Beranda Tiket Wisata

CANDI ARJUNA Tiket & Ragam Pesona Januari 2022

Candi ArjunaHarga Tiket: Rp15.000 - Rp30.000Jam Buka: 07.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53456

Candi Arjuna adalah salah satu obyek wisata yang berada di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Candi Arjuna menjadi satu dari sekian banyak tempat wisata populer di kawasan Dieng.

Candi Arjuna merupakan kompleks candi terluas yang ada di kawasan Dieng. Luasnya areanya mencapai 1 hektar dengan beragam keindahan yang menarik untuk dijelajahi. Pesonanya tampak di beberapa bangunan Candi dengan beragam bentuk.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna

Tiket masuk Candi Arjuna sudah termasuk dengan tiket masuk ke Kawah Sikidang. Jadi satu tiket bisa untuk masuk ke dua tempat wisata di kawasan Dieng. Simpanlah tiket masuk baik-baik dan jangan sampai hilang jika berencana untuk mengunjungi kedua tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk
Wisatawan DomestikRp15.000
Wisatawan AsingRp30.000
Wahana
Naik KudaRp20.000

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Banjarnegara

Jam Buka Candi Arjuna

Kawasan wisata candi buka setiap hari mulai pukul tujuh pagi hingga lima sore. Sedangkan waktu favorit untuk mengunjungi candi adalah pagi hari. Pada waktu pagi udara di sekitar candi masih sangat sejuk.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 –  17.00 WIB

5 Candi Dengan Arsitektur Yang Beragam

lima bangunan candi di komplek wisata Candi Arjuna
Pemandangan lima Candi utama dengan berbagai gaya arsitektur di komplek wisata Candi Arjuna. Foto: Instagram.com/@Yudiguntara81

Di kompleks wisata ini terdapat 5 candi dengan bentuk yang berbeda-beda. Dengan perkiraan bangunan-bangunan candi tersebut berdiri pada masa yang berbeda-beda. Nama dari kelima candi tersebut adalah Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembrada.

Candi Arjuna merupakan candi yang paling tua di kompleks tersebut. Berdiri sekitar abad ke-8 masehi yang masih kental dengan arsitektur gaya India. Sementara yang terakhir berdiri adalah Candi Sembrada dengan arsitektur yang sudah sangat bergaya lokal.

Dari Wisata Sejarah Sampai Fotografi

Dengan luasnya yang mencapai satu hektar tak heran jika banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Bagi penyuka perjalanan sejarah, kawasan candi ini memang sangat sempurna untuk dijelajahi. Adanya 5 bangunan candi dengan gaya arsitektur yang berbeda-beda, membuat tempat ini seakan “memaksa” setiap pengunjung untuk menjelajahi semua sisinya.

Selain itu kawasan sekitar candi jelas adalah tempat yang sangat sempurna untuk berswafoto. Latar bangunan candi dengan perbukitan hijau khas daerah pegunungan menjadi kombinasi yang pas.

Bagi pecinta fotografi, tentunya akan sangat betah berada di sekitar kawasan candi. Karena beragam keindahan bisa didapat tak hanya bangunan candi tapi juga bentang alam yang memukau.

Baca: CANDI BIMA Tiket & Pesona

Menikmati Fenomena Embun Es

Embun upas di Candi Arjuna
Wisatawan bisa menikmati fenomena embun upas di Candi Arjuna. Untuk menikmati fenomena ini harus datang di waktu pagi. Foto: Gmaps/Hayu Tri Rahayu

Salah satu yang paling terkenal di kawasan candi ini adalah fenomena embus esnya. Pada saat-saat tertentu areanya kerap kali berselimut embun es. Fenomena embus es ini seakan-akan terlihat sekitar candi tertutupi salju.

Fenomena Embus Es ini kerap terjadi di pertengahan tahun. Dalam periode tersebut, suhu di kawasan Dataran Tinggi Dieng seringkali sangat rendah. Bahkan terkadang suhunya mencapai 0° celcius.

