Telaga Warna Dieng
Harga Tiket: Rp12.500 - Rp15.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Desa Dieng,Kejajar,Wonosobo,Jawa Tengah,Indonesia,56354.

Dieng menjadi dataran tinggi di Jawa Tengah yang begitu tersohor. Keindahan alamnya tidak bisa diabaikan. Seperti Telaga Warna Dieng, yang seolah semua keindahan ada di sana.

Disebut Telaga Warna karena air di telaga ini dapat berubah – ubah warnanya. Begitu indah berpadu dengan keelokan pegunungan di sekelilingnya. Tidak ketinggalan, pepohonan yang menambah semarak suasana.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Untuk memasuki objek wisata ini akan dikenakan biaya yang cukup murah. Tiket berlaku baik untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng
Senin – JumatRp12.500
Sabtu – MingguRp15.000

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

Jam Buka Telaga Warna Dieng

Untuk dapat menikmati objek wisata Dieng, pengunjung dapat datang setiap hari. Waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan wisata ini adalah pagi sampai siang hari. Karena saat itu, sinar matahari memantul pada air dan menimbulkan warna yang indah.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 17.00 WIB

Keindahan Telaga Warna Dieng

Telaga warna berwarna hijau toska
Keindahan Alam Telaga Warna. Foto: Gmap/tyo koconegoro

Dieng memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Dikelilingi dengan pegunungan yang menawan. Ditambah lagi pepohonan yang menyelimuti alamnya, begitu hijau menyejukkan mata.

Di sepanjang perjalanan menuju objek wisata, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah. Perkebunan sayuran dengan bentuk terasering. Berundak-undak mengikuti bentuk bukit yang menjadi pijakannya.

Alam yang dingin terkadang diselimuti kabut, membuat pemandangan semakin indah.

Baca: Kawah Sikidang Dieng Tiket & Pesona

Danau Hijau yang Penuh Pesona

panorama keindahan danau berlatar perbukitan
Warna Hijau danau yang Menyatu dengan Pepohonan sekitar. Foto: Gmap/Melany Müller

Objek wisata ini berada di ketinggian 2.000 mdpl. Biasanya, telaga unik ini berada di dataran rendah, namun kali ini di dataran tinggi. Keunikannya yaitu terletak pada berbagai warna yang dapat dihasilkan oleh airnya.

Air di danau dapat berubah warna biru, hijau, toska, kuning, hingga ungu. Warna di dalam telaga terjadi karena adanya kandungan belerang di dalamnya. Sehingga, ketika terkena sinar matahari menimbulkan warna – warni yang memukau.

Inilah mengapa pengunjung dapat mencium bau belerang yang begitu menyengat. Sebaiknya, gunakan masker supaya tidak terlalu mengganggu indera penciuman.Namun, pesonanya begitu indah, warna telaga berpadu dengan hijau dan biru pemandangan sekitarnya.

Baca: Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata

Telaga Pengilon yang Indah seperti Kaca

Di dekat objek wisata ini terdapat telaga lain bernama Telaga Pengilon. Telaga ini tidak berwarna. Namun, telaga ini sangat bening sehingga dapat bercermin di atasnya.

Sama seperti namanya, “pengilon” yang dalam bahasa Jawa berarti “cermin”. Dari permukaan telaga, pengunjung dapat menyaksikan pantulan alam di atasnya dengan indah. Langit, pepohonan, dan tak lupa bukit yang nampak jauh pantulannya.

Bukit Pandang, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Telaga

Kawasan Wisata Batu Pandang Ratapan Angin Dieng
Kawasan Wisata Batu Pandang Ratapan Angin. Foto: Google Maps / Ahmad Faizi

Untuk dapat menyaksikan indahnya Telaga Warna dan Pengilon, pengunjung dapat menaiki Batu Pandang. Batu Pandang atau Bukit Ratapan Angin adalah spot tepat menyaksikan keindahan alam tersebut. Bahkan ketika cuaca cerah, pengunjung dapat menyaksikan Kawah Sikidang juga.

Batu Pandang ini berada di atas Dieng Volcano Theater. Jaraknya tidak jauh, hanya 50 meter. Namun, pengunjung harus melewati perkebunan penduduk,jadi jangan sampai merusak tanaman sekitar.

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

Mitos di Telaga Warna Dieng

Berkeliling Telaga Warna dengan Perahu. Foto: Gmap/luis endrayana

Layaknya wisata alam, di sini juga diliputi mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Konon, danau ini terbentuk karena batu perhiasan bangsawan yang jatuh ke telaga. Mitos yang cukup populer lainnya, yaitu Telaga ini dulunya dijadikan tempat mandi Dewi.

Dewi tersebut adalah Dewi Nawang Wulan dan saudara – saudaranya. Dan warna air yang berubah melambangkan 5 unsur sifat manusia yang beraneka ragam. Sementara Telaga Pengilon seperti cermin untuk melihat sisi baik dan buruk manusia.

Goa di sekitar Telaga Warna Dieng

Di sini terdapat Goa Semar, pada bagian depan terdapat sebuah nama “Eyang Sabdo Jati”. Artinya bahwa manusia harus mencari Kesempurnaan Sejati dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Ada juga Goa Sumur, yang di dalamnya terdapat mata air bernama “Tirta Perwita Sari”.

Di depan Goa Sumur terdapat papan nama bertuliskan “Eyang Kumala Sari”. Yang mana artinya adalah “Carilah pendamping hidupmu secantik batu permata”. Selanjutnya ada Goa Jaran, yang berarti kuda menggambarkan nafsu liar manusia.

Di depan Goa Jaran, terdapat papan nama bertuliskan “Resi Kendali Seto”. Artinya adalah bahwa manusia yang bisa mengendalikan hawa nafsunya.

Lokasi & Akses Telaga Warna Dieng

Tempat wisata ini terletak kurang lebih 32 km dari Wonosobo. Tepatnya di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Untuk akses ke tempat wisata ini sudah cukup baik. Tersedianya infrastruktur yang memudahkan wisatawan yang datang ke sini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 27 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini