Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN EFRATA Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Air Terjun Efrata
Harga Tiket: Rp8.000 Jam Buka: 06.00 - 19.00 No. Telepon: - Alamat: Sosor Dolok,Harian,Samosir,Sumatera Utara,Indonesia,22396.

Air Terjun Efrata merupakan salah satu objek wisata yang berada di Pulau Samosir. Air terjun setinggi 26 meter ini memikat wisatawan lokal maupun mancanegara dengan keindahan alamnya. Berada di antara tebing dengan pepohonan yang rindang semakin menunjukkan keelokan air terjun tak bertingkat ini.

Air Terjun Efrata merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Pulau Samosir. Pesona air terjun ini tak hanya terletak pada panorama alam semata melainkan pada bentuk air terjunnya. Bentuknya tak bertingkat membuat air langsung jatuh mengenai batuan terjal yang terbentang sepanjang 12 meter. Debit air yang deras semakin mempercantik air terjun ini terlebih saat musim penghujan tiba.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Efrata

Bagi pengunjung yang tertarik untuk bermain ke Air Terjun ini cukup menyiapkan dana yang ekonomis. Karena tiket masuk area wisata air terjun cukup murah.

Harga Tiket Masuk
Jenis TiketHari Senin – Jumat
Tiket MasukRp 8.000
Tiket Masuk KendaraanRp 2.000

Baca: Tempat-tempat wisata terbaik di Danau Toba

Jam Buka

Jam operasional objek wisata ini mulai dari pagi hingga menjelang malam.

Jam Buka
Senin – Minggu06.00 – 19.00

Aktivitas Wisata di Air Terjun Efrata

Pepohonan yang rindang menambah keasrian air terjun Efrata
Pepohonan yang rindang menjadi salah satu daya tarik alam di Sampuran Efrata – Foto : googlemaps / Nahata Trip

Sampuran Efrata sebenarnya memiliki arti taman terindah dan suci. Menurut cerita masyarakat setempat, penamaan Sampuran Efrata berasal dari seorang turis mancanegara yang menemukan air terjun ini. Sang turis yang terpana dengan keindahan air terjun berkata “Efrata waterfall”. Cerita sang turis kemudian tersebar luas dari mulut ke mulut.

Kendati telah dikenal hingga mancanegara, amat disayangkan tak banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan di objek wisata ini. Walau demikian terdapat beberapa aktivitas sederhana yang bisa pengunjung lakukan.

Baca: DANAU TOBA : 8 Atraksi & Wahana Wisata Seru

Melepas Penat Menikmati Alam

Keindahan panorama Air Terjun Sampuran Efrata
Keindahan panorama Air Terjun Efrata – Foto: googlemaps/ Reynaldi Moersas

Melepas penat merupakan merupakan pilihan tepat ketika berwisata ke sini. Lingkungan yang masih asri dan tidak terlalu ramai ditemani dengan suara gemercik air terjun dapat menghadirkan perasaan tenang. Rasa lelah usai menempuh perjalanan pun dapat hilang begitu tiba di lokasi.

Kondisi alam sekitar air terjun banyak dijadikan sebagai arena touring para pengendara motor. Medan yang cukup menantang adrenalin bukanlah penghalang besar untuk dapat menikmati alam sekitar air terjun. Tak jauh dari pintu masuk terdapat sebuah kedai kopi lokal yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak. Jarak kedai kopi hanya sekitar 2 menit menuju air terjun.

Baca: PULAU SAMOSIR : 4 Tempat Wisata Terbaik

Mandi di Air Terjun Efrata

pengunjung bisa berenang dan bermain air di air terjun ini
Pengunjung dapat berendam atau sekedar bermain air di Air Terjun – Foto: googlemaps / Bakso Kampus

Debit air yang deras tak menghalangi wisatawan untuk bermain air di bawah air terjun. Pengunjung dapat bermain air atau sekedar berendam sembari menikmati sejuknya udara sekitar.

Sumber mata Air Terjun Efrata berasal dari pegunungan Bukit Barisan, sehingga suhu airnya cukup dingin. Sembari bermain air tetaplah berhati-hati terhadap ranting pohon yang gugur dan bebatuan di sekitarnya saat berenang atau bermain air.

Baca: MENARA PANDANG TELE Tiket & Aktraksi Terbaik

Keindahan Panorama Alam Sekitar

Sawah dan hutan hijau, pemandangan alam menuju Air Terjun
Sepanjang perjalanan menuju air terjun, pengunjung akan disajikan pemandangan alam yang asri dan indah – Foto: Googlemaps/Beyby Vlog

Air Terjun Efrata kerap dikenal sebagai Air Terjun Tele karena lokasinya tak begitu jauh dengan Menara Pandang Tele. Inilah mengapa keelokan air terjun ini bahkan dapat terlihat dari puncak Menara Pandang Tele.

Keindahan panorama yang disajikan oleh air terjun ini memang memukau. Hamparan persawahan yang hijau serta pepohonan yang rindang hanya sebagian kecil panorama alam yang tersaji. Ketika sampai di lokasi, pengunjung akan disambut dengan derasnya air yang jatuh di atas bebatuan. Sehingga banyak wisatawan yang datang sekedar berswafoto mengabadikan keindahan alam air terjun ini.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di objek wisata Air Terjun Efrata masih berupa tempat parkir yang luas, toilet, tempat ganti pakaian dan pondok-pondok kecil untuk bersantai. Fasilitas ini akan terus dikembangkan demi kenyamanan pengunjung.

Rute & Lokasi Air Terjun Efrata

Lokasi objek wisata ini terletak di Desa Sosok Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Rute menuju lokasi dari Kota Medan dapat melalui Jamin Ginting menuju Sosok Dolok atau melalui Tol Balmera menuju Sosok Dolok.

Perjalanan dapat ditempuh kurang lebih selama 6 hingga 7 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum seperti Bus Pulo Samosir Nauli dan Sampri Pribumi trayek Pangururuan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini