Beranda Tiket Wisata

CURUG CIAMPEA Tiket & Ragam Aktivitas - Januari 2021

Curug Ciampea
Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Tapos I,Tenjolaya,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16370.

Curug Ciampea Bogor salah satu air terjun yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke kota hujan. Yang istimewa dari curug atau air terjun ini adalah kolamnya yang jernih. Bahkan, air terjun ini seringkali dijadikan sebagai tempat menyelam bagi wisatawan.

Tidak hanya berenang, namun juga menyelam. Inilah yang membuatnya unik, menyelam sambil merasakan serunya air terjun yang mengalir.

Harga Tiket Masuk Curug Ciampea Bogor

Objek wisata ini sangat terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Wisatawan dikenakan tiket masuk, yang mana sudah termasuk asuransi. Serta tarif parkir bagi kendaraan bermotor.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp20.000
Tarif Parkir
Kendaraan bermotorRp 5.000

Baca: 20+ Wisata Curug Terbaik di Bogor

Jam Buka Curug

Mengunjungi wisata alam sebaiknya dilakukan saat pagi hingga sore hari. Karena di waktu ini, pemandangan akan terlihat lebih indah. Apalagi, daya tarik yang ditawarkan air terjun ini berupa pemandangan air. Serta kolam yang jernih dan pasti menggoda siapapun untuk mencobanya.

Jam Operasional
Setiap hari07:00 – 17:00 WIB

Pesona Keindahan Curug Ciampea

Sejuk dan jernihnya kawasan wisata curug ciampea
Jernihnya Air langsung Turun ke Kolam yang Indah. Foto: Gmap/Adrian Hartanto Lokaria

Dibalik rimbunnya hutan di Gunung Salak, tersimpan keindahan pemandangan air terjun yang mempesona. Alirannya deras, namun tidak membahayakan. Airnya yang putih jernih, terjun langsung menuju kolam di bawahnya. Dimana, kolamnya begitu jernih, bahkan cenderung berwarna hijau kebiruan yang indah.

Di bawah air terjun sendiri, kolamnya tidak terlalu dalam. Bahkan, wisatawan dapat melihat batuan di dalamnya dengan jelas. Air di kolam dan air terjun terbilang sejuk dan cenderung dingin. Tak mengherankan, karena lokasinya berada di bawah kaki Gunung Salak, pada ketinggian 970 – 1.000 mdpl.

Baca: CURUG 7 CILEMBER Tiket & Ragam Wahana

Di sekitar air terjun berdiri tebing – tebing batu yang nampak mengkilap karena basah terkena air. Di sela – selanya ditumbuhi tanaman rambat khas hutan, serta rumput yang tak luput dari pandangan. Warnanya berpadu dengan indah, membentuk harmoni pemandangan alam yang memukau. Apalagi ditambah dengan gemercik air terjun yang turun tiada henti.

Menyelam di Kolam Air Terjun

kolam jernih di bawah air terjun curug ciampea
Keindahan Batuan yang Melingkupi Air Terjun. Foto: Gmap/Wawan Setiawan

Tidak seperti daya tarik wisata air terjun lainnya. Di sini, wisatawan bisa menikmati tidak hanya berenang, tapi juga menyelam. Tepatnya di Green Lagoon dan Leuwi Ngumpet, yang tak jauh dari air terjun. Kedalaman kolam – kolam ini tidak lebih dari 3 meter, namun tentu masih perlu kehati – hatian ketika menyelam.

Air kolam yang jernih membuat pandangan mudah melihat kehidupan bawah air. Ikan – ikan kecil khas sungai, serta batuan di bawah sungai. Dan tak lupa tanaman – tanaman dasar kolam yang turut hadir memeriahkan pemandangan. Namun perlu diperhatikan, bahwa kolam ini berarus karena arus dari air terjun, dan berbahaya saat musim hujan.

Baca: CURUG PANGERAN Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Air di Green Lagoon tampak hijau kebiru – biruan, dan dasar kolam hampir terlihat jelas. Membuatnya menggoda untuk diselami lebih dalam lagi, dan tentu akan membuat ketagihan para penyuka diving. Sementara Leuwi Ngumpet, berada sedikit tersembunyi, namun keindahannya tetap tidak boleh diragukan lagi. Padahal keduanya sebenarnya adalah bongkahan lava dari letusan Gunung Salah yang membeku membentuk ceruk.

Hammocking dan Berfoto Ria

Jalur Hutan Pinus untuk Trekking
Jalur Hutan Pinus untuk Trekking. Foto: Gmap/Rini Risnawati

Jika belum mahir atau masih takut menyelam, tentu ada alternatif lain supaya di sini tak membosankan. Wisatawan bisa hammocking, atau tidur di atas hammock. Hammock sengaja ditempatkan pada pohon – pohon yang dekat dengan air terjun. Supaya wisatawan dapat bersantai sambil menikmati derasnya air terjun.

Wisatawan pun dapat bermain air di sekitaran air terjun. Karena kolam di bagian tersebut tidak terlalu dalam, dan tentunya lebih aman. Wisatawan dapat bermain – main di sini, atau mencoba kesegaran airnya. Benar – benar berbeda dan tentu sangat menyegarkan.

Baca: CURUG CILEMBER Tiket & Aktivitas Top

Yang tak boleh dilewatkan adalah berfoto ria. Posisi di dekat air terjun adalah posisi yang pas untuk berfoto. Bergaya di atas hammock atau bergaya di kolam pun akan menghasilkan foto instagenik. Apalagi latar belakang foto adalah Curug Ciampea yang mempesona.

Trekking di Curug Ciampea

Area Persawahan yang menjadi Jalur Trekking
Area Persawahan yang menjadi Jalur Trekking. Foto: Gmap/Bela Aris

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan harus melakukan trekking terlebih dahulu. Jarak antara lokasi parkir dengan air terjun kurang lebih sejauh 1,5 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 – 45 menit perjalanan. Tentunya harus dipersiapkan fisik yang kuat dan alas kaki yang nyaman untuk trekking.

Ada dua rute trekking yang dapat dipilih wisatawan. Rute satunya adalah rute melewati sawah berundak yang indah. Areal persawahan ini tampak hijau, dan menguning apabila sudah dekat dengan masa panen. Mengingatkan pada daerah Ubud di Bali, yang begitu indah dengan persawahan berundaknya.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Jalur lain yaitu melewati hutan pinus yang begitu rindang. Tentu suasana akan berbeda dengan jalur sebelumnya. Di kawasan pinus ini, wisatawan akan menyaksikan tingginya hutan pinus yang tertata rapi. Dedaunannya mengumpul di bagian atas, seolah menghalau sinar matahari menembus area di bawahnya.

Lokasi Curug Ciampea Bogor

Objek wisata ini berlokasi di Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Titik keberangkatan dapat dimulai dari Ciapus atau lewat IPB Dramaga – Ciampea.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus (No Ratings Yet)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini