CURUG HORDENG Tiket & Daya Tarik Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Curug Hordeng: Rp20.000
  • Jam Buka: 07.00 - 15.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830

Penyuka wisata sekaligus petualangan sepertinya akan tertarik dengan destinasi wisata alam yang satu ini: Curug Hordeng. Curug yang terletak di Bogor ini berada di Kampung Cibeureum, Sentul, Bogor. Air terjun ini tidak hanya menawarkan keindahan air terjun, tetapi juga tantangan bagi siapa pun yang ingin mengunjunginya.

Curug Hordeng adalah bagian dari rangkaian air terjun yang berada di kawasan Sentul. Tempat wisata alam air terjun ini banyak peminatnya karena lokasinya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, maupun Depok.

Tapi jangan salah, perjalanan menuju objek wisata air terjun ini populer sebagai rute yang menguji adrenalin. Selain itu, ada dua air terjun lainnya yang lokasinya masih satu kawasan dengan air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Curug Hordeng

Harga tiket masuk Curug Hordeng saat hari biasa dan hari libur tetap sama. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk Curug Ciburial dan Curug Kembar. Ada juga biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Harga tiket masuk Curug Hordeng hanya perlu membayar Rp20.000 saja.

Baca: CURUG BIDADARI Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Seru

Jam Buka Curug Hordeng

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari, tak terkecuali hari libur atau tanggal merah. Datanglah kemari di pagi hari ketika musim kemarau. Ini untuk menghindari jalanan yang becek dan licin karena hujan. Sementara untuk jam buka Curug Hordeng mulai pukul 07.00 pagi dan akan tutup pukul 03.00 sore.

Daya Tarik Curug Hordeng

Lanskap Curug Hordeng
Curug Hordeng memiliki jeram lebar dan bentuknya menyerupai tirai – Foto: Google Maps/Wandi Sukoco

Air terjun ini terletak di kawasan Sentul, tepatnya di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Bogor. Air terjun ini berada di ketinggian 740 meter di atas permukaan laut. Curug ini bisa ditemukan dengan berjalan kaki atau treking selama 30 hingga 40 menit dari gerbang masuk.

Nama Curug Hordeng berasal dari bahasa Sunda, “hordeng” yang berarti tirai. Nama ini berdasarkan penampakan air terjun yang lebar dan tidak terlalu tinggi. Jika terlihat dari jauh, air terjun ini menyerupai sebuah tirai.

Berenang di Curug Hordeng

Pengunjung bersantai di Curug Hordeng
Curug Hordeng memiliki dua kolam, yaitu kolam atas dan kolam bawah – Foto: Google Maps/Hasan Sadiq

Perjalanan menuju air terjun memang cukup menantang. Jalanannya tidak terlalu lebar dan terdiri dari tanjakan, turunan, maupun tikungan yang cukup ekstrem. Kondisi jalannya pun tidak terlalu baik karena berupa tanah yang tidak terlalu terawat.

Bagi yang membawa motor agar lebih berhati-hati dalam membawa kendaraannya agar tidak terpeleset. Datanglah menggunakan motor dengan kondisi prima. Sedangkan bagi yang membawa mobil, gunakan mobil yang tidak terlalu besar. Hal ini mengingat ukuran jalan yang sempit dan berisiko.

Setelah sampai di gerbang, pengunjung masih harus berjalan kaki untuk bisa tiba di air terjun. Namun tenang saja, karena sepanjang perjalanan pemandangannya indah perpaduan hutan serta perkebunan milik warga setempat. Keindahan ini tentu bisa membantu untuk melupakan sedikit rasa lelah.

Curug ini sendiri merupakan air terjun yang paling aman untuk dijadikan tempat berenang. Kondisi airnya masih bersih dan jernih. Kedalamannya pun hanya sekitar 1– 2 meter. Wisatawan bisa berenang hingga menyelam di sini, namun hindari terlalu dekat dengan air terjun.

Baca: CURUG CIHERANG Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Seru

Bermain Air di Curug Kembar

Wisatawan bermain air di Curug Kembar
Curug Kembar dengan dua buah air terjun yang serupa – Foto: Google Maps/D Three

Dari Curug Hordeng, wisatawan bisa mengunjungi Curug Kembar yang tak terlalu jauh lokasinya. Wisatawan harus menyeberang telaga untuk menuju jalan setapak. Jalan ini akan membawa wisatawan ke Curug Kembar dengan jarak sekitar 70 meter.

Seperti namanya, Curug Kembar memang merupakan sepasang air terjun seperti anak kembar. Aliran airnya terpecah oleh batu besar yang ada di ujung sungai dan jatuh ke sebuah telaga. Ketinggian airnya hanya semata kaki dan banyak bebatuan.

Dengan kondisi ini, wisatawan memang tidak bisa berenang. Pengunjung juga tidak boleh untuk mendekati air terjun karena dasarnya terlalu dalam sehingga bisa membahayakan. Namun, pengunjung bisa bermain air sepuasnya di aliran sungai yang mengalir dari Curug Kembar.

Baca: CURUG CIBULAO Bogor Tiket Masuk & Ragam Daya Tarik

Pesona Curug Ciburial

Curug Ciburial menyerupai seluncuran
Pemandangan indah di Curug Ciburial juga cocok sebagai lokasi foto pre-wedding – Foto: Google Maps/Fuad Yudellestera

Pengunjung bisa lanjut menjelajah ke Curug Ciburial yang juga tidak terlalu jauh dari Curug Kembar. Rutenya cukup terjal dengan medan tanjakan serta turunan. Curug Ciburial bisa dicapai dalam waktu kurang-lebih 15 menit berjalan kaki.

Pemandangan di Curug Ciburial juga tidak kalah dari Curug Hordeng maupun Curug Kembar. Airnya jernih dan berwarna biru. Namun, pengunjung tidak boleh untuk berenang di sini karena kedalaman sungainya yang mencapai 4 – 5 meter. Arusnya pun cenderung lebih kuat dibandingkan dua curug sebelumnya.

Meski tidak bisa berenang, pengunjung tetap bisa mengabadikan momen di sini. Sungainya berisi batu-batu besar yang berserakan dan bisa menjadi tempat pijakan. Tetap berhati-hati agar tidak terpeleset karena permukaannya cukup licin.

Baca: CURUG CIPAMINGKIS Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Seru

Spot Swafoto Hits

Berfoto di view deck
Pengunjung bisa istirahat sejenak dan mengabadikan momen di view deck Curug Hordeng – Foto: Google Maps/Dodi Muhammad Farhan

Rute menuju Curug Hordeng memang menantang. Kadang menanjak, kadang menurun, dan terjal. Jika tidak berhati-hati, pengunjung bisa tergelincir bahkan cedera. Oleh karena itu, pemula disarankan untuk berhati-hati dan jika perlu beristirahat dulu.

Sambil beristirahat, jangan lupa sempatkan diri untuk mengambil banyak foto. Pemandangan alam di sekitar terlalu sayang jika sampai terlewat begitu saja. Terdapat spot khusus yang bisa menjadi tempat swafoto di sini.

Baca: Pesona Keindahan CURUG LEUWI HEJO Sentul

Dengan latar perbukitan dan hamparan hutan hijau, pengunjung bisa memilih tempat untuk berfoto. Tempat yang bisa dipilih antara lain view deck dan anjungan berbentuk bunga yang unik. Tempat yang menarik untuk menjadi lokasi pengambilan foto, bukan?

Fasilitas Curug Hordeng

Fasilitas Curug Hordeng cukup lengkap. Selain lahan parkir, tersedia juga toilet dan musala. Pengunjung tidak perlu khawatir karena semuanya terawat dengan baik oleh warga setempat yang menjadi pengelola tempat wisata alam ini. Kios-kios makanan hanya ada di lokasi parkir, sehingga jangan lupa untuk membekali diri sebelum mulai berjalan kaki ke air terjun.

Akses Curug Hordeng

Jalan yang harus dilalui untuk menuju Curug Hordeng terbilang sempit dan kondisinya kurang baik. Konturnya berupa tanjakan dan turun yang cukup terjal dengan tikungan tajam. Kondisi ini berisiko tergelincir bagi kendaraan seperti motor. Jika membawa mobil, gunakan mobil berukuran kecil karena lebar jalan yang tidak mendukung untuk mobil besar.

Lokasi Curug Hordeng

Objek wisata air terjun ini berada di Kampung CIbeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Bagi wisatawan dari Jakarta bisa melalui Citeureup atau Sentul, namun lebih baik melalui Citeureup karena lebih dekat.

Berikan Rating

4.6 - 78 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

2 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Baru tahu saya, kalau cibadak sukamakmur masuk sentul😁😁