Beranda Tiket Wisata

CURUG CIBALIUNG Tiket & Daya Tarik Oktober 2021

Curug CibaliungHarga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Curug Cibaliung adalah objek wisata air terjun alami di kawasan Sentul, Bogor. Curug ini masih satu aliran dengan Curug Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, dan Leuwi Cepet. Keindahan curug terletak pada airnya yang jernih hingga menampilkan warna biru kehijauan alami. Dengan pesona alami serta kesegaran airnya, Curug Cibaliung memang sangat pas sebagai tujuan refreshing di akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Curug Cibaliung

Curug Cibaliung berada dalam kawasan rangkaian air terjun. Sehingga, pengunjung harus membayar beberapa tiket untuk bisa masuk ke areanya. Meski perlu merogoh kocek lebih, namun pengunjung bisa mendapatkan beberapa air terjun sekaligus.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Leuwi Lieuk & Leuwi CepetRp10.000 – Rp15.000
Tiket Masuk Curug CibaliungRp10.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp15.000
Sewa pelampungRp20.000
Penitipan BarangRp2.000

Baca Juga: 30 Wisata Air Terjun Terbaik di Bogor

Jam Buka Curug Cibaliung

Air terjun ini buka setiap hari. Meskipun begitu perlu memperhatikan cuaca saat berkunjung, terutama ketika musim hujan atau setelah cuaca hujan. Jalur trekking yang berupa tanah sangat licin setelah hujan sehingga terlalu berisiko.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Curug Cibaliung

Indahnya Curug Cibaliung
Menikmati suasana alam yang asri di curug wisata Cibaliung – Foto: Google Maps/benhard siregar

Kawasan wisata Sentul di Kabupaten Bogor adalah salah satu tujuan wisata populer. Terutama bagi warga ibukota yang mencari suasana alam tak jauh dari rumah. Kawasan ini juga terkenal karena mengasyikkan untuk jadi lokasi trekking. Banyak jalur dengan beragam tingkat kesulitan yang tersedia untuk berbagai kalangan usia.

Di sisi lain, Sentul juga menyajikan banyak air terjun alami. Memang beberapa dari air terjun ini hanya bisa dicapai dengan cara trekking. Salah satunya adalah Curug Cibaliung yang berada di Kecamatan Babakan Madang. Air terjun ini berada di area perbukitan dengan pesona alami serta menghadirkan aliran air yang jernih dan sejuk.

Rangkaian Air Terjun

Sungai dengan banyak curug
Curug Cibaliung berada di aliran sungai yang sama dengan beberapa curug wisata populer lainnya – Foto: Google Maps/Zuky Channel

Babakan Madang merupakan kecamatan yang menyimpan banyak potensi wisata alam. Salah satunya ada air terjun yang memang sangat mudah dijumpai di sini. Mulai dari Curug Putri Kencana, Curug Barong, dan Curug Leuwi Asih.

Selanjutnya tak ketinggalan Curug Cibaliung sendiri yang berada di aliran sungai yang sama dengan spot wisata sejenis. Di antaranya yaitu Curug Leuwi Hejo, Leuwi Cepet, Leuwi Lieuk, Curug Batok, hingga Curug Kembar yang berada di atas.

Karena berdekatan, akses jalan menuju lokasi pun kurang lebih sama. Pengunjung yang ingin ke Curug Cibaliung akan melewati spot-spot lainnya sebelum tiba di lokasi. Dengan begitu, wisatawan bisa menghemat waktu karena mengunjungi beberapa objek wisata dalam satu kali jalan.

Jalur Trekking Nyaman

Menyusuri jalan setapak
Jalan setapak yang melewati kebun, sawah, hutan, hingga tepian juran – Foto: Google Maps/Sapto Bowo

Perjalanan ke lokasi curug berawal dari area parkir objek wisata Curug Leuwi Hejo. Di sini, terdapat dua jalan bercabang. Jalan ke bawah menuju lokasi Curug Leuwi Hejo. Pengunjung harus memilih jalur ke atas untuk memulai trekking ke Cibaliung.

Jarak dari area parkir ke air terjun ini kurang-lebih 500 meter. Jalurnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain sempit, jalanan tanah dan berbatu ini juga akan melewati sisi jurang.

Jalur trekking ini memang terbilang masih cukup ramah untuk anak-anak. Beberapa medan masih berupa tanah, tetapi banyak juga yang sudah berlapis batu. Jalan di kontur menanjak pun sudah tersusun berupa tangga. Meski belum terdapat pagar pengaman.

Perjalanan Panjang

pengunjung berenang di Leuwi Lieuk
Salah satu objek wisata yang akan dilewati saat menuju Curug CIbaliung adalah Leuwi Lieuk – Foto: Google Maps/Astried Marini

Dibutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit berjalan, tergantung kecepatan masing-masing. Namun tenang saja karena sepanjang jalan sangat mudah menjumpai warung lengkap dengan saung untuk beristirahat.

Jalur trekking ini akan melintasi area ladang dan hutan. Kebanyakan merupakan hutan bambu dan kebun. Di beberapa titik, wisatawan akan dimanjakan oleh hijaunya perbukitan. Pemandangan yang menyegarkan ini tentu akan membantu mengurangi rasa pegal di kaki.

Sebelum mencapai lokasi air terjun, wisatawan akan melintasi area Curug Barong. Tidak lama kemudian, wisatawan akan tiba di Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk. Sesekali jalur akan membawa pengunjung menyeberangi sungai dangkal dengan air yang jernih dan sejuk.

Pesona Curug Cibaliung

Menyelam di Leuwi Cibaliung
Air dari aliran Curug CIbaliung terkenal akan kejernihannya – Foto: Google Maps/ferdinand sagala

Mendekati lokasi curug, akan terlihat sungai berarus tenang yang jernih. Di spot ini bahkan pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Tidak kalah seru dengan main di curug atau leuwi yang ada di bawahnya. Airnya jernih dengan bebatuan beraneka ukuran yang bertebaran di sekitarnya.

Curug Cibaliung adalah tipe air terjun pendek yang terapit dinding batu setinggi kurang lebih 5 meter. Dinding tebing alami ini penuh dengan vegetasi hijau yang semakin mempercantik panorama sekitarnya. Daya tarik utamanya tentu saja air berwarna biru-kehijauannya yang jernih. Tidak sulit mengamati dasar sungainya dengan mata telanjang.

Karena bentuk dinding tebing yang nyaris melingkar, sungai di bawahnya tampak seperti kolam. Areanya ini sekilas akan terlihat seperti sebuah kolam buatan di alam terbuka. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung tidak hanya bisa bermain air atau berenang.

Para penyuka adrenalin bisa menantang diri sendiri dengan melakukan cliff jumping di sekitar air terjun. Untuk naik ke tebing, pengunjung bisa menggunakan tangga batu di salah satu sisinya. Hati-hati karena kedalaman di sekitar jatuhan airnya bisa mencapai lebih dari dua meter. Jika belum mahir berenang, disarankan untuk tidak berada terlalu dekat dengan area ini.

Fasilitas Curug Cibaliung

Fasilitas pendukung yang disediakan di Curug Cibaliung cukup lengkap dan memadai. Ada area parkir, penunjuk arah, toilet dan kamar mandi bilas, serta warung di sepanjang jalur tracking.

Lokasi Curug Cibaliung

Wisata air terjun ini berada di Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Berjarak sekitar 32 kilometer di sebelah timur Kota Bogor. Dari Jungleland, wisatawan bisa melewati rute Jalan Babakan – Jalan Wangon ke arah Cibadak. Disarankan menggunakan mobil minibus atau motor di atas 110 cc.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 11

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini