Beranda Tiket Wisata

GOA LAWA Grobogan Tiket & Pesona - Mei 2022

0
Goa LawaHarga Tiket Masuk: Rp3.000Jam Buka: 08.00 WIB -16.00 WIBNo Telp: -Alamat: Watusongo, Ngajaran, Sedayu, Grobogan, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia, 58152

Kabupaten Grobogan yang berada di Jawa Tengah sebelah timur mungkin namanya masih cukup asing. Berjarak sekitar 65 km dari Kota Solo, daerah ini ternyata menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa. Berada di jalur Pegunungan Kendeng, Grobogan memiliki beberapa obyek wisata alam yang menarik, salah satunya yaitu Goa Lawa. Seperti namanya, destinasi wisata ini merupakan sebuah gua yang memiliki pesona luar biasa di dalamnya. Stalagmit dan Stalaktit yang terbentuk alami menciptakan kekaguman bagi siapa saja yang melihatnya.

Obyek wisata Goa Lawa ini sudah terkelola dengan baik. Di dalam gua sudah terpasang lampu warna-warni yang semakin menambah keindahannya. Tersedia juga anak tangga dan pegangan di setiap sisinya untuk menjelajahi gua. Meski begitu kealamian dari tempat ini masih tetap terjaga dan struktur gua masih seperti aslinya. Letaknya cukup terpencil karena lokasinya masuk ke wilayah pedesaan yang berjarak 2 Km dari jalan raya.

Harga Tiket Masuk Goa Lawa

Untuk menikmati keindahan alam Goa Lawa, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Tidak perlu khawatir untuk masalah harga, karena tiket di tempat ini sangat murah. Hanya ada satu kategori tiket dan tidak ada perbedaan harga antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur. Cukup sekali bayar, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan gua sepuasnya.

Harga Tiket Masuk Goa Lawa
Tiket masukRp3.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Waterboom Mulia Klambu Grobogan Tiket & Wahana

Jam Buka Goa Lawa

Untuk berkunjung ke obyek wisata ini wisatawan bisa datang kapan saja. Karena tempat ini buka setiap hari dengan jam operasional yang panjang. Wisata Goa Lawa buka dari pagi hingga sore hari. Jika ingin berkunjung pastikan kondisi cuaca sedang cerah dan tidak hujan. Sebab sangat tidak dianjurkan menyusuri gua dalam kondisi hujan.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB – 16.OO WIB

Goa Yang Terbentuk Selama Ribuan Tahun

Goa Lawa menurut sejarahnya adalah gua yang sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu. Aktivitas vulkanik dan gerakan bumi yang berlangsung bertahun-tahun akhirnya membentuk gua ini seperti yang terlihat sekarang. Stalagmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami menjadi pesona utama dari gua ini.

Selain itu letaknya yang berada di area hutan menjadikannya terlihat asri. Pepohonan hijau dan udara yang segar menjadi perpaduan yang semakin memberikan suasana nyaman dari tempat wisata ini.

Memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter, Goa Lawa menyuguhkan panorama alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Berbagai aktivitas menarik pun bisa dilakukan di tempat ini. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan sekaligus bisa belajar banyak mengenai sejarah dan proses terbentuknya gua.

Bagi pecinta fotografi, tempat ini juga cocok untuk mencari spot foto yang unik. Jika berkunjung ke Grobogan, wajib hukumnya untuk menyambangi obyek wisata ini.

Baca: Waduk Kedung Ombo Grobogan : Tiket & Daya Tarik Memikat

Jelajahi Goa Lawa

Pesona yang ada di dalam Goa Lawa
Batuan stalagmit dan stalaktit yang disorot lampu warna-warni memberikan keindahan yang begitu cantik. Foto: Gmaps/Abi Aksa Gamer

Aktivitas utama selama berada di sini tentu saja adalah menjelajahi area dalam Goa. Wisatawan akan menuruni beberapa anak tangga sebelum sampai ke mulut gua. Mulut guanya sangat besar dan sudah memiliki jalan setapak untuk akses masuk.

