Curug Tilu Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu,Parompong,Bandung Barat,DKI Jakarta,Indonesia,40559.

Air terjun indah tidak harus selalu tinggi, yang rendah pun dapat terlihat indah. Seperti Curug Tilu yang ada di Kabupaten Bandung Barat ini. Tidak tinggi, namun pesona keindahannya begitu terpancar.

Menurut pengelola, air terjun sendiri tidak hanya ditujukan sebagai tempat wisata. Tapi juga untuk kegiatan lainnya, salah satunya edukasi. Kegiatan ini dapat membantu menjaga kelestarian alam, sambil dapat dinikmati keindahannya.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Bandung

Untuk masuk dan menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk yang terjangkau.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Bandung
Tiket masukRp10.000

Baca: Curug Cimahi Tiket & Pesona Keindahan Alam

Jam Buka

Bagi pengunjung yang hanya ingin berwisata, dikenakan jam operasional dari pagi hingga petang. Sementara bagi pengunjung yang ingin berkemah, dapat tinggal selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan alam merupakan sajian utama wisata ke air terjun ini. Namun beberapa aktivitas wisata lain bisa dilakukan. berikut beberapa diantaranya

Berkunjung ke Kampung Air Terjun Curug Tilu

sungai aliran curug tilu
Aliran sungan dari limpahan air terjun tilu. Foto: Gmap/Rizky Hairil

Kawasan wisata air terjun ini memiliki beberapa air terjun, biasa dikenal dengan Curug Tilu Leuwi Opat. Berbatasan langsung dengan kebun pinus. Selain itu, dilewati juga oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Situ Lembang.

Objek wisata ini menempati area seluas 5 hektar, dimana lingkungannya masih sangat asri. Hijau pepohonan menambah asri dan sejuk suasana. Air curug pun begitu jernih, segar rasanya ketika membasahi diri dengan airnya.

Baca: CURUG DAGO Bandung Tiket & Ragam Aktvitas

Selain objek wisata, di sini juga digunakan sebagai lokasi modeling desa wisata siaga bencana. Untuk sekretariat pusat Komunitas Relawan Mitigasi Bencana Indonesia, lokasi pelatihan pembentukan watak bangsa. Serta tempat pembelajaran alam, gunung api purba, dan apotek hidup.

Kegiatan di Curug Tilu

sungai ari terjun
Bersantai di tepi sungai sambil menikmati ari terjun. Foto: Gmap/Revan Abieputra

Awalnya, Curug Tilu muncul karena gagasan seorang putra daerah bernama Bapak Ayi. Begitu cintanya kepada kampung halaman, kemudian dikembangkanlah kampung tersebut menjadi objek wisata. Kampung yang terletak di kaki gunung Tangkuban Perahu dengan segudang potensi wisatanya.

Pada tahun 2006, berdirilah CV yang menaungi objek wisata dan bekerja sama dengan Perum Perhutani. Sehingga, objek wisata ini dikelola dengan sangat baik. Tak heran jika banyak wisatawan yang senang mengunjunginya, terlebih ketika hari libur.

Baca: Wisata Curug Maribaya Tiket & Aktivitas

Selain bermain di air terjun dan mengagumi keindahannya, banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan pengunjung. Kegiatan outdoor seperti outbound dan permainan tersedia di sini. Selain itu, pengunjung juga dapat menyatu dengan alam dengan berkemah di kawasan air terjun.

Berkemah di Curug Tilu

area berkemah di curug tilu
Wisatawan juga bisa berkemah di sekitar kawasan air terjun di area yang telah disediakan. Foto: Gmap/Terry Astradika

Pengunjung dapat mendirikan tenda kemah di Curug Tilu. Di sini tersedia camping ground yang terbagi dalam empat tempat, yaitu Camp Ground Block, A, B, C, dan E. Setiap camping ground memiliki karakteristik tempat tersendiri, dan dapat disesuaikan dengan keinginan pengunjung.

Camp Ground Block A memiliki lahan yang luas di samping aliran air yang tenang dan jernih. Pepohonan kebanyakan di bagian tebing, sehingga masih tersisa ruang terbuka luas. Camping Ground Block B memiliki area luas yang ditumbuhi dengan rumput halus, serta pohon cemara di tepian area.

Baca: Dago Dream Park Tiket & Beragam Wahana

Camp Ground Block C memiliki lahan yang luas, dengan kolam air di dekatnya. Sementara Camp Ground E, lokasinya lebih rindang dengan banyak pepohonan di area perkemahan. Ditambah lagi, aliran sungai deras yang diapit oleh dua bukit di dekatnya.

Permainan Memacu Adrenalin

Ada banyak kegiatan memacu adrenalin di Curug Tilu, seperti flying fox. Pengunjung akan dibawa meluncur di ketinggian puluhan meter melintasi pepohonan hijau. Permainan ketinggian lain ada High Rope, Elvis Bridge, V Bridge, dan Jembatan Dua Tali.

Jika ingin lebih menantang, ada Shaking Bridge, dimana terdapat jembatan tali dengan pijakan kayu. Jembatan akan bergoyang ketika kaki memijakkan kayu, membuat adrenalin semakin terpacu. Selain itu, ada juga Spider Web, dimana pengunjung dapat memanjat tali berbentuk sarang laba – laba.

Baca: Ciwangun Indah Camp Tiket & Aktivitas

Ada Body Rafting, dimana pengunjung akan menyusuri derasnya aliran air dengan ban karet. Permainan Gebuk Bantal, Nangkap Ikan, dan Perahu yang biasanya digunakan untuk berfoto. Serta permainan tradisional Rakit, menyusuri sungai dengan batang bambu dan menariknya dengan tali.

Bermain Paintball

Bagi pengunjung yang datang rombongan, terdapat arena Paintball untuk bermain bersama teman. Pengelola juga menyiapkan segala keperluan mulai dari baju hingga senapannya.

Baca: Dusun Bambu Lembang Tiket & Berbagai Aktivitas

Lokasi Curug Tilu

Objek wisata ini berada di Jalan Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu. Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here