Untuk bisa menikmati hal tersebut, maka pengunjung harus datang di waktu pagi hari. Jika ingin melihat fenomeda es ini jangan lupa memakai jaket tebal, kaos tangan hingga kupluk. Karena ketika terjadi fenomena embus es suhunya akan sangat dingin.

Taman Bunga Cantik Di Perbukitan

taman bunga yang ada di Candi Arjuna
Berjalan-jalan di taman dan menikmati hamparan bunga warna-warni bisa menjadi pilihan bagi wisatawan di Candi Arjuna. Foto: Gmaps/ Andy Kristono.

Jika kaki telah lelah mengelilingi komplek candi, maka bersantai menjadi pilihan tepat. Letak Candi Arjuna yang berada di ketinggian maka pemandangan bentang alam perbukitan terlihat sangat indah. Hamparan perbukitan hijau khas daerah pegunungan menjadi sajian menawan.

Tak hanya perbukitan hijau, kebun bunga yang terdapat di sekitar kawasan candi juga menjadi daya tarik tersendiri. Hamparan bunga warna-warni sangat menyejukkan mata.

Baca: MUSEUM KAILASA Dieng Tiket & Koleksi Unik

Mengunjungi Museum Kailasa

koleksi di Museum Kailasa
Museum Kailasa menyimpan berbagai artefak dan arca dari Candi Arjuna. Foto: Gmaps/Muhammad Rafi Abdusyukur

Tak seperti candi-candi Hindu lainnya, di kawasan Candi Arjuna terlihat tidak ada Arca. Ternyata arca-arca dan prasasti yang ada di sekitar sudah diambil dan terpasang di museum Kailasa. Musem Kailasa ini berada di sebelah utara area candi.

Di Museum ini pengunjung dapat menyaksikan koleksi beragam peninggalan Mataram kuno. Di Museum Kailasa tersedia arca, prasasti dan artefak yang menjadi saksi sejarah dari berdirinya Candi Arjuna. Selain itu pengunjung juga bisa melihat film dokumenter seputar kawasan dataran tinggi Dieng.

Naik Kuda di Candi Arjuna

Di dalam objek wisata candi pengunjung juga bisa menikmati wahana naik kuda. Wahana ini menawarkan keseruan naik kuda dengan mengitari taman yang ada di komplek wisata candi.

Di taman dengan suasana alam terbuka, sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan alam. Untuk bisa merasakan sensasi naik kuda pengunjung cukup membayar Rp20.000.

Wisata Kuliner Sekitar Candi

Di kompleks tempat wisata tersedia beberapa warung yang menjajakan sajian kuliner khas. Namun yang paling terkenal adalah kentang goreng ala Dieng.

Sebenarnya tidak ada yang spesial dari sajian kentang goreng ala Dieng. Yang membedakan adalah kentangnya. Kentang yang tumbuh di daratan Dieng ini adalah kentang jenis Granola.

Konon kentang ini memiliki kualitas lebih baik dari kentang lain. Kentang granola lebih rendah kandungan gula dan karbohidratnya. Selain itu kadar airnya juga rendah sehingga tidak mudah busuk.

Fasilitas

Fasiltias yang tersedia di dalam candi sudah sangat lengkap. Tersedia fasilitas toilet, Mushola dan parkiran yang luas. Selain itu tersedia juga warung kuliner dengan berbagai varian menu. Menu yang paling terkenal adalah French fries ala Dieng dan tempe kemul.

Rute dan Lokasi Candi Arjuna

Candi Arjuna berlokasi di Karangsari Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Untuk mencapai lokasinya pun sangat mudah. Jika dari arah Wonosobo bisa langsung menuju ke kawasan Dieng. Rutenya tidak terlalu rumit karena tidak bercabang-cabang. Cukup ikuti jalan dan perhatikan petunjuk arah.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 19

Berikan Rating