Begitu masuk Stalaktit akan langsung terlihat jelas karena di atas gua terdapat lubang yang membuat sinar matahari bisa masuk. Struktur batuan yang berada di kanan kiri akan membuat wisatawan serasa berada di zaman purba.

Semakin masuk ke dalam suasana gua menjadi lebih gelap. Namun setelah itu wisatawan akan disuguhi area yang penuh hiasan lampu warna-warni. Di area tersebut terdapat lebih banyak lagi Stalagmit dan Stalaktit yang terlihat. Keindahan batuan dalam gua yang tersorot lampu beraneka warna memberikan pemandangan yang begitu luar biasa.

Baca: Bledug Kuwu Wisata Kawah Lumpur Unik

Keindahan di Sekitar Goa Lawa

Fasilitas gardu pandang di perbukitan Goa Lawa
Tersedia fasilitas gardu pandang untuk melihat pesona alam di sekitar tempat wisata. Foto: Gmaps/Hari Setyawan

Obyek wisata Goa Lawa ini letaknya berada di sebuah perbukitan. Maka dari itu pemandangan di sekitar gua pun terlihat sangat menakjubkan. Wisatawan bisa melihat panorama barisan perbukitan hijau dengan hutan di sekelilingnya. Untuk bisa menikmati pemandangan secara lebih luas, wisatawan juga bisa naik ke atas gardu pandang.

Di areanya terdapat sebuah gardu pandang tiga lantai yang berada di puncak bukit. Jika naik ke atas, wisatawan akan disuguhkan pesona yang luar biasa dari alam Pegunungan Kendeng. Angina yang berhembus dari atas gardu pandang pun sangat sejuk. Sehingga cocok sekali bersantai di atas fasilitas tersebut.

Bersantai

Bersantai di taman sekitar gua
Tempat ini juga memiliki tempat bersantai dengan suasana yang sangat rindang. Foto: Gmaps/Wasis Alwafazz.

Setelah lelah menjelajahi Goa Lawa, wisatawan bisa beristirahat di spot-spot yang tersedia. Salah satu yang jadi favorit wisatawan adalah area rerumputan dengan pohon-pohon tinggi di sekitarnya.

Pohon-pohon tersebut membuat tempat ini terasa sangat teduh meski di siang hari sekalipun. Agar lebih nikmat, wisatawan juga bisa membeli berbagai kudapan yang tersedia di warung-warung. Gorengan , bakso, olahan mie dan aneka kuliner lain bisa ditemukan di sini.

Berkemah

Tenda di bukit Goa Lawa
Bermalam dan mendirikan tenda di tempat ini juga bisa menjadi pilihan karena keindahannya yang begitu mempesona. Foto: Gmaps/Yulia Dwi Anggoro

Kawasan wisata Goa Lawa ini juga kerap kali dipakai untuk berkemah. Letaknya di perbukitan dan kondisinya masih asri memanglah sangat cocok menjadi spot berkemah. Wisatawan bisa mendirikan di puncak bukit atau area rerumputan. Jika berkemah di tempat ini, wisatawan berkesempatan menyaksikan panorama sunrise yang indah dari kawasan Pegunungan Kendeng.

Fasilitas Goa Lawa

Sebagai obyek wisata andalan dan sudah dikelola secara profesional, fasilitas yang ada di tempat ini sudah sangat lengkap. Di tempat ini tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, mushola, gazebo, area bersantai, warung kuliner, hingga gardu pandang.

Alamat Goa Lawa

Obyek wisata ini beralamat di Dusun Watusongo, Ngajaran, Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Letaknya di area pedesaan dan berjarak sekitar 27 Km dari pusat kota Grobogan. Akses menuju ke tempat ini sudah sangat bagus dan bisa dilalui menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 18

Berikan Rating