Ciwangun Indah Camp Bandung
Ciwangun Indah Camp Bandung

Ciwangun Indah Camp atau CIC adalah sebuah tempat rekreasi berkonsep petualangan alam dan outbound. Tempat ini terletak di kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, bersebelahan dengan dusun bambu. Dengan latar alam hutan di bawah kaki gunung Burangrang, CIC layak dijadikan destinasi wisata.

Dengan tempat yang masih terjaga keindahan alamnya, beberapa aktivitas bisa dilakukan di CIC. Aktivitas yang cocok untuk dilakukan di CIC adalah kegiatan yang berbasis petualangan alam. Berikut beberapa kegiatan yang cocok untuk dilakukan di Ciwangun Indah Camp.

Harga Tiket Masuk Ciwangun Indah Camp

Pengunjung yang datang ke Kawasan Ciwangun Indah Camp akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk Ciwangun Indah Camp juga sangat terjangkau hanya Rp10.000/orang.

Harga Tiket Masuk Ciwangun Indah Camp
TiketRp10.000

Baca: Taman Hutan Raya Djuanda TAHURA Bandung Tiket & Aktivitas

Beragam aktivitas bisa dilakukan di Ciwangun Indah Camp. Berikut beberapa diantaranya.

Berkemah

Salah satu aktivitas yang sangat cocok untuk dilakukan di CIC adalah berkemah. Aktivitas berkemah ini didukung oleh area kemping yang sangat luas. Area kemping memiliki luas hampir ¾ dari luas keseluruhan CIC.

berkemah ciwangun indah camp
Berkemah menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Ciwangun Indah Camp.

Suasana pegunungan khas daerah Lembang menambah keseruan berkemah di CIC ini. Kontur tanah yang terdiri dari lembah dan bukit menjadi daya tarik lainnya untuk berkemah di CIC. Ketersediaan air serta ranting pinus yang banyak memudahkan petualang untuk mengolah makanan.

Hiking

Aktivitas yang lain yang sangat cocok untuk dilakukan di CIC adalah berjalan menyusuri alam atau hiking. Terdapat banyak rute dan tembusan yang bisa dipilih oleh pengunjung untuk berjalan kaki. Deretan pohon pinus dan kebun teh, bisa menjadi pemandangan menarik sepanjang jalan.

Baca: THE LODGE MARIBAYA Tiket, Aktivitas & Penginapan

Biasanya, pengunjung yang melakukan aktivitas hiking memilih rute menuju air terjun. Jalan setapak yang dilalui oleh para pengunjung juga masih alami dengan tanah dan rumput. Di ujung rute ini, pengunjung akan mendapati tiga air terjun dengan keunikannya masing-masing.

Hiking di area perbukitan kawasan ciwangun indah camp
Hiking di area perbukitan Ciwangun Indah Camp. foto:  Henri Permana 

Mengunjungi Air Terjun

Di CIC juga terdapat tiga air terjun yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. akses untuk menuju ke Ari terjun juga sudah tersedia walaupun masih alami. Namun, keseruan dan pemandangan di sekitar jadi teman yang bisa menhilangkan cape.

Baca: ORCHID FOREST Cikole Lembang Tiket, Aktivitas & Atraksi

Ketiga curug itu memiliki karakter, ketinggian dan ciri khas yang berbeda-beda. Ketiga curug itu juga terletak di area yang tidak terlalu berjauhan, sehingga mudah untuk ditemukan. Curug-curug itu adalah curug Layung, curug Putri dan curug Golosor.

Outbound

Lokasi yang berada di kaki gunung Burangrang menjadikan suasana sejuk dan udara berkualitas. Kontur tanah yang berbukit dan berlembah menjadikan tempat ini cocok untuk kegiatan outbound. Beberapa fasilitas outbound pun sudah disediakan dengan baik oleh pengelola.

kegiatan outbound
Kegiatan outbound bersama komunitas juga bisa diselenggarakan di kawasan wisata ini. foto: Rudi Nazar

Di CIC, pengunjung bisa mencoba jembatan kayu menggantung di atas ketinggian lembah. Flying fox di CIC menjadi buruang karena memiliki panjang 70 hingga 250 meter. Selain itu, beberapa permainan juga layak dicoba seperti paintball dan ATV.

Piknik Keluarga

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke CIC tidak beserta keluarga besar. suasana alam yang dimiliki oleh CIC sangat cocok untuk piknik keluarga. Membawa bekal makanan dari rumah untuk disantap bersama di sana adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

Baca: RABBIT TOWN BANDUNG Tiket & Wahana

Barisan hutan pinus dan semilir angina yang mengehembus menciptakan nada khas pegunungan. Hal ini, semakin menambah suasana akrab di antara anggota keluarga menjadi lebih erat. Tidak hanya berpiknik sekali datang, pengunjung juga bisa menyewa vila atau berkemah sekalian.

kebun teh CIC
Berkeliling kebun teh yang menyegarkan. foto qonita S.A.

Berfoto

CIC memiliki alam yang terdiri dari bukit dan lembah, hal ini cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Deretan hutan pinus bisa dijelajahi menjadi komoditas foto yang luar biasa. Selain itu, hamparan kebun teh sukawana juga bisa dijadikan tempat berfoto pengunjung.

CIC juga berupaya untuk terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan pariwisata sekarang. Salah satunya adalah dengan menyediakan beberapa spot untuk berfoto selfie. Yang pasti, keseruan berfoto di CIC akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Lokasi Ciwangun Indah Camp

Kawasan wisata Ciwangun Indah Camp berlokasi di Kp. Ciwangun, RT. 03 / 15, Desa Cihanjuang Rahayu, Jl. Kolonel Masturi, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,33/3 Pembaca
Loading...