Beranda Tiket Wisata

Curug LEUWI LIEUK Sentul Tiket & Ragam Daya Tarik - Oktober 2019

Tgl. Update:Rabu, Oktober 9, 2019
Curug Leuwi Lieuk Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Kampung Cibereum, Jl. Gunungwangun No.rt 04, RW.05, Cibadak,Sukamakmur,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16830.

Salah satu lokasi air terjun yang belakangan populer di Bogor ialah Curug Leuwi Lieuk. Air terjun yang sering disandingkan dengan Green Canyon di Pangandaran ini sudah banyak dilirik karena keindahannya. Meski harus mendaki gunung dan melewati lembah, air terjun ini tetap jadi salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Tiket Masuk

Tarif tiket masuk yang harus dibayar pengunjung tidak dibedakan oleh usia maupun waktu buka. Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Lieuk
Tiket masukRp10.000
Parkir motorRp5.000
Parkir mobilRp10.000

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari. Disarankan untuk berkunjung pada musim kemarau, yaitu antara bulan April – Oktober. Pada musim hujan, akses jalan akan sulit dilalui dan debit air bertambah. Arus air terjun dan sungai pun dikhawatirkan terlalu berbahaya bagi wisatawan.

Jam Buka
Setiap hari09.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Leuwi Lieuk

Lanskap Curug Leuwi Lieuk
Bersantai dengan pelampung, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Lieuk – Foto: Google Maps/muhammad jaelani 194

Curug Leuwi Lieuk adalah salah satu dari banyaknya air terjun yang ada di kawasan Sentul, Bogor. Kata “leuwi” merupakan bahasa Sunda yang berarti lubuk. Lubuk adalah bagian terdalam yang ada di suatu sungai.

Air terjun ini terletak di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Bogor. Akses untuk bisa mencapainya tidak bisa dikatakan mudah. Di musim hujan, jalanan yang harus dilalui pengunjung menjadi basah dan berlumpur, membuatnya susah untuk dilalui. Akan tetapi, rasa lelah akan langsung terbayar ketika sudah tiba dan melihat keindahan panorama air terjun ini.

Baca: Daya Tarik Wisata CURUG HORDENG Sentul

Saudara Kembar ‘Green Canyon’ Pangandaran

Berenang di telaga air terjun
Dinding bebatuan di Curug Leuwi Lieuk menambah eksotisme keindahan – Foto: Google Maps/APAAJA TV

Sungai yang menjadi sumber aliran air Curug Leuwi Lieuk diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi. Tebing berwarna hitam ini tingginya mencapai lebih dari 10 meter. Berbagai vegetasi liar juga turut menghiasi pemandangan sekitar curug tersebut.

Posisi air terjun yang diapit tebing ini menjadi keunggulan tersendiri. Tebing tinggi yang mengapitnya membuat air terjun tampak misterius sekaligus eksotis. Sekilas, akan ditemukan sedikit kemiripan dengan Green Canyon yang berada di Pangandaran, sebuah tempat wisata alam berupa sungai yang diapit dinding bebatuan tinggi dan hutan yang mengelilingi.

Bedanya, air di Curug Leuwi Lieuk lebih jernih dan berwarna biru-kehijauan. Dengan kedalaman hingga 4 meter, wisatawan bisa berenang atau sekadar bermain air di telaganya. Perpaduan antara air yang biru dengan tebing batu kehitaman tampak kontras dan sangat memanjakan mata.

Cliff Jumping

Curug Leuwi Lieuk diapit dua tebing
Pengunjung bisa memilih ketinggian tebing yang bervariasi untuk cliff jumping – Foto/Google Maps: Andi Alwandi

Bagian telaga di Curug Leuwi Lieuk dikelilingi oleh dinding bebatuan yang tinggi. Ketinggiannya mencapai lebih dari 7 meter. Tebing ini sering digunakan untuk cliff jumping atau lompat dari tebing ke air oleh para wisatawan penyuka tantangan.

Pengunjung bisa memilih ketinggian batu yang diinginkan sebagai tempat melompat. Tingginya bervariasi, mulai dari 3 meter, 5 meter, hingga 6-7 meter. Melompat dari tebing dan mendarat ditelaga dengan air yang segar di tengah alam terbuka tentu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Curug Leuwi Hejo

berenang di curug leuwi hejo
Berenang salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunung ke air terjun leuwi hejo. Foto: Google Maps/Deny saputra

Jika masih belum puas bermain di Curug Leuwi Lieuk, pengunjung bisa beralih ke curug yang berada tak jauh dari air terjun ini. Curug bernama Leuwi Hejo ini terletak sekitar 20 menit berjalan kaki dari Curug Leuwi Lieuk. Rutenya menanjak dengan melalui banyak anak tangga. Jika ingin berkunjung kemari, perhatikan kesiapan fisik karena jalannya akan terus menanjak.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Kata “hejo” berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘hijau’. Sesuai namanya, air di telaga sekitar curug ini memantulkan warna hijau yang menawan. Warna ini bukan berarti kotor atau berlumut. Pengunjung justru bisa melihat ke dasar sungai dari atas air karena kejernihannya.

Curug Leuwi Hejo bisa dikatakan sebagai air terjun kecil dan rendah. Posisinya dikelilingi oleh bebatuan dan tanaman liar. Telaganya tidak terlalu dalam, sehingga bisa dijadikan tempat untuk sekadar berenang, menyelam, dan bermain air.

Fasilitas Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet dan ruang bilas, serta mushola. Terdapat banyak warung dan kios yang menjajakan makanan di sini. Jika membawa bekal, jangan sampai meninggalkan sampah agar kebersihan lokasi wisata ini tetap terjaga.

Akses Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk berada di tengah perbukitan kawasan Sentul. Untuk mencapainya, pengunjung harus melewati rute tanjakan maupun turunan dengan jalan yang meliuk-liuk. Kondisi jalannya tidak terlalu baik, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan dalam kondisi prima.

Lokasi Curug Leuwi Lieuk

Wisata air terjun ini terletak di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Kabupaten Bogor. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari lokasi parkir untuk menuju curug. Jalurnya banyak berupa tanah merah dan tanjakan,sehingga  disarankan untuk mempersiapkan kondisi tubuh agar tidak kelelahan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here