tiket Kebun Raya Purwodadi

Meskipun memiliki ribuan koleksi tanaman dan taman yang luas, pengujung tidak perlu membayar mahal untuk wisata ke kebun raya ini. Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi sangat murah bisa didapat dengan mulai dari Rp9.500.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi
Masuk Turis DomestikRp9.500
Masuk Turis AsingRp15.500
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.500
Parkir BusRp10.500
Mobil KelilingRp15.500
Sepeda KelilingRp8.500

Baca: TAMAN SAFARI PRIGEN Tiket Masuk, Atraksi Satwa & 10 Wahana

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Untuk kunjungan ke Kebun Raya Purwodadi bisa dilakukan mulai pagi hari. Kebun raya sudah mulai pukul 07.30 pagi.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi
Setiap Hari07.30 – 16.00

Berbagai taman tematik bisa dikunjungi di Kebun Raya Purwodadi. Berikut beberapa diantaranya.

Aneka Taman & Koleksi Kebun Raya Purwodadi

kebun raya purwodadi
Kebun Raya Purwodadi bisa menjadi pilihan tempat wisata dan edukasi keluarga. foto: Bintang Aurel

Kebun raya yang didirikan sejak tahun 1941 sebagai pemekaran dari Kebun Raya Bogor ini memiliki beberapa area tematik sesuai jenis tanaman yang dikembangkan. Beberapa spot juga dibuat khusus sebagai area rekreasi sehingga bisa menjadi pilihan untuk berwisata keluarga dan anak-anak agar tidak membosankan. Berikut beberapa area tematik yang cukup populer di KRP.

Taman Bougenville

Taman Bougenville menjadi salah satu area favorit pengunjung karena memang memiliki pemandangan yang menarik terutama untuk berfoto. Bunga Bougenville yang berwarna merah, merah muda, dan orange nampak begitu mencolok diantara hijaunya tanaman di sekitarnya. Di area ini juga sudah didesain seperti sebuah taman sehingga nampak tertata dan nyaman.

Baca: AGROWISATA BHAKTI ALAM Tiket, Wahana & Aktivitas

Keberadaan gazebo bisa menjadi tempat bersantai menikmati pemandangan. Ada juga pergola yang ditumbuhi Bougenville sebagai atapnya sangat menarik untuk spot berfoto. Selain itu adanya danau buatan menjadi pelengkap untuk menghadirkan suasana alami.

rumah kaca kebun raya purwodadi
Rumah kaca dengan berbagai berbagai koleksi tanaman dan bunga. foto: Rudy Santoso

Taman Meksiko

Tumbuhan khas daratan Meksiko seperti jenis kaktus-kaktusan juga menjadi koleksi di KRP. Menempati area khusus bernama Taman Meksiko, tanaman yang berukuran besar di area kering ini menjadi sangat menarik perhatian. Hal ini lantaran suasananya yang berbeda, tidak seperti di kawasan tropis.

Green House Anggrek

Bagi pecinta tanaman Anggrek, jangan lewatkan untuk masuk ke rumah kaca yang mengkoleksi lebih dari 2.000 bunga Anggrek ini. Terdiri dari 319 jenis, dimana 7 diantaranya merupakan anggrek endemik Jawa Timur. Beberapa koleksi juga merupakan jenis anggrek yang sudah sangat langka keberadaannya di alam.

Jajaran Pohon Janglot

Jajaran pohon yang tertata rapi di sisi kiri dan kanan jalan setapak mungkin terkesan biasa saja. Namun akan menjadi menarik jika jenis pohonnya ialah Pohon Janglot. Pohon yang menjulang tinggi dengan batang kurus dan dedaunan kecil ini akan memberi tampilan visual yang tak biasa.

taman mexico KRP
Taman Mexico salah satu taman tematik yang ada di Kebun Raya Purwodadi. foto: Ricky Bayu

Apalagi, nuansa ini akan berbeda ketika dinikmati kala musim hujan dan musim kemarau. Biasanya pengunjung sengaja berfoto di lokasi ini untuk mendapatkan pemandangan seperti di drama-drama Korea yang romantis.

Danau Wisata

Sudah cukup puas berkeliling dan belajar mengenal tanaman, cobalah untuk bersantai di danau wisata. Di area satu ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam tropis KRP sekaligus bersantai di atas bebek-bebekan.

Baca: KEBUN RAYA Bogor Wisata Botani

Kolam Renang Anak

Hal yang cukup unik dari KRP ialah adanya kolam renang anak. Ya, pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajaknya bermain air di kolam renang. Menariknya, tentu saja karena lokasinya yang berada di dalam kebun raya sehingga memiliki suasana yang khas dekelilingi rimbunnya pepohonan.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Sebagai sebuah kawasan yang begitu luas, fasilitas yang dimiliki KRP cukup memadai. Toilet tersebar di banyak titik sehingga bisa memudahkan pengunjung. Berlama-lama di sana juga tak perlu khawatir karena terdapat juga Musholla. Untuk area bersantai berupa gazebo dan kursi taman juga banyak tersedia di semua area.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi sendiri beralamat di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ini merupakan jalan raya yang menghubungkan 3 kota yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,16/31 Pembaca
Loading...