Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun yang berada di wilayah Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Karena saat terkena sinar matahari pancaran airnya berwarna hijau maka disebut Leuwi Hejo. Keunikan wisata ini adalah suasana alamnya, tantangan medan serta keindahan air jernih menghijau.

Wisata ini semakin populer di kalangan wisatawan sejak awal tahun 2015. Curug ini berada di Kawasan Hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor. Pengelolaannya oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Sejahtera, Desa Karang Tengah.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Wisatawan yang datang ke air terjun ini akan dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket curug berlaku sama baik untuk hari biasa maupun akhir pekan. Beberapa catatan dari pengunjung yang pernah ke air terjun ini, wisatawan agar berhati-hati karena banyaknya pungutan liar di sekitar area curug.

Harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo
Senin – MingguRp15.000
Sewa PelampungRp10.000
Parkir MobileRp15.000
Parkir MotorRp10.000

Baca: Curug Bidadari Sentul Tiket & Aktivitas

Jam Buka Curug Leuwi Hejo

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau menjelang sore dimana suasana sekitar sudah mulai teduh.

Jam operasional
Senin – Minggu06.00 -17.30

Aktivitas dan Daya Tarik Wisata

Kejernihan dan keindahan curug leuwi hejo bogor
Menikmati keindahan dan kejernihan curug leuwi hejo yang menyegarkan. Foto: Google Maps/ Satria Ally

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menikmati liburan di Curug Leuwi Hejo. Keindahannya telah tersaji sejak perjalanan menuju lokasi wisata. Panorama perbukitan hijau dan air terjunnya menjadi sajian unik tersendiri.

Daya tarik utama Curug Leuwi Hejo adalah warna airnya. Air kolam memberikan pantulan warna biru kehijauan jernih. Airnya sejuk dan dingin khas alami air dari pegunungan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Hiking Ringan Ke Curug Leuwi Hejo

hiking dan trekking menuju air terjun leuwi hejo
Selain menikmati kesegaran air terjun berkunjung ke sini juga menyehatkan karena pengunjung akan melakukan trekking untuk sampai ke lokasi curug. Foto: Googe Maps/Z Nasution

Dari lokasi parkir, wisatawan akan menempuh jalur treking sekitar 20-30 menit menuju Leuwi Hejo. Medan yang ditempuh menuju air terjun berupa jalan setapak dari tanah dan tangga bebatuan. Jalurnya cukup landai dengan tanjakan-tanjakan ringan yang relatif aman, bahkan bagi anak-anak.

Selama hiking, wisatawan disuguhkan keindahan pegunungan hijau serta gemuruh air sepanjang aliran sungai. Bila beruntung, wisatawan dapat melihat gerombolan kera berlompatan di pepohonan di sekitar perbukitan.

Baca: Eco Art Park Sentul Tiket & Spot Foto

Mendekati air terjun, wisatawan akan menyeberangi jembatan bambu yang dibangun warga secara sederhana. Diharapkan wisatawan memperhatikan faktor cuaca saat berkunjung dan membawa barang secukupnya demi kenyamanan.

Berenang & Bermain Air

berenang di curug leuwi hejo
Berenang salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke air terjun leuwi hejo. Foto: Google Maps/Deny saputra

Setelah trekking, rasa lelah wisatawan akan tebayar dengan keindahan Leuwi Hejo dengan airnya yang hijau bening. Pada bagian yang sangat dangkal, warna air akan terlihat sangat jernih. Airnya dingin sejuk, khas alami air pegunungan.

Keindahan pantulan airnya membuat wisatawan tertarik untuk langsung berenang dan berbasah-basahan ria. Wisatawan dapat berenang maupun menyelami kedalaman ‘leuwi’-nya. Bagi yang tidak bisa berenang, dapat bermain air di sepanjang aliran sungainya.

Baca: Pasar Ah Pong Sentul 4 Aktivitas Top

Terdapat sebuah mitos bahwa air Leuwi Hejo memiliki khasiat penyembuhan alami bagi wisatawan. Menurut tokoh masyarakat setempat, airnya berkhasiat menyembuhkan penyakit gatal dan kelumpuhan anggota gerak tubuh.

Melompat Dari Tebing

Melompat dari bebatuan di tebing Curug Leuwi Hejo Bogor
Mau aktivitas yang sedikit lebih menantang bisa mencoba melompat dari tebing sekitar air terjun dengan tetap berhati-hati. Foto : Google Maps/Fadil Achmed

Leuwi Hejo memiliki aliran air berwarna hijau kebiruan yang diapit beberapa tebing batu pegunungan. Inilah yang membuat banyak wisatawan menjuluki curug ini sebagai versi mininya Green Canyon.

Tidak hanya berenang, wisatawan biasanya bermain air dengan melakukan loncatan dari atas tebing batu. Untuk mendaki batu tersebut, disediakan seutas tali tambang sebagai pegangan. Lompatan ini aman dilakukan karena kedalaman kolam di bawah air terjun sekitar 3 meter.

Baca: Puncak Mustika Manik Tiket & Spot Foto

Tantangan adrenalin lompat dari ketinggian akan memberikan sensasi kesegaran. Apalagi saat mencapai permukaan kolam dan masuk ke kedalamannya.

Menikmati Pemandangan Sekitar

pemandang hijau alam sekitar
Selain air terjun pemandangan alam di sekitar curug leuwi hejo juga akan menyegarkan mata. Foto: Google Maps/Deny saputra

Curug Leuwi Hejo memiliki keunikan berupa kolam berundak yang terbentuk dari susunan batu. Airnya yang sangat jernih membuat bagian dasar kolam dapat terlihat jelas. Apalagi jika wisatawan naik ke bagian atas, pemandangan air terjun terlihat semakin jelas.

Bagi wisatawan yang tak ingin bermain air, dapat duduk di bebatuan di sepanjang aliran Leuwi Hejo. Di tepian alirannya terdapat pepohonan rimbun yang membuat suasana curug menjadi teduh.Pemandangan alaminya dapat menyegarkan pikiran, ditambah suara gemericik air terjun.

Pemandangan ini tidak hanya tersaji di sekitar air terjun, tetapi sejak perjalanan menuju lokasi wisata ini. Pada pagi hari, wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise di balik perbukitan.

Foto Cantik Berlatar Air Terjun

berfoto berlatar air terjun
Jika sudah sampai ke air terjun jangan lupa mengabadikan momen berlatar curahan air terjun. Foto: Google Maps/Paisal Siregar

Satu hal yang tak terlewatkan yaitu berpose bersama orang-orang terdekat. Aliran deras air terjun yang turun sering dijadikan objek foto dan swafoto bagi wisatawan.

Tidak hanya di sekitar area air terjun, pemandangan indah telah tersaji saat perjalanan menuju lokasi wisata. Dengan latar persawahan dan perbukitan hijau yang sangat Instagrammable. Beberapa titik telah memiliki spot foto yang dirancang warga sekitar.

Fasilitas

Untuk keamanan terdapat pos pemantau di dekat lokasi air terjun. Tersedia juga jasa penyewaan alat pelampung bagi wisatawan. Di lokasi curug pun terdapat tali tambang sebagai pegangan saat berada di aliran sungai.

Fasilitas seperti toilet, loker, dan tempat ganti telah cukup memadai. Bagi wisatawan yang ingin bersantap tak perlu mencari jauh-jauh. Di sekitar aliran sungai telah tersedia kedai-kedai penjaja makanan dan minuman.

Cara Ke Curug Leuwi Hejo

Akses ke lokasi air terjun memang tidak bisa dibilang mudah. Infrastruktur jalan yang masih kurang bagus serta minimnya angkutan umum yang sampai ke lokasi. Belum lagi lokasi air terjun yang mengharuskan pengunjung melewati rute jalan perkampungan.

Kendaraan Pribadi

Jika pengunjung menggunakan mobil pribadi dari Jakarta bisa menggunakan rute Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Citeureup (Cibinong). Lalu ambil ke arah sukamakmur dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Rute ini melewati jalan yang agak besar dan bisa dilalui oleh mobil.

Jika menggunakan motor bisa menempuh perjalanan ke arah Jungleland Sentul. Dari Jungleland ambil ke arah Jl Raya Babakan sampai ke Curug Leuwi Hejo. Kurang lebih berjarak 9 Km dari kawasan sentul.

Naik Kereta Ke Bogor

kereta commuter line stasiun cilebut
Bagi yang berencana ke curug leuwi hejo menggunakan kereta bisa turun di stasiun cilebut dan melanjutkan menggunakan APTB. Foto: Google Maps/Sharon Excelli

Jika menggunakan moda kereta KRL commuter line dan berhenti di Stasiun Bogor belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke curug. Lebih baik wisatawan turun di Stasiun Cilebut ( Satu stasiun sebelum stasiun Bogor). Dari stasiun ini bisa menggunakan angkutan umum no 7 ke arah Jalan Soleh Iskandar (atau sering juga disebut Jalan Baru).

Di Jalan Baru bisa menunggu Bus APTB Ke Jakarta dan turun di Belanova Sentul perjalanan kurang lebih 15 menit. Dari sini bisa menggunakan angkutan seperti Grab atau Gojek. Untuk menunggu lebih baik di seberang Mall Belanova karena jika persis dari depan Mall Belanovo putaran balik terdekat cukup jauh.

Baca: Jungleland Sentul Tiket & 12 Wahana

Naik Bus APTB

Jika naik bus dari Jakarta bisa menggunakan APTB jurusan Jakarta Blok M – Jungleland. Turun di Jungleland Sentul dan lanjutkan menggunakan Grab atau Gojek dengan perjalanan kurang lebih 9 km. Untuk angkutan umum ke curug Leuwi Hejo masih sangat minim.

Penginapan Di Curug Lewui Hejo

Untuk penginapan di dekat air terjun dan cukup nyaman belum ada. Jika ingin menginap bisa memesan hotel, villa, resort atau homestay di sekitar kawasan sentul. Dari kawasan sentul ini (tergantung lokasi penginapan) untuk ke area curug kurang lebih memakan waktu setengah jam.

Untuk harga penginapan yang ditawarkan juga beragam tergantung jenis penginapan. Namun secara umum penginapan bisa didapat dengan harga mulai dari Rp200.000 per malam sampai dengan Rp1.500.000 per malam.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Air Terjun ini berada di Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.