kolam renang bukit jaddih
Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa berenang diantara perbukitan kapur. foto: Gmap/ragil Nadi

Madura ternyata memiliki satu destinasi wisata yang sungguh menawan. Bukit Jaddih, bebatuan kapur putih yang tersohor karena keindahannya. Destinasi yang menjadi perbincangan di media sosial ini akhirnya menyedot orang-orang berbondong-bondong mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk Bukit Jaddih

Untuk berwisata dan mengunjungi tempat ini sebenarnya pengunjung tidak dipungut bayaran. Namun dari pengalaman beberapa wisatawan yang pernah ke area ini, pengujung akan dibebankan biaya yang tidak resmi. Nilainya kurang lebih Rp20.000.

Harga Tiket Masuk Bukit Jaddih
Tiket Masuk – Tidak Resmi Rp20.000

Beragam aktivitas bisa dilakukan di area perbukitan kapur ini. Berikut beberapa diantaranya.

Merupakan Peninggalan Belanda

perbukitan bukit jaddih
Lanskap bukit Jaddih Bangkalan yang juga merupakan pertambangan batu kapur. foto: Gmap/Erwin Avianto

Sedikit menyelisik sejarahnya, rupanya Bukit Jaddih merupakan bungker bekas peninggalan Belanda. Bungker ini dahulu dijadikan sebagai tempat penyimpanan senjata. Kemudian, Bukit Jaddah menjadi lokasi penambangan kapur. Karena keindahannya, tempat ini kini difungsikan juga sebagai lokasi wisata.

Panorama Bukit Jaddih sangat mempesona. Bukit kapur yang ditambang menciptakan lanskap buatan yang luar biasa indah. Di sini, terdapat goa-goa kecil dan tangga batu kapur. Ada pula sebuah waduk berwarna biru kehijauan yang kini difungsikan layaknya danau. Saking indahnya Bukit Jaddah, ada yang menyamakannya dengan Cappadocia Turki lho. Benar kah?

Berenang di Antara Bukit Kapur

kolam renang bukit jaddih
Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa berenang diantara perbukitan kapur.

Bagaimana ya rasanya berenang di antara keindahan bukit kapur putih? Di Bukit Jaddih, pengunjung bisa lho merasakan sensasi seru ini. Ada sebuah kolam besar, di mana pengunjung bisa berenang di dalamnya. Airnya yang kebiruan memberikan kesegaran tersendiri di tengah bebatuan kapur.

Kendati tidak memiliki Waterboom, berenang di sini tetap memuaskan. Kolamnya luas, dan pengunjung disuguhi pemandangan yang tak biasa. Gunung batu mengelilingi kolam ini. Di ujung kolam, ada panggung yang kerap diisi dengan pertunjukan musik.

Berperahu di Danau

berperahu di danau Jaddih Hill
Berperahu di danau alami juga bisa dilakukan di kawasan wisata Bukit Jaddih. foto: Gmap/devi rickilianti

Salah besar jika mengira berwisata di sini hanya untuk menaiki bukit kapur. Berwisata di Bukit Jaddih semakin berkesan dengan pengalaman berlayar di danau. Ada sejumlah rakit yang siap mengantar pengunjung menjelajah danau bernama Danau Biru ini.

Satu rakit bisa diisi 6-7 orang. Seraya menyusuri danau, pengunjung dapat melihat pemandangan menakjubkan destinasi bekas penyimpanan senjata ini. Airnya yang masih alami cukup luas untuk diarungi. Pengunjung pun bisa meminta guide untuk berhenti dan berfoto di tempat yang menarik.

Hasilkan Foto-foto Keren

foto menawan bukit Jaddih Madura
Panorama bukit kapur yang unik memudahkan pengunjung mendapatkan foto-foto menawan. foto: Gmap/Novilia Geenaldi

Mengabadikan momen di Bukit Jaddih adalah sebuah keharusan. Suasananya yang menakjubkan sangat instagramable dan kerap dipamerkan di sosial media. Pengunjung dapat berfoto di bukit kapur, bungker, atau gua-gua kecil di sekitar sini.

Hal yang juga kerap dilakukan di sini adalah foto pra dan post-wedding. Dengan nuansa alam memikat, berfoto pernikahan di sini pun menjadi sasaran banyak orang. Meski agak repot, semua terbayar dengan keindahan alamnya. Karena sekali seumur hidup, berfoto pernikahan haruslah berkesan ya!

Beli Oleh-Oleh di Goa Pote

Oleh-oleh Goa Pote
Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa berbelanja oleh-oleh di Goa Pote. Gmap/lidya pancaningtyas

Pulang tanpa membawa buah tangan kurang lengkap rasanya. Namun tak usah khawatir. Masyarakat sekitar Bukit Jaddih berinisiatif untuk membuat toko souvenir di antara ceruk gua. Tempat ini mereka namai Goa Pote. Di sini pengunjung dapat membeli baju, makanan, dan souvenir khas Madura lainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat ke Bukit Jaddih

Untuk menuju destinasi ini, pengunjung akan melalui jembatan Suramadu. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, mendekati area, jalan mulai terjal dan tidak merata. Pengunjung diharapkan hati-hati melintasi lajur ini.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah penambangan masih aktif dilakukan di Bukit Jaddih. Tak heran jika pengunjung akan melihat truk angkut berlalu-lalang. Sebab itu, sebagai antisipasi situasi penambangan batu kapur, pengunjung dianjurkan memakai masker.

Lokasi Wisata

Bukit Jaddih beralamat di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161. Yuk ke tempat ini, dan nikmati keindahan alamnya!

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,47 / 17 pembaca