Beranda Tiket Wisata

CURUG BARONG Sentul Tiket & Daya Tarik - Oktober 2020

Curug Barong
Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Pabuaran,Sukamakmur,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16810.

Akhir pekan, sudah ada ide ingin pergi ke mana? Wisata alam di Bogor mungkin bisa jadi penawarnya. Kota Hujan yang memiliki sejuta keindahan alam yang sudah terjamah ataupun yang masih tersembunyi. Salah satu objek wisata alam yang masih jarang terdengar di telinga adalah Curug Barong yang berada di daerah Sentul.

Letaknya yang cukup tersembunyi menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati alam yang asri. Air terjun ini berada di area Gunung Pancar Sentul yang cukup terkenal dengan keberadaan air terjunnya.

Tiket Masuk Curug Barong

Untuk menikmati keindahan Curug Barong, pengunjung cukup membayar tiket masuk dan biaya parkir. Tiket ini bisa didapatkan melalui gerbang masuk Curug Leuwi Hejo.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp20.000

Baca: 19 Curug Di Bogor Dengan Keindahan Memukau

Jam Operasional

Curug Barong terbuka untuk kalangan umum setiap hari. Disarankan tidak berkunjung ketika masa curah hujan tinggi karena pada waktu seperti ini, sering terjadi banjir bandang di area air terjun yang bisa membahayakan pengunjung. Selain itu, jalur menuju curug pun akan licin dan berbahaya untuk dilalui.

Jam Buka
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Barong

Curug Barong
Curug Barong berada di kawasan Sentul, Bogor – Foto: Google Maps/Budi Wid

Baca: CURUG LEUWI HEJO Sentul Tiket & Aktivitas

Curug Barong merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Babakan Madang, Bogor. Air terjun ini mengalir dari sungai yang sama dengan Curug Leuwi Hejo, yaitu sungai Cirangrang. Posisinya setelah Curug Leuwi Lieuk dan sebelum Curug Leuwi Hejo.

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal Curug Leuwi Hejo atau Curug Leuwi Lieuk. Nama Curug Barong lebih populer di kalangan pelancong yang sudah berpengalaman menjelajahi hutan, alias pecinta alam. Ini karena jalur trekking menuju air terjun tersebut cukup menantang dan kurang bersahabat untuk pengunjung anak-anak.

Perjalanan Menuju Curug

Jalur trekking
Pemandangan di jalur trekking melalui area persawahan – Foto: Google Maps/Hartanto

Baca: Curug LEUWI LIEUK Sentul Tiket & Ragam Daya Tarik

Ada dua cara untuk menuju Curug Barong, yaitu langsung atau menyusuri sungai. Jika melalui jalur langsung, pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua melalui gerbang masuk Leuwi Hejo. Sementara untuk rute menyusuri sungai, bisa melalui Curug Leuwi Lieuk atau Leuwi Hejo.

Rute ini dimulai dari gerbang Desa Karang Tengah yang ada di dekat gerbang objek wisata Jungle Land di Sentul. Arahkan kendaraan melalui jalan lurus hingga menemui pertigaan kawasan wisata alam Gunung Pancar. Belokkan kendaraan ke kiri menuju Leuwi Hejo dan terus ikuti jalan lurus.

Rute ini akan membawa pengunjung melalui kawasan perkampungan dengan kondisi jalanan yang beragam. Sebelum sampai jembatan, kondisi jalan tidak terlalu baik dengan aspal yang rusak dan beberapa hanya berlapis bebatuan.

Setelah melewati jembatan, jalanan akan kembali beraspal dan cukup mulus untuk dilewati. Hati-hati dengan kontur tanjakan serta turunan yang membutuhkan konsentrasi menyetir cukup tinggi.

Panorama Curug Barong

Air terjun di antara dua batu
Air terjun yang mengalir dari tebing batu ketika musim kemarau debitnya tidak terlalu tinggi – Foto: Google Maps/Navi Vhie

Baca: CURUG PANGERAN Sentul Tiket & Aktivitas Wisata

Bagi pengunjung yang membawa mobil, pengelola akan mengarahkan untuk parkir di lahan yang sudah disediakan. Pengunjung yang membawa motor atau sepeda masih bisa melalui gerbang dan parkir di lahan setelahnya. Dari area parkir, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Jalur trekking yang dilalui dengan berjalan kaki ini akan melintasi kawasan hutan. Jalannya berupa jalan setapak tanah yang sempit dan bersisian dengan jurang. Ketika hujan turun, jalan ini menjadi licin dan cukup membahayakan bagi pengunjung yang kurang berpengalaman.

Dua batu besar di Curug Barong
Dua batu besar yang menjadi ciri khas Curug Barong – Foto: Google Maps/Tambang Raras

Baca: Daya Tarik Wisata CURUG HORDENG Sentul

Waktu yang dibutuhkan untuk berjalan kaki sekitar 10 hingga 20 menit. Jalur setapak juga akan melintasi sungai dangkal yang penuh bebatuan. Meski cukup melelahkan, namun seluruh rasa lelah itu akan terbayar setelah tiba di tujuan.

Curug Barong berada di ujung jalan setapak. Air terjun ini mengalir di tebing batu yang rendah dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Air dari Sungai Cirangrang ini mengalir ke sebuah telaga kecil yang tidak terlalu dalam.

Kondisi airnya menakjubkan: biru, jernih, dan menyejukkan. Kejernihannya membuat pengunjung bisa melihat dasar telaga yang berbatu-batu dengan jelas dari atas permukaan air. Di sekitar telaga, bertebaran batu berukuran besar. Keberadaan batu-batu ini juga menjadi lansekap khas yang melengkapi panorama Curug Barong.

Menikmati Suasana Curug

Panorama air terjun
Panorama air terjun dari atas batu – Foto: Google Maps/Dani Pratiwi

Baca: Curug PUTRI KENCANA Sentul Kesegaran Telaga Jernih

Telaga di bawah air terjun Curug Barong memang tidak terlalu luas. Batu-batu besar di sekelilingnya menjadi semacam penghalang atau pagar pembatas. Namun, bebatuan ini justru jadi spot yang disukai untuk duduk-duduk. Karena permukaannya cukup halus, pengunjung bisa menikmati suasana Curug Barong sambil duduk atau berbaring di sini.

telaga dan sungai jernih di curug barong sentul
Aliran sungai yang cukup deras ketika musim hujan – Foto: Google Maps/Tambang Raras

Berenang dan bermain air di Curug Barong rasanya seperti berada di kolam pribadi. Terlebih jika berkunjung di waktu pagi hari, ketika masih minim pelancong. Airnya pun masih sejuk dan bersih. Boleh juga mencoba melompat dari atas batu menuju telaga dan menikmati langsung kesegaran airnya.

Perlu diingat bahwa Curug Barong ini memiliki daerah pusaran air di dekat jatuhan airnya. Pengunjung tidak boleh berada terlalu dekat dengan air terjun. Ketika musim hujan, arus air terlalu deras dan bisa membahayakan. Setelah hujan lebat biasanya terjadi banjir bandang, maka dari itu pengunjung harus menjauhi kawasan air terjun.

Fasilitas Curug Barong

Letak Curug Barong yang berada di tengah hutan serta hanya bisa dijangkau melalui jalur trekking yang sempit membuat objek wisata ini minim fasilitas. Toilet, kamar mandi, maupun mushola masih belum tersedia di sekitar air terjun ini. Meskipun begitu, terdapat lahan parkir untuk kendaraan wisatawan.

Sepanjang jalur trekking, hanya ada satu kios makanan yang bisa ditemukan. Oleh karena itu, disarankan membawa perbekalan serta obat-obatan secara mandiri.

Lokasi Curug Barong

Air terjun ini berada di Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810. Lokasinya hanya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil, motor, atau sepeda. Tidak ada angkutan umum yang melintasi objek wisata ini.

Posisi air terjun berada di tengah hutan dan bisa dicapai dengan berjalan kaki. Waktu yang dibutuhkan sekitar 10 – 20 menit berjalan kaki melalui jalur trekking.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini