Bale Tani Jombang, Wisata buatan di kota santri yang menyajikan konsep lain berwisata sekaligus belajar pertanian. Selain tempatnya yang asri, banyak area keren yang bagus dijadikan latar belakang berfoto. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dari kalangan milenial.

Sebagai wisata edukasi, pengunjung akan menikmati beragam hasil pertanian dari berbagai teknik. Ada teknik holtikultura, bertani di sawah, budidaya ikan air tawar sampai peternakan. Konsep agrowisata yang unik ini membuat pengunjung datang dari berbagai rentang usia.

Harga Tiket Bale Tani Jombang

Hanya dengan membayar tiket Rp5.000, pengunjung sudah bisa masuk Agrowisata Bale Tani Jombang. Harga tiket tersebut sangatlah murah, karena sudah termasuk biaya parkir.

Harga Tiket Bale Tani Jombang
Tiket MasukRp5.000

Baca: WBL Wisata Bahari Lamongan Tiket & 4 Wahana Top

Jam Operasional Bale Tani Jombang

Buka setiap hari kecuali Jumat, bale tani memulai aktivitasnya dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Jam Buka
Sabtu – Kamis08.00 – 16.00 WIB

Awalnya Berupa Pusat Pelatihan Pertanian

Sebelum menjadi agrowisata seperti ini, bale tani merupakan sebuah pusat pelatihan pertanian. Sebetulnya tak hanya pertanian, tapi juga kebun, peternakan dan penggilingan beras. Berbagai pusat pelatihan tersebut dimulai sejak tahun 2006.

Melihat potensinya yang bagus, pada tahun 2017 bale tani berubah menjadi agrowisata. Meski telah menjadi agrowisata, pelatihan pertanian di bale tani masih tetap jalan. Gabungan kelompok tani di sana menjadi pengelola agrowisata ini.

kolam anak Bale Tani Jombang
Suasana kolam anak di Bale Tani Jombang. Foto: Google Maps/rodhiatul-ardiani

Nama Unik untuk Wahana Bale Tani Jombang

Layaknya agrowisata pada umumnya, ada banyak tanaman di sini. Jenis tanamannya mulai dari tanaman buah hingga tanaman hias. Di antara tanaman-tanaman tersebut disediakan tempat untuk menikmati keasrian atau sekedar berkumpul.

Yang menarik dari bale tani adalah pemberian nama untuk tempat-tempat di sana. Setiap tempat diberi nama bale, yang berarti balai atau tempat pertemuan. Setiap bale memiliki keunikan tersendiri yang bisa dipilih pengunjung sesuai kebutuhan.

Bale ageng

Dimulai dari bale ageng, yang berarti balai besar. Merupakan sebuah ruangan untuk acara outdoor berbentuk pendopo.  Di bale ini sering ditampilkan acara musik pada akhir pekan.

Di samping bale ageng terdapat beberapa meja kursi payung taman. Dari meja tersebut pengunjung bisa menikmati kebun sambil melihat aksi di panggung. Bale ageng juga disewakan untuk umum, dengan kapasitas 100 orang.

Baca: KEDIRI WATER PARK Tiket & 10 Wahana Seru

Bale kempal

Bale kempal artinya balai kumpul atau tempat untuk berkumpul. Berbeda dengan bale ageng, bale kempal sifatnya indoor. Bale kempal ini sering digunakan untuk seminar ataupun workshop.

Sebagai ruang rapat yang sifatnya indoor, kapasitas bale kempal hanya 30 orang. Tarif sewanya Rp. 600.000 untuk 3 jam pemakaian. Kegiatan pelatihan pertanian yang diselenggarakan pengelola biasanya ada di bale ini.

Letak bale kempal berada di samping pintu masuk pembayaran tiket. Yang menjadi spesial, bale kempal ini dibangun dari dana hibah negara Jepang. Hibah tersebut sebagai bentuk apresiasi Jepang kepada pengelola.

Baca: BUKIT JADDIH Bangkalan Tiket & Aktivitas

Bale alit

Alit artinya kecil, sehingga bale alit berarti balai kecil. Bale alit ini berbentuk rumah pohon dan terletak di atas batang pohon buatan. Di batang pohon bagian bawah terdapat pintu tiruan seukuran anak balita.

Bale alit di bale tani Jombang.
Bale alit di bale tani Jombang. Foto : instagram/P4ssedulurtani

Seperti namanya, bale alit lebih diperuntukkan bagi area bermain anak. Adanya jembatan penghubung antar rumah dan ayunan di bawahnya, semakin mempertegas fungsi tersebut. Biarpun begitu, orang dewasa masih bisa berfoto di bagian depan bale alit.

Bale bengo’

Bale Bengo’ yang dibaca Bale Bengok, adalah sarana karaoke yang bisa digunakan untuk menyanyi sambil bengok-bengok, sesuai namanya yang berarti Balai Teriak. Jadi, konsepnya, anak-anak bermain di Bale Alit sedangkan orang tuanya bisa karaokean di Bale Bengok sambil mengawasi di sampingnya.

Bengo’ artinya bersuara keras (berteriak), sehingga bale bengo’ ini dimaksudkan sebagai tempat berkaraoke. Bale bengo’ terletak persis di sebelah bale alit. Sementara anak bermain di bale alit, orang tua di bale bengo’ sambil mengawasi.

Tarif menggunakan bale bengo’ cukup terjangkau. Sebelum bengo’-bengo’ sepuasnya, pengujung harap mencari petugasnya terlebih dahulu.

Bale pijat

Jika pengunjung ingin lebih santai sekaligus menghilangkan capek, mampirlah ke bale pijat. Pengunjung akan dimanjakan dengan mesin pijat elektronik. Tarif sewanya sama dengan tarif dari bale bengo’ di atas.

Bale Pijat
Bale Pijat di Bale Tani Jombang. Foto: instagram/P4ssedulurtani

Bale bengong

Sekilas namanya mirip dengan bale yang digunakan untuk berkaraoke di atas. Namun jelas memiliki arti yang berbeda. Bengong berarti melamun, sehingga bale bengong memang cocok untuk melamun ataupun menyendiri.

Wujud bale bengong berupa kolam ikan. Di sekeliling kolam ikan tersebut ada beberapa gazebo. Ada juga perahu kecil di samping kolam, namun sayangnya perahu tersebut jarang dipakai.

Karena konsepnya untuk melamun, bale bengong diletakkan jauh dari bale bengo’. Sehingga gazebo di sekeliling bale bengong tadi memang disediakan untuk melamun. Suasana tenang di pinggir kolam, sambil sesekali terhempas angin akan memudahkan munculnya inspirasi.

Paket Edukasi Umum

Terdapat paket edukasi pertanian yang disediakan untuk umum. Beberapa materinya tentang pengenalan bale tani, cara penanamannya, memberi makan ikan dan kelinci. Pengunjung akan diedukasi selama kurang lebih 2 jam.

Outbound

Wahana outbound merupakan hal wajib di tempat wisata terbuka seperti ini. Agar outbound bisa berjalan dengan baik, jumlah minimal pesertanya harus 30 orang.

Spot Berfoto Cantik

Wahan sepeda cinta
Wahan sepeda cinta di Bale Tani. Foto: instagram/P4ssedulurtani

Ada banyak tempat berfoto yang wajib dicoba pengunjung di sini. Dimulai dengan dinding yang dihiasi dengan gambaran unik, hingga hiasan bunga warna warni. Ada pula menara yang tak terlalu tinggi, dengan hiasan cinta dan sepeda.

Fasilitas di Bale Tani Jombang

Beberapa fasilitas yang ada menjadi penunjang berwisata di bale tani. Dimulai dari tempat parkir, tempat makan, toilet hingga mushola. Ada juga kolam renang yang tak perlu bayar tiket lagi, karena sudah termasuk tiket masuk.

Alamat Bale Tani Jombang

Seperti yang sudah disinggung lokasi wisata ini berada di Jombong. Lengkapnya di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61474. Untuk info, reservasi atau hal lainnya, bisa menghubungi nomor telepon 0321-496227.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.