Beranda Tiket Wisata

CURUG MARIUK Tiket & Ragam Aktivitas September 2021

Curug MariukHarga Tiket: Rp20.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Sukamulya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, -

Curug Mariuk objek wisata yang terletak di Bogor ini merupakan salah satu incaran bagi penggemar petualangan. Betapa tidak, untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan tenaga ekstra untuk trekking. Karena berada di kaki gunung maka medan jalannya pun cukup terjal.

Air terjun di sini memang bukan air terjun yang tinggi, namun keindahannya tak bisa diremehkan. Kolamnya pun bukan kolam yang luas, namun yang berenang akan ketagihan. Alam di sekitar masih sangat asri, bahkan lokasi air terjun ini cukup tersembunyi. Meski demikian, tetap ada warung-warung yang buka di sepanjang jalan menuju air terjun.

Harga Tiket Masuk Curug Mariuk Bogor

Objek wisata yang menawarkan keindahan alam ini dapat dinikmati dengan tiket masuk yang terjangkau. Bahkan, tidak ada perbedaan harga tiket di hari biasa maupun hari libur. Wisatawan anak-anak dan dewasa pun dikenakan harga tiket yang sama.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp20.000

Baca Juga: 29 Air Terjun Terbaik di Bogor

Jam Buka Curug Mariuk Bogor

Selamat ini, belum ada jam operasional tetap untuk air terjun tersembunyi ini. Namun umumnya, wisatawan datang di pagi hingga sore hari. Meskipun dapat diakses selama 24 jam. Dikarenakan pencahayaan sekitar yang belum memadai.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Tersembunyi Curug Mariuk Bogor

Pemandangan sekitar Curug Mariuk
Pemandangan sekitar Curug Mariuk. Foto: Gmap/Muhammad Ghalib Marasabessy

Objek wisata indah kadangkala tersembunyi di tengah hutan, seperti Curug Mariuk ini. Jauh dari hingar bingar kehidupan kota, bahkan jauh dari pemukiman penduduk. Menjangkau air terjun ini saja sudah menguras waktu dan tenaga karena medan yang tak mudah. Meski demikian, rasa lelah dan sulitnya medan akan terbayar ketika sudah sampai lokasi air terjun.

Air terjun ini tidaklah tinggi, hanya beberapa meter saja. Aliran Air yang jatuh ke kolam di bawahnya pun tidak terlalu deras, sehingga tidak berbahaya. Air mengalir dengan lancar dari tebing batuan alam. Airnya begitu jernih, tampak berwarna putih ketika jatuh dari bebatuan.

Di bawahnya terdapat kolam yang cukup dalam di bagian tengah. Kolam ini berwarna biru toska, jernih dan bersih. Di sekitar air terjun ini merupakan dinding batuan dengan semak dan pepohonan lebat. Seolah arena curug ini menjadi bilik mandi pribadi dengan tembok semak lebat menjadi pelindungnya.

Berenang Seru di Curug Mariuk

Indahnya Air Terjun dan Kolam Toska di bawahnya
Indahnya Air Terjun dan Kolam Toska di bawahnya. Foto: Gmap/Oval Dwiprananda

Selama berada Curug Mariuk jangan lupa mencoba berenang telaganya. Kolam ini tidak dangkal, sehingga perlu berhati-hati dan pastikan sudah mahir berenang. Hanya di bagian pinggir kolam saja yang cukup dangkal, dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Meski demikian, arus air terbilang tenang. Hanya riak dari air terjun saja yang membuatnya bergelombang. Di beberapa sisi tampak tenang sehingga lebih nyaman untuk berenang. Di sekitar kolam terdapat batu-batu alam yang bisa berguna sebagai area duduk dan bersantai.

Ada juga batu yang cukup tinggi seperti tebing. Biasanya, batu ini dipakai untuk awalan loncat indah ke dalam kolam. Seru pastinya berenang di air yang sangat jernih dan menyegarkan ini. Meski air di kolam cukup dingin, namun cukup membuat wisatawan enggan untuk beranjak.

Bersantai di Kolam Curug

Batuan yang dapat Digunakan untuk Duduk Santai
Batuan yang dapat Digunakan untuk Duduk Santai. Foto: Gmap/Yogi Edo P

Selain berenang, wisatawan yang tidak ingin menceburkan diri masih tetap bisa menikmati kolam. Wisatawan dapat bersantai menggunakan pelampung. Pelampung berbentuk perahu atau seperti bean bag. Yang memungkinkan wisatawan untuk naik dan bersantai di atas pelampung tersebut.

Riuh air terjun menjadi musik alam yang membawa suasana tersendiri. Bahkan wisatawan dapat bergerak-gerak dengan sendirinya di atas pelampung. Karena gerakan kolam dari terjunan air.

Selain itu, wisatawan juga dapat bermain-main air saja di pinggir kolam. Daerah pinggir kolam masih cukup dangkal untuk sekedar merendamkan kaki. Sembari duduk di batuan pinggir kolam sambil menyaksikan indahnya pemandangan sekitar. Suara kicauan burung, serangga, serta riuhan air terjun menjadi harmoni yang menenangkan hati.

Berfoto di Kawasan Air Terjun

Pemandangan yang indah tentunya menggoda siapapun untuk berfoto. Di sini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang air terjun. Lengkap dengan pemandangan kolam yang ada di depannya. Tentu akan menjadi sebuah momen yang indah dan tak terlupakan.

Selain itu, wisatawan yang memiliki kamera mumpuni juga dapat melakukan foto underwater. Fisibilitas di dalam kolam cukup tinggi karena jernihnya air kolam. Wisatawan dapat berfoto dengan pemandangan di dalam kolam bawah curug ini. Meskipun tidak ada terumbu karang seperti di laut, namun foto bawah air di sini terbilang indah.

Beberapa pasangan bahkan mengabadikan momen bersama ketika di bawah air. Sungguh indah, apalagi ketika sedang sepi. Karena tidak ada gangguan dari wisatawan lain yang sedang berenang.

Menikmati Makanan di Tepian Curug

Menikmati Bekal Makanan di dekat Air Terjun
Menikmati Bekal Makanan di dekat Air Terjun. Foto: Gmap/ifunkk asyidiq permana

Di dekat air terjun ini terdapat warung kecil milik penduduk sekitar. Di warung tersebut menyediakan berbagai makanan serta minuman. Kebanyakan adalah makanan dan minuman instan yang dijual. Meski demikian, makanan di sini terbilang nikmat karena baru akan dibuat ketika ada pesanan.

Menyantap makanan dan minuman di tepian curug tentu akan semakin nikmat. Menikmati makanan hangat di tepi curug yang dingin. Salah satu cara bersantai yang menyenangkan.

Lokasi Curug Mariuk Bogor

Air Terjun ini berlokasi di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Objek wisata ini berada di jalur pendakian Gunung Kuta. Sehingga tak jarang pendaki yang turun gunung menyempatkan mampir untuk bermain di curug ini.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini