Beranda Tiket Wisata

CURUG CIBURIAL: Tiket & Aktivitas Oktober 2021

Curug CiburialHarga Tiket: Rp20.000Jam Buka: 06.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat , Indonesia, 16810

Curug Ciburial adalah air terjun pada tingkatan pertama, dari tiga air terjun dua diantaranya adalah Curug Kembar dan Hordeng.  Air terjun ini berada di kawasan Sentul Bogor. Yang menjadi tempat tepat bagi wisatawan yang menyukai suasana keheningan alam. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun tempat ini begitu indah. Apalagi airnya yang masih sangat jernih.

Tiket Masuk Curug Ciburial Bogor

Objek wisata ini dapat dinikmati dengan tiket masuk yang terjangkau. Wisatawan juga masih akan dikenakan tiket masuk per kendaraan yang masuk kawasan wisata. Namun tenang, semuanya masih sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Setiap hariRp 20.000
Tarif Parkir
MotorRp 5.000

Baca: 20+ Curug Terbaik di Bogor

Jam Operasional Curug Ciburial Bogor

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga petang. Wisatawan yang ingin merasakan kesejukan, bisa datang sejak pagi hari.

Jam Operasional
Setiap hari06:00 – 18:00 WIB

Menikmati Keindahan Curug Ciburial Bogor

Kolam Berwarna Hijau Kebiruan dari Air Curug yang Jernih
Kolam Berwarna Hijau Kebiruan dari Air Curug yang Jernih. Foto: Gmap/hasan sadiq

Curug Ciburial, keindahan air terjun di tengah hutan. Siapa yang sangka, di tengah belantara Kota Bogor, masih terdapat alam indah berupa air terjun ini. Meskipun alirannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter saja. Namun pesonanya tidak kalah dengan air terjun lain yang lebih tinggi.

Air terjun ini mengalir dengan deras, membelah batuan besar di kedua sisinya. Batu – batu ini seolah memberikan jalan bagi air terjun untuk mengalir bebas menuju kolam bawahnya. Air kolam pun tampak begitu jernih, bahkan sesekali tampak berwarna hijau kebiruan. Berpadu indah dengan warna coklat batuan di sekitarnya.

Baca: 10 Objek Wisata Terbaik di Sentul

Udara di sekitar masih sangat sejuk. Apalagi, tanaman berupa semak dan pohon masih tumbuh dengan subur di sekitarnya. Sehingga pemandangannya semakin bertambah asri dan indah.Curug yang tidak terlalu tinggi serta kolam yang tidak dalam, menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan.

Berenang di Air Kolam yang Jernih

Berenang Santai di Kolam
Berenang Santai di Kolam. Foto: Gmap/Ade Saif Ali

Kolam dari aliran Curug Ciburial begitu jernih. Warnanya pun tampak hijau kebiruan diterpa sinar mentari. Kolam pun tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan bebas untuk berenang. Wisatawan dapat berenang menggunakan pelampung atau tanpa pelampung.

Bahkan, tak jarang wisatawan membawa pelampung mainan untuk sekadar berfoto. Waktu yang tepat bermain di kolam adalah saat musim kemarau. Karena debit air yang tidak terlalu tinggi serta aliran air yang tidak terlalu deras. Ditambah lagi, pada musim kemarau air kolam akan tampak begitu jernih.

Baca: CURUG BIDADARI Sentul Tiket & Aktivitas

Sementara saat musim hujan, aliran air terjun semakin deras. Sehingga tentu membahayakan wisatawan yang bermain di dalam kolam.

Berfoto di Keindahan Ciburial

Spot Foto Favorit Wisatawan
Spot Foto Favorit Wisatawan. Foto: Gmap/UDAR1DER CHANNEL

Bagi yang tidak ingin bermain air, wisatawa juga dapat menikmati hal lain di sini. Yaitu dengan berfoto berlatar belakang air terjun yang menawan. Apalagi, batuan – batuan yang ada di sekitarnya turut membawa keindahan dalam frame foto.

Batuan besar di depan air terjun biasanya menjadi spot favorit wisatawan. Wisatawan akan duduk di atas batu tersebut dan berpose dengan indah. Dari sini akan terlihat jelas air terjun Ciburial yang menawan itu. Tak tanggung – tanggung, wisatawan juga membawa properti berfoto, misalnya seperti kain tenun.

Baca: Curug PUTRI KENCANA Sentul Tiket & Aktivitas Seru

Tidak hanya itu, pengelola juga telah menyediakan spot foto khusus. Dimana, wisatawan dapat berfoto di spot – spot yang telah disediakan dengan biaya tertentu. Wisatawan cukup membayar Rp 3.000 setiap spot foto.

Asal Usul Curug Ciburial

Keindahan Curug Ciburial yang Menawan
Keindahan Curug Ciburial yang Menawan. Foto: Gmap/Vivi asr

Berwisata ke suatu tempat tentu akan menimbulkan perasaan penasaran mengenai asal usulnya. Seperti halnya ketika mengunjungi air terjun ini. Curug Ciburial ada karena tidak disengaja, yang ditemukan oleh seorang warga desa yang mencari kayu. Dimana, warga tersebut mendengar gemericik air yang deras dari balik semak tinggi.

Ditelusurilah suara gemericik tersebut yang ternyata mengarah ke sebuah air terjun tanpa nama. Hingga akhirnya, warga setempat mengusulkan nama “Ciburial” untuk air terjun tersebut. Yang mana artinya dalam bahasa Indonesia adalah “air yang keluar dari bawah”.

Baca: Daya Tarik Wisata CURUG HORDENG Sentul

Kemudian, masyarakat setempat mulai membuka tempat tersebut menjadi objek wisata umum. Yang dapat dikunjungi juga oleh orang lain selain warga setempat. Dan hingga kini, menjadi objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Utamanya pengunjung yang mendambakan keheningan tanpa harus jauh keluar kota.

Menikmati Kuliner Sederhana di Warung

Di sekitar air terjun, berdiri warung – warung dengan bangunan semi permanen. Warung – warung ini menjual makanan sederhana hingga snack dan minuman. Ada mie instan, kopi, teh, hingga gorengan yang siap mengenyangkan perut. Meskipun sederhana, namun jika dinikmati dalam kondisi hangat akan terasa nikmat.

Apalagi, dinikmati dari tempat indah yang amat sejuk. Menjadikan suasana semakin menyenangkan dan membawa bahagia siapapun yang menikmatinya.

Fasilitas

Objek wisata ini telah dilengkapi fasilitas umum. Seperti parkir kendaraan, penitipan helm, toilet, serta warung – warung. Trekking menuju air terjun cukup menantang, menanjak dan ada bagian curam. Sebaiknya wisatawan mengenakan alas kaki yang nyaman dan aman untuk trekking.

Lokasi Curug Ciburial

Berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi air terjun tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Jakarta hanya berjarak 60 Kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara. Sedangkan jika dari kota Bogor hanya berjarak 32 